Monday, 17 Jun 2024

Cara Mengatasi Kulit Kepala Kering Berkerak dan Mengelupas Seperti Borok

6 minutes reading
Friday, 7 Jul 2023 19:49 0 67 Muti Karya

Nesiaverse.com – Infeksi melalui folikel rambut menyebabkan kulit kepala kering berkerak dan mengelupas seperti borok, simaklah cara mudah untuk mengatasi permasalahan tersebut berikut ini. Kesehatan kulit kepala seringkali terabaikan, padahal semua bagian kulit memerlukan perhatian dan perawatan yang sama bagusnya.

Ketika kulit bagian kepala kurang mendapatkan perhatian dan perawatan, maka akan timbul masalah. Seperti terdapatnya kulit kepala kering seperti berkerak dan mengelupas. Tentunya hal tersebut akan memicu rasa tidak nyaman pada area kulit, maka untuk bisa mengatasi permasalah berikut kamu harus melakukan beberapa rangkaian perawatan kulit kepala

Cara Mengatasi Kulit Kepala Kering Berkerak dan Mengelupas Seperti Borok

Cara Mengatasi Kulit Kepala Kering Berkerak dan Mengelupas Seperti Borok

Salah satu permasalahan borok di kulit kepala memiliki berbagai banyak faktor penyebab, mulai dari ketombe, infeksi hingga gangguan sistem imun seperti dermatitis. Semua orang pastinya menginginkan kulit kepala yang sehat bukan? yang bebas dari bakteri, parasit dan jamur. Maka penting untuk memberikan perhatian dan perawatan khusus. 

Jika kondisi kulit kepala kamu kering berkerak dan mengelupas hingga seperti borok, maka keadaan kulit kepala kamu dalam kondisi yang tidak sehat bahkan termasuk buruk. Sebelum kondisinya semakin parah, alangkah baiknya untuk segera mengatasinya sedari dini. Berikut kami sudah merangkum beberapa cara yang bisa mengatasi masalah kulit kepala kering berkerak dan mengelupas seperti borok. 

Menggunakan Gel Lidah Buaya

Gel Lidah Buaya merupakan salah satu bahan alami yang ampuh mengatasi permasalah kulit kepala yang kering berkerak dan mengelupas seperti borok. Lidah buaya sendiri kaya akan saponin dan antrakuinon, yang memiliki sifat antifungi. Sehingga dengan kandungan tersebut akan memberantas penyebab kulit terasa gatal hingga kering seperti borok. 

Gatal sendiri bisa disebabkan oleh infeksi atau pertumbuhan jamur pada kulit. Dengan memanfaatkan kandungan Gel lidah buaya yang antifungi, kamu bisa meredakan rasa gatal di kepala, bahkan borok di kepala kamu akan berangsur hilang dengan sendirinya. Gunakanlah secara rutin untuk hasil yang sempurna. 

Menggunakan Minyak Tea Tree

Minyak tea tree umumnya sering dijumpai pada komponen hair care maupun skincare. Dalam penggunaan minyak tea tree kamu harus berhati-hati pasalnya bagi beberapa orang yang memiliki riwayat alergi harus menyesuaikannya terlebih dahulu. 

Minyak Tea tree memiliki kandungan terpinen-4-oL, eucalyptol, sineol, nerolidol dan viridiflorol yang mana terbukti ampuh membunuh bakteri, jamur dan beragam jenis virus. Dengan kemampuannya, minyak Tea Tree mamaou mengatasi penyebab gatal pada kulit kering berkerak dan menyerupai borok. 

Keramas Menggunakan Sampo Khusus

Untuk mengatasi kulit kepala yang kering berkerak seperti borok adalah dengan menggunakan sampo khusus. Shampo khusus ini mampu menghilangkan kulit kepala yang mengelupas seperti borok. Karena didalamnya memiliki kandungan Seng Pyrithione, asam salisilat, selenium sulfida dan Tar. Setelah menggunakan shampo khusus kamu bisa melanjutkan menggunakan salep atau obat koreng untuk mengatasi kulit kepala yang mengelupas seperti borok. 

Menggunakan Krim Antijamur

Kamu juga bisa menggunakan krim anti jamur, dimana dengan menggunakan krim antijamur akan menghambat pertumbuhan jamur hingga memberantasnya. Karena salah satu penyebab terjadinya kulit kering dan borok adalah jamur atua fungsi. Kulit kepala yang mengelupas seperti borok juga bisa menular ke orang lain maka perhatikan dalam penggunaan produk pribadi dna produk bersama. Kamu juga tidak boleh sembarangan menggunakan krim anti jamur tanpa resep dokter. Umumnya dokter akan memberikan resep obat anti jamur seperti griseofulvin dan terbinafine. 

