Thursday, 18 Jul 2024

Cara Mengatasi Sakit Perut Bagian Tengah

4 minutes reading
Thursday, 26 Jan 2023 02:14 0 360 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Apakah kamu pernah mengalami sakit perut pada bagian tengah? Jika kamu pernah mengalami masalah tersebut maka tidak ada salahnya untuk mengetahui dengan beberapa cara mengatasi sakit perut bagian tengah dan ini bisa kamu terapkan jika mengalaminya.

Sakit perut yang menjadi salah satu masalah pada sistem pencernaan dan untuk masalah ini yang cukup bervariasi bisa dimulai dari bagian atas, bawah hingga bagian tengah perut, hal ini bisa terjadi karena beberapa faktor penyebabnya dan salah satunya paling umum yaitu gangguan pada sistem pencernaan.

Kondisi sakit perut ini yang tentu saja akan mengganggu aktivitas karena ketidaknyamanan dan hal ini yang mengharuskan kamu untuk beristirahat selama seharian, namun jangan khawatir terdapat beberapa cara mengatasi sakit perut bagian tengah yang bisa kamu terapkan dengan mudah di rumah.

Cara Mengatasi Sakit Perut Bagian Tengah

Cara Mengatasi Sakit Perut Bagian Tengah

Kondisi sakit perut pada bagian tengah atas yang kerap dikaitkan dengan adanya masalah sementara yaitu seperti adanya gangguan pencernaan atau gas, untuk sakit perut bagian tengah ini yang bisa ringan atau parah tergantung dengan kondisi pada dinding tubuh atau saluran pencernaan lainnya, jantung, pembuluh darah, paru-paru dan ginjal.

Terdapat beberapa penyebab yang membuat sakit perut bagian tengah yaitu diantaranya karena gangguan pencernaan atau sindrom iritasi usus besar, divertikulitis, pankreatitis atau peradangan pankreas, terdapat gas yang bergerak menuju ke bagian atas lambung, tumor di usus besar, penyakit crohn, sembelit, hernia ventral, terjadinya infeksi pada saluran kemih dan juga hernia inguinalis.

Sakit perut pada bagian tengah ini  yang bisa diatasi dengan cara mengetahui faktor penyebabnya, tetapi ada beberapa cara mengatasi sakit perut bagian tengah secara alami rumahan diantaranya yaitu sebagai berikut:

Minum Air Putih

Untuk cara mengatasi sakit perut bagian tengah yaitu dengan memperbanyak minum air putih pada dasarnya tubuh yang membutuhkan air untuk bisa mencerna dan menyerap nutrisi dari makanan atau minuman yang dimakan secara efisien, tubuh yang dehidrasi yang akan membuat pencernaan menjadi lebih sulit dan juga kurang efektif sehingga hal ini yang bisa menimbulkan sembelit dan juga sakit perut pada bagian tengah.

Dimana dalam sehari dianjurkan untuk minum air sekitar 2,7 liter untuk wanita dan 3,7 liter untuk pria untuk kebanyakan orang dalam minum air yang paling ideal yaitu sekitar 8 gelas per harinya, untuk kamu  yang memiliki masalah pencernaan perlu untuk selalu terhidrasi.

Diet BRAT

Untuk penderita diare atau sakit perut pada bagian tengah yang merekomendasikan untuk diet BRAT atau singkatan dari Banana, Rice, Applesauce and Toast, untuk jenis makanan ini yang bermanfaat untuk membantu melancarkan pencernaan dan juga membuat tekstur feses menjadi lebih padat.

Untuk makanan jenis ini juga yang tinggi akan nutrisi seperti magnesium dan kalium yang berperan untuk menggantikan makanan yang telah hilang karena muntah atau diare, makanan ini juga yang terbilang hambar sehingga tidak mengandung zat yang bisa mengiritasi lambung, usus, atau  tenggorokan karena memang diet BRAT ini yang bisa membantu untuk meredakan iritasi pada dinding usus.

Mengkonsumsi Jahe

Jahe menjadi salah satu obat herbal untuk membantu mengatasi sakit perut pada bagian atas dan juga adanya masalah pada pencernaan, dimana jahe yang mengandung bahan kimia yaitu shogaol dan gingerol yang berfungsi untuk mempercepat kontraksi pada perut.

Senyawa ini yang bisa mencerna makanan yang bisa menyebabkan adanya gangguan pencernaan dengan melalui perut dengan cepat, selain itu juga dengan mengkonsumsi jahe yang bisa membantu untuk meredakan gejala muntah, mual dan diare dan kamu bisa dengan membuat ramuan teh jahe untuk mengatasi sakit perut.

Melakukan Olahraga

Untuk cara mengatasi sakit perut bagian tengah lainnya yaitu dengan melakukan olahraga yang ringan yaitu seperti peregangan tubuh, yoga hingga dengan tai chi yang akan membantu untuk meredakan stres dan juga relaksasi otot perut, dimana untuk berbagai aktivitas fisik seperti ini yang diyakini bisa membantu meredakan perut kembung, sembelit dan gas yang berlebih.

Mungkin hanya itu saja beberapa cara mengatasi sakit perut bagian tengah yang perlu kamu ketahui dan bisa kamu mencobanya dengan mudah dirumah, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat selamat untuk mencoba.