Monday, 15 Apr 2024

Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami dan Permanen

6 minutes reading
Tuesday, 13 Feb 2024 18:15 0 55 Muti Karya

Nesiaverse.com – Jika kamu memiliki permasalahan rambut rontok, maka penting mengetahui cara mengatasi secara alami dan permanen. Rambut yang rontok perlahan-lahan dapat menyebabkan penipisan terhadap rambut bahana kebotakan juga. 

Namun, kamu tidak perlu khawatir karena saat ini banyak sekali cara untuk mengatasi permasalahan rambut rontok. Dengan begitu kamu akan terhindar dan bisa mendapatkan rambut yang sehat, tebal dan bervolume. 

Rambut rontok atau alopecia sendiri dapat mempengaruhi kondisi kulit kepala hingga seluruh tubuh. Hal ini bersifat permanen maupun sementara dan umumnya memang dialami oleh rambut di area kepala. Rambut rontok adalah salah satu gangguan yang dipicu oleh berbagai jenis faktor penyebab, diantaranya karena genetik, hormon hingga penuaan. 

Nah, untuk mengetahui cara mengatasi rambut rontok secara alami dan permanen, kamu dapat mengikuti ulasan lengkapnya dalam artikel kami dibawah ini. 

Kerontokan pada rambut merupakan suatu masalah yang umumnya terjadi kepada banyak orang. Hal ini juga dapat memicu dan mengakibatkan kebotakan, kh susunya jika terjadi secara terus menerus dengan kerontokan lebih dari 100 helai per hatinya, dan membutuhkan tindakan serius. 

Sangat penting untuk mengetahui cara untuk mengatasi permasalahan rambut rontok secara alami, dimana kamu dianjurkan untuk memanfaatkan produk perawatan khusus untuk rambut rontok. Karena ada beberapa metode atau cara alami untuk mengatasi kerontokan tersebut. 

Hal ini memang bisa terjadi karena adanya kurang asupan nutrisi tubuh yang perlu dipenuhi sehingga dapat membantu untuk menguatkan akar rambut dan merangsang proses pertumbuhan rambut. Sehingga rambut rontok juga akan berkurang. 

Penyebab Rambut Rontok

Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami dan Permanen

Sebelum mengetahui cara untuk mengatasi permasalahan rambut rontok secara alami dan permanen kamu harus mengetahui penyebab rambut rontok. 

Kurangnya Asupan Gizi

Penyebab kerontokan yang pertama adalah dimana kurangnya asupan gizi yang dapat menyebabkan kerontokan. Sehingga rambut cenderung tipis dan rapuh, hal inilah yang menyebabkan rontok mudah terjadi. 

Kondisi satu ini berisiko lebih tinggi pada deretan orang yang tengah menjalani diet ketat. Karena minimnya asupan makanan dan sumber gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Sehingga kamu dianjurkan berhati-hati dalam menjalani program diet. 

Perubahan Hormon

Penyebab ekor tokan selanjutnya adalah perubahan hormon, khususnya pada wanita yang tengah hamil, adanya gangguan tiroid dan menopause yang menjadi penyebab rambut rontok secara berlebihan. 

Efek Samping Konsumsi Obat-Obatan

Rambut rontok juga dapat dipicu karena efek samping dari jenis obat-obatan. Ada beberapa jenis obat yang dapat menyebabkan rambut rontok, misalnya obat hipertensi, obat-obatan kemoterapi, antidepresan hingga gangguan jantung. 

Sering Mengganti Produk Shampo

Kebiasaan sering gonta-ganti produk shampo dapat memicu kerontokan rambut dan membuatnya semakin menipis dan memicu kebotakan. Hal ini dikarenakan berbagai macam bahan kimia yang terkandung di dalam shampo, yang terserap langsung ke dalam rambut. 

Anemia

Terakhir, anemia adalah kondisi kekurangan zat besi, hal ini dapat menyebabkan terjadinya kerontokan secara berlebihan. Karena rendahnya kadar hemoglobin di dalam darah sehingga hantaran oksigen untuk merangsang pertumbuhan rambut terganggu atau terhambat. 

Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami dan Permanen

Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami dan Permanen

Setelah mengetahui faktor penyebabnya, berikut cara untuk mengatasi rambut rontok secara alami dan permanen. 

Menggunakan Lidah Buaya

Cara pertama yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi kerontokan adalah dengan menggunakan lidah buaya. Seperti yang kita ketahui bahwa lidah buaya terkenal karena khasiatnya untuk membantu menyuburkan dan meningkatkan proses pertumbuhan rambut. 

Nah, manfaat ini sendiri didukung karena adanya kandungan vitamin A, vitamin D dan zat besi, protein di dalamnya. Untuk menggunakannya kamu hanya perlu mengoleskan gel lidah buaya secara merata pada rambut dan kulit kepala. 

Kemudian kamu cukup mendiamkannya selama 15 menit lamanya, setelah itu cukup dibilang menggunakan air hangat hingga bersih. Lakukanlah cara satu ini setiap hari secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 

Minyak Zaitun

Minyak zaitun menjadi salah satu cara merawat rambut rontok yang tepat secara alami. Kamu dapat memanfaatkan minyak zaitun yang kaya akan kandungan vitamin A, C,D,E dan disertai zat besi dan kalsium di dalamnya. 

Semua kandungan di dalam minyak zaitun ini bermanfaat untuk mengurangi kerontokan rambut secara alami dan tepat. Cara mengaplikasinya hanya dengan mengoleskan minyak zaitun khususnya pada kulit kepala dengan disertai pijatan lembut. 

Setelah itu, kamu dapat mendiamkannya selama 30 menit lamanya, kemudian bilas dengan air bersih. Lakukanlah secara rutin untuk mendapatkan hasil yang optimal dari perawatan satu ini. 

 

Santan

Santan dapat kamu gunakan karena memiliki kandungan zinc, vitamin E, vitamin B6, kalium , fosfor yang mana dapat membantu memperbaiki kerontokan rambut yang kamu alami. 

Kandungan dari santan ini dapat kamu manfaatkan dengan pengaplikasiakn yang tepat, oleskan santan ke seluruh permukaan rambut hingga bagian kulit kepala. Kemudian diamkan selama 30 menit lamanya dan bilaslah menggunakan shampo dan air. 

Jika cara satu ini kamu lakukan secara rutin dan tepat, tentunya akan memberikan hasil yang sempurna dimana rambut kamu terhindar dari kerontokan yang menyebabkan kebotakan. 

Yoghurt

Yoghurt memiliki kandungan kalsium, vitamin D, kalium dan protein di dalamnya. Kandungan inilah yang dapat memberikan nutrisi dan membatu untuk menguatkan akar rambut secara maksimal. Cara untuk mengaplikasikannya juga sangatlah mudah. 

Penggunaan yoghurt ini sama dengan cara-cara sebelumnya, dimana kamu cukup mengoleskan yoghurt tawar atau palin ke seluruh permukaan rambut dan melakukan pijatan lembut. Kemudian dinamakan selama 5 menit dan lanjutkan dengan membilasnya hingga bersih, boleh menggunakan shampo. 

Bawang dan Madu

Cara untuk merawat rambut rontok selanjutnya adalah menggunakan kombinasi bawang dan madu yang alami. Bawang memiliki kandungan sulfur yang tinggi dan efektif mengatasi kerontokan rambut. Cara satu ini adalah dengan mencampurkan air perasan bawang dan satu sendok madu. 

Cara mengaplikasikannya juga sangatlah mudah, kamu hanya perlu mengoleskannya ke kulit kepala dan mendiamkannya selama 2 jam. Setelah itu bilaskan mengguankan air bersih. Penggunaan bawang dan madu ini bisa dilakukan setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 

Alpukat

Buah alpukat memiliki manfaat yang alami berupa protein yang cukup tinggi di dalamnya. Nutrisi satu ini dapat membantu untuk meningkatkan sekaligus menjaga kesehatan kulit kepala dan membuatnya terhindar dari kerontokan. 

Dalam menggunakan alpukat sebagai masker alami ini hanya perlu mengoleskannya secara perlahan di rambut dan kulit kepala. Setelah itu pijatlah secara perlahan dan diamkan selama 15 hingga 20 menit lamanya, kemudian cuci bersih menggunakan air dan shampo. 

Putih Telur

Terakhir, putih telur merupakan salah satu bahan yang memiliki kandungan protein, kalsium dan magnesium yang cukup tinggi. Sehingga kandungan dari putih telur ini bermanfaat untuk meningkatkan pertumbuhan rambut, maka kamu bisa menggunakannya. 

Caranya, cukup aplikasikan putih telur ke seluruh kulit kepala serta rambut. Kemudian diamkan 10 hingga 15 menit lamanya, kemudian bilaslah menggunakan air bersih dan sampo. Lakukanlah secara rutin untuk hasil yang optimal. 

Masih banyak lagi cara untuk mengatasi rambut rontok secara alami dan bersifat permanen. Tentunya untuk mendapatkan hasil yang optimal dan permanen ini kamu haruslah melakukan perawatan yang tepat secara rutin. 

Bagi kamu yang memiliki kondisi kesehatan tertentu atau memiliki alergi, alangkah baiknya melakukan konsultasi terhadap ahlinya sebelum menggunakan bahan-bahan alami di atas untuk mengatasi kerontokan. Hal ini dilakukan untuk menghindari alergi atau iritasi yang mungkin terjadi.