Jangan Membiarkan Rambut Dalam Kondisi Lembab

Kulit kepala yang mengelupas bisa disebabkan oleh jamur, hal inilah yang mengakibatkan tergangunya kseimbangan jamur di kulit dan akibat dari penggunaan produk perawatan yang tidak cocok, masalah kesehatan lain hingga diabetes. Kita harus menjaga keseimbangan dan kelembaban kondisi rambut dengan baik, jangan membuat rambut dalam keadaan lembab dan menggunakan penutup kepala dalam waktu yang lama. 

Hindari kebiasaan menggunakan penutup kepala dengan ketata, hal ini akan membiarkan kulit kepala berkeringat. Maka, kamu bisa melakukan perawatan kulit dengan produk yang tepat, dimana kamu harus menghindari produk yang menyebabkan kelembapan kondisi rambut dan kulit berlebihan. 

Mengompres Kulit Kepala

Kulit rambut dilengkapi dengan folikel tempat tumbuhnya rambut. Dilansir dari Healthline yang mana merupakan Gerhard Whitworth, RN, seorang perawat dan praktisi kesalah asal Amerika Serikat bahwa bakteri bisa dengan mudah masuk ke folikel yang menyebabkan kulit kepala terinfeksi dengan mudah. 

Hal tersebut merupakan kondisi yang membuat munculnya rasa gatal, ruam hingga perih, biasa disebut dengan folikulitis. Salah satu cara untuk meringankan rasa gatal tersebut kamu bisa mengatasinya dengan kompres hangat area atau bagian kulit yang terinfeksi. 

Menggunakan Produk Shampo Anti Ketombe

Ketombe merupakan salah satu penyebab terjadinya kulit kepala kering berkerak seperti borok. Maka, salahs atu cra untukmengtasinya dengan menggunakan produk shampo anti ketombe. Sehingga infeksi kulit kepala yang paling umumnya terjadi seperti dermatitis seboroik tidak akan muncul lagi.

Dikutip dari halaman Mayo Clinic, infeksi kulit kepala bisa menyebabkan ruam, kulit kering bersisik, kulit kepala yang mengelupas hingga adanya borok. Maka, kamu harus ragi menggunakan produk shampo anti ketombe untuk mengusir an kembali melembabkan kulit dengan baik. 

Menggunakan Obat Antibiotik

 Luka di kepala bisa terjadi karena berbagai macam infeksi seperti bakteri impetigo, folikulitis. Hal inilah yang menyebabkan jerawat dan luka. Meskipun bisa sembuh dengan sendirinya, kita tetap membutuhkan antibiotik untuk menjaga tubuh dan sistem imut lebih baik lagi. 

Untuk mendapatkan antibiotik sendiri, kamu bisa mendatangi dokter terdekat nantinya kamu akan mendapatkan respon obat antibiotik. Gunakan sesuai dengan keterangan pada kemasan, pastikan mengkonsumsinya secara teratur untuk hasil yang sempurna. 

Obat Antivirus

Obat antivirus bisa kamu gunakan untuk mengatasi kulit kepala yang kering berkerak dan mengelupas seperti borok. Obat anti virus ini bisa kamu dapatkan bersamaan dengan obat pereda nyeri, salep yang perlu kamu gunakan agar virus tersebut hilang. Dan untuk kondisi borok di kepala, kamu bisa menggunakan perawatan efektif dengan menghindari batang atau pemicu kondisi tersebut kambuh. Misalnya dengan mengganti produk sampo yang kamu gunakan sebelumnya.

Minyak Kelapa

Minyak kelapa tidak hanya bisa digunakan sebagai bahan untuk memasakan saja, namun minyak kelapa sendiri memiliki manfaat dimana bekerja secara efektif untuk menyembuhkan borok di kulit kelapa. Memiliki kandungan antibakteri dan anti-inflamasi sehingga mampu menumpas bakteri dan jamur yang terdapat di kulit kepala pengidapnya. Kamu bisa mengoleskan minyak kelapa pada area borok yang ada di kulit kepala amu dengan secara maksimal 2 hingga 3 kali saja. 

Itulah beberapa cara untuk mengatasi kulit kepala kering berkerak dan mengelupas seperti borok. Kamu bisa mengatasi permasalahan kulit kepala dengan baik selain itu kamu bisa menggunakan manfaat dari penggunaan stereo hingga menghindari pemicu bork. Untuk hasil yang sempurna kamu bisa melakukan konsultasi kepada ahlinya.