Saturday, 22 Jun 2024

Cara Mengatasi Tidak Bisa Update Aplikasi di Play Store

7 minutes reading
Friday, 23 Jun 2023 14:17 0 215 Riswan Suandi

Nesiaverse.com – Untuk mengatasi kendala tidak bisa update aplikasi di Google Play Store sebenarnya tidak terlalu sulit, sehingga kamu tidak perlu khawatir apabila tiba-tiba tidak bisa update aplikasi di Play Store.

Sebagai pengguna smartphone Android tentunya harus sering harus melakukan pembaruan atau update melalui Google Play Store karena para pengembang berusaha memperbaiki kesalahan dan meningkatkan fitur pada aplikasi yang digunakan.

Akan tetapi seringkali terjadi masalah saat mengupdate aplikasi karena adanya kesalahan pada Google Play Store yang mengakibatkan pengguna tidak dapat mengunduh aplikasi atau memperbarui aplikasi yang sudah ada.

Kamu tidak perlu lagi khawatir karena cara cepat mengatasi tidak bisa update aplikasi di Playstore akan dijelaskan pada artikel ini.

Cara Mengatasi Tidak Bisa Update Aplikasi di Play Store

Cara Mengatasi Tidak Bisa Update Aplikasi di Play Store

Masalah tidak bisa update aplikasi di Play Store bisa terjadi karena berbagai alasan, seperti koneksi internet yang buruk atau tidak stabil, cache dan data Play Store yang terakumulasi, atau ruang penyimpanan yang tidak mencukupi.

Tentu saja masalah gagal atau tidak bisa update aplikasi di Play Store sangat membuat jengkel, terutama jika kamu ingin menggunakan aplikasi terbaru atau menyelesaikan masalah bugs.  Berikut ini adalah cara cepat untuk dapat mengatasi permasalahan aplikasi yang tidak bisa update melalui Play Store:

Periksa Koneksi Internet

Cara Mengatasi Tidak Bisa Update Aplikasi di Play Store

Salah satu faktor yang sering menyebabkan gagalnya pembaruan aplikasi di Play Store adalah masalah dengan koneksi internet. Untuk mengatasi masalah ini, maka langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah memeriksa koneksi internet yang digunakan.

Untuk mengetahui koneksi internet dapat dