Cara Mengatasi Lovebird Macet Bunyi

6 minutes reading
Tuesday, 26 Sep 2023 01:20 0 35 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Pada dasarnya memang tidak semua jenis burung yang dipelihara bisa sesuai yang diinginkan, karena memang biasanya banyak sekali masalah yang terjadi pada saat memelihara burung lovebird seperti macet bunyi, lalu bagaimana cara mengatasi lovebird macet bunyi? Untuk mengetahui caranya bisa dengan simak ulasannya disini.

Dalam memelihara burung lovebird yang tentu saja kamu harus memperhatikan perkembangbiakan burung lovebird tersebut hingga kesehatannya, jangan sampai ada keadaan yang tidak normal pada burung lovebird tersebut sehingga harus benar-benar merawatnya.

Dimana keadaan yang tidak normal sering dialami oleh burung paruh bangkok yaitu burung lovebird yaitu suara yang dimilikinya, dimana terkadang burung lovebird yang macet bunyi atau macet ngekek ini yang diakibatkan oleh beberapa hal atau faktor penyebabnya.

Kondisi seperti ini yang dapat menjadikan kamu sebagai pemain merasa tidak nyaman dan tentu saja ini harus segera ditangani, dimana para pemeliharaan burung lovebird banyak yang resah karena burungnya menjadi macet bunyi atau tidak terdengar suaranya.

Burung lovebird ini yang hanya terlihat melakukan aktivitas makan, minum dan juga diam atau bengong saja pada atas tangkringan tidak mengeluarkan suara kicaunya, jika burung lovebird peliharaan kamu sedang mengalami hal tersebut maka segera untuk diatasi.

Untuk kamu yang belum tahu dengan cara mengatasi lovebird macet bunyi, maka jangan khawatir karena untuk cara mengatasinya yang cukup mudah untuk itu bisa dengan simak penjelasannya disini.

Cara Mengatasi Lovebird Macet Bunyi

Cara Mengatasi Lovebird Macet Bunyi

Macet bunyi merupakan kondisi burung yang biasanya rajin berbunyi dan tiba-tiba berhenti atau tidak mau berbunyi, hal ini sering dialami oleh berbagai jenis burung termasuk juga burung lovebird, jika burung lovebird mengalami macet bunyi tentu saja kamu tidak akan menurunkan burung tersebut di arena lomba.

Untuk yang tidak suka main ke lapangan maka burung lovebird yang macet bunyi tetap saja akan membuat pemiliknya yang membuatnya menjadi galau apalagi jika burung lovebird tersebut burung masteran, tidak sedikit burung lovebird yang mengalami macet bunyi.

Burung lovebird yang macet bunyi biasanya disebabkan oleh beberapa faktor dimulai dari pola perawatan yang kurang tepat sehingga kondisi burung lovebird yang sedang menurun, terdapat berbagai cara mengatasi lovebird macet bunyi bisa kamu coba lakukan agar burung lovebird kembali ngekek.

Adapun untuk cara mengatasi lovebird macet bunyi bisa kamu lakukan yaitu sebagai berikut:

Dengan Mengurangi Kegemukan Burung Lovebird

Burung lovebird mengalami kegemukan yang dapat menjadikan burung lovebird tersebut menjadikan macet bunyi atau malas berkicau dan bergerak, kegemukan ini yang disebabkan karena kurangnya berolahraga dan burung lovebird yang kegemukan dianjurkan untuk diberi minuman bervitamin dapat menghancurkan lemak berlebih.

Untuk minumannya sendiri kamu bisa meracik sendiri minumannya dengan menggunakan bahan-bahan alami seperti serai, untuk cara membuatnya dengan merebus air sampai mendidih, kemudian taruh pada gelas dan masukkan batang serai dan biarkan selama beberapa menit hingga tercium aroma batang serai terakhir masukkan air pada cepuk minuman burung jika sudah dingin.

Melakukan Pengembunan Secara Rutin

Burung lovebird yang dilombakan secara rutin biasanya mempunyai stamina dan daya tahan tubuh lebih baik, selain itu juga pengembunan yang dilakukan sebagai terapi untuk membantu mengatasi dan mempercepat pemulihan burung lovebird macet bunyi.

Kamu bisa mengeluarkan burung lovebird setiap pagi dan gantang sangkarnya di halaman rumah atau teras rumah dengan kondisi sangkar yang masih dikerodong, setelah burung lovebird beradaptasi dengan suhu dan suasana pagi kemudian kain kerodong dapat dibuka.

Dengan Memahami Karakter Burung Lovebird

Salah satu cara mengatasi burung lovebird macet bunyi yaitu dengan mencoba memahami karakter burung lovebird tersebut, dengan cara mengamati perlakuan yang bisa menjadikan burung lovebird menjadi nyaman atau gemar berkicau.

Biasanya burung lovebird yang tidak mau bunyi pada saat di perlombaan karena burung tersebut mengalami over birahi, penyebab dari burung lovebird over birahi yang beragam seperti mendengar suara burung lovebird lainnya menjadikannya terangsang.

Tidak hanya itu saja akibat pemberian pakan dengan kandungan protein yang terlalu tinggi dan lainnya, untuk mengatasinya kamu bisa dengan mengawinkan burung lovebird dan juga memandikannya secara rutin sampai basah kuyup, setelah itu amati apakah burung lovebird sudah siap lomba atau belum.

Dengan Memberikan Pasangan atau Untulan

Selain itu juga kamu bisa dengan mencoba melakukan cara mengatasi lovebird macet bunyi yang satu ini dengan memberikan pasangan atau untulan, karena ada kalanya macet berbunyi karena hidup sendirian tanpa pasangan sehingga dengan memberikan pasangan akan membantu memulihkan kondisi stres dan macet bunyi.

Dengan Mandi Air Dingin

Jika matahari sudah terbit kamu bisa dengan memandikan burung lovebird di semprot menggunakan air dingin dan cara yang satu ini bisa menjadikan salah satu cara mengatasi lovebird macet bunyi, air dingin ini berasal dari air yang sudah disimpan dalam kulkas atau air dalam tabung sprayer yang sebelumnya disimpan di luar ruangan semalaman.

Membuat Burung Lovebird Merasa Nyaman Agar Tidak Stress

Burung lovebird yang bisa mengalami stress dan juga menjadikan burung ini malas atau macet bunyi dan untuk mengatasinya bisa dengan memandikan burung lovebird dengan rutin dan burung tersebut jangan dikerodong pada saat siang hari dan berikan makanan tambahan 2 kali seminggu dan terakhir pakai terapi suara gemericik air.

Biarkan burung lovebird tetap dalam sangkar kesukaannya dan tempatkan pada lokasinya yang nyaman dengan meletakkannya di tempat yang sejuk, burung lovebird jangan ditempatkan di tempat yang terlalu dingin atau terlalu panas dan hindari dari predator berbahaya.

Biarkan burung lovebird sendiri tanpa suara kicauan burung lovebird yang lainnya karena jika burung lovebird ini yang didekatkan dengan suara kicau dan burung lovebird dengan level yang sama tidak masalah, jika burung lovebird sakit segera cari penyebab dan obati serta memberikan nutrisi atau vitamin membantu kondisinya cepat pulih.

Dengan Memberikan Pakan Secara Tepat

Cara mengatasi lovebird macet bunyi lainnya dengan memberikan pakan secara tepat selama dalam proses pemulihan kamu bisa memberikan jagung muda dan juga millet putih, kedua jenis pakan ini yang harus selalu tersedia pada setiap harinya.

Selain itu kamu bisa menyiapkan pakan tambahan lainnya seperti pucuk daun mengkudu muda diberikan dalam beberapa hari sekali, memberikan air rebusan daun sereh, dengan memberikan air rebusan daun serai yang bisa membantu burung lovebird terpancing untuk kembali ngekek.

Dengan Memberikan Testo Bird Booster (TBB)

Untuk cara mengatasi lovebird macet bunyi yang terakhir bisa kamu lakukan yaitu dengan memberikan testo bird booster (TBB), untuk cara terakhir ini dapat dilakukan bersamaan dengan cara diatas atau bisa dijadikan senjata pamungkas.

Jika  semua cara pertama diatas yang belum membuahkan hasil maka kamu bisa dengan mencoba menggunakan cara ini, dimana Testo Bird Booster yang sudah terbukti ribuan kicau mania di Indonesia terutama para pemain lomba sebagai salah satu solusi paling jitu untuk cara mengatasi lovebird macet bunyi.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai dengan beberapa cara mengatasi lovebird macet bunyi yang bisa kamu ketahui dan coba terapkan dengan mudah, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat selamat mencoba.