Monday, 15 Apr 2024

Cara Mengatasi Mata Belekan Pada Bayi

6 minutes reading
Thursday, 1 Feb 2024 20:22 0 49 Muti Karya

Nesiaverse.com – Ada cara tepat untuk mengatasi permasalahan mata belekan pada bayi, sehingga ibu tidak perlu khawatir lagi. Belekan pada bayi sendiri merupakan suatu hal yang bisa terjadi, sehingga yang perlu dilakukan adalah cara mengatasi yang tepat. 

Belek merupakan kotoran mata yang bisanya akan muncul ketika bangun tidur, belek terbentuk dari kumpulan air mata, minyak, lendir dan debu di bagian sudut mata. Kondisi ini tidak hanya terjadi pada orang dewasa dan anak-anak saja, namun pada bayi juga. 

Umumnya, belek yang muncul pada bayi ini diakibatkan adanya keterlambatan perkembangan dan pembukaan saluran air mata pada bayi. Kondisi inilah yang membuat air mata harusnya mengalir ke permukaan mata malah tertahan di sudut mata, dan menjadi belek. 

Cara Mengatasi Mata Belekan Pada Bayi

Cara Mengatasi Mata Belekan Pada Bayi

Ketika air mata yang seharusnya mengalir keluar ke permukaan mata, malah tertahan di sudut mata makan menyebabkan terbentuknya kotoran mata pada bayi. Ibu tidak perlu khawatir, asalkan tahu cara mengatasi mata belekan pada bayi secara tepat. 

Namun, jika belekan ini terus-menerus muncul, maka tentunya hal ini bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari konjungtivitis dan gangguan mata lainnya seperti infeksi jalan lahir. Maka, untuk menghindarinya, kamu perlu mengetahui cara mengatasi belekan pada bayi yang tepat. 

Sebelum mengetahui cara mengatasi mata belekan pada bayi, kamu dianjurkan mengetahui faktor penyebabnya. Berikut beberapa faktor penyebab belekan pada mata bayi. 

Mata Bayi Kemasukan Debu dan Kotoran

Penyebab pertama ini sama seperti orang dewasa, dimana si kecil memiliki kemungkinan kemasukan debu dan kotoran. Saat masuk ke mata di kecil, disebabkan kotoran ini akan terakumulasi dan menjadi belek yang muncul di sudut mata bayi. 

Jika debu dan kotoran yang masuk ke mata cukup banyak, mata belek yang dihasilkan ini kemungkinan akan banyak juga. Sehingga kamu harus memperhatikan kondisi dan hal-hal yang terjadi pada mata bayi. 

Mata di Kecil Mengalami Iritasi Ringan

Penyebab berikutnya adalah mata si kecil mengalami iritasi ringan, dimana seperti yang kita ketahui bahwa mata bayi sangat sensitif. Sehingga iritasi ringan pada mata bayi bisa terjadi, bahkan ketika tidak sengaja menyentuh mata si kecil dengan tangan yang kotor. 

Hal kecil seperti itu dapat menyebabkan mata bayi mengalami iritasi, sehingga akan memicu dan membuat matanya mengeluarkan belekan. Maka, ibu harus berhati-hati ketika menyentuh si kecil, harus dalam kondisi bersih dan steril. 

Si Kecil Mengalami Alergi

Faktor penyebab berikutnya bisa karena si kecil mengalami alergi. Jika penyebabnya salah allegri, maka kotoran mata akan muncul dan disertai oleh gejala-gejala lain seperti bersin-bersin hingga keluar ingus dari hidung. 

Kondisi satu ini bisa mereda dalam waktu singkat, jika berlangsung dalam waktu lama, ibu dianjurkan untuk membawa si kecil ke dokter. Hal ini guan mendapatkan penanganan yang tepat dan khusus. 

Infeksi Virus dan Bakteri

Penyebab selanjutnya bayi mengalami belekan adalah infeksi virus dan bakteri. Infeksi virus dan bakteri ini bisa menjadi salah satu faktor penyebab yang harus diperhatikan. Karena resiko dari infeksi ini bisa semakin serius dan parah. 

Korean infeksi pada jalan lahir seperti gonore dan herpes dapat menyebabkan komplikasi juga. Sehingga ibu harus mewaspadai kondisi satu ini, jika belekan pada bayi tidak kunjung mereda segera bawa ke ahlinya. 

Meskipun hal tersebut merupakan suatu kondisi yang normal, namun belekan pada mati bayi harus segera diatasi. Hal tersebut dilakukan agar mata bayi menjadi bersih dan si kecil tidak terganggu lagi. Nah, berikut cara mengatasi mata belekan pada bayi yang bisa kamu lakukan. 

Kompres Menggunakan Kain Hangat

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk mengatasi mata belekan pada bayi adalah dengan kompres menggunakan kain hangat. Supaya belekan ini tidak semakin menumpuk dan menutupi penglihatan bayi, maka ibu harus menjaga kebersihan mata bayi. 

Kamu dapat mengompres mata bayi dengan menggunakan kain hangat yang sebelumnya dicelupkan ke air hangat. Gunakan kain bersih yang lembut, dimana dapat digunakan untuk mengatasi belekan karena bakteri atau virus. 

Sementara kompre menggunakan air dingin dapat digunakan untuk mengatasi belekan karena alergi atau iritasi. Cara ini dapat disesuaikan dengan kondisi belekan yang dialami oleh bayi. 

Bersihkan Menggunakan Cotton Bud dan Kapas

Selanjutnya, untuk mengatasi permasalahan belek pada mata bayi, kamu dapat membersihkan belekan dengan membersihkan sudut-sudut mata si kecil. Bersihkanlah belek dari bagian dalam kelopak mata yang mengarah ke ujung luar menggunakan cotton bud. 

Gunakanlah satu sisi dari cotton bud ini hanya untuk satu sudut mata, jangan gunakan satu sisi untuk kedua mata sekaligus, hal ini justru dapat menumpukan kotoran. Keringkanlah mata bayi menggunakan kapas yang berbeda.

Kemudian kamu dapat mengusapkan kapas seperti penggunaan cotton bud, yaitu dari sudut dalam ke luar juga. Cara ini harus dilakukan dengan berhati-hati dan dalam kondisi semua perlengkapan bersih dan steril, pun kedua tangan ibu. 

Oleskan Salep Mata

Jika kondisi belekan yang terjadi pada si kecil sudah berlangsung lama dan tidak kunjung menghilang disertai gejala lainnya. Maka, kamu dianjurkan untuk segera menghubungi dokter, mungkin dokter akan memberikan resep salep mata antibiotik yang sesuai dengan kondisi bayi. 

Obat salep mata juga dapat dioleskan dengan cara menarik kelopak bawah mata, kemudian dimasukan salep dari sisi salam ke sisi luar sebanyak 4 kali dalam sehari. Namun, kamu juga dapat mengoleskannya pada bagian pinggir kelopak mata bayi. 

Penggunaan obat oles atau salep mata ini hanya dapat dilakukan dengan resep dokter, kamu tidak boleh membeli selai secara sembarangan. Karena kondisi bayi harus mendapatkan perawatan yang tepat, jika salah mata si kecil akan terancam kesehatannya. 

Menggunakan Obat Oral

Mata si kecil yang belekan juga dapat diatasi dengan cara memberikan obat oral, hal ini guna membantu untuk meredakan rasa sakit yang dialami si kecil. Obat oral ini meliputi ibuprofen atau acetaminophen yang memiliki dosis sesuai usia si kecil. 

Namun, sama seperti obat salep mata, dimana kamu hanya bisa mendapatkannya dengan berobat dan sesuai dengan resep dari dokter. Kamu tidak boleh memberikan sembarangan tanpa melakukan konsultasi mengenai kondisi si kecil pada ahlinya. 

Memberikan Obat Tetes Mata

Dokter kemungkinan akan memberikan obat mata dengan jenis tetes mata antibiotik. Hal ini dapat dilakukan sesuai dengan dosis, cara pakai yang dianjurkan dokter. Sehingga akan mempercepat proses penyembuhannya. 

Kamu tidak boleh sembarangan menggunakan obat tetes mata tanpa mendapatkan resep dari dokter atau melakukan konsultasi sebelumnya. Berikanlah obat sehingga tidak ada lagi kotoran atau belekan di mata anak. 

Demikian cara untuk mengatasi mata belekan pada bayi, dengan begitu ibu tidak perlu khawatir. Setelah kamu mengetahui cara mengatasi belekan yang tepat, maka kamu bisa menghadapi kondisi jika si kecil belekan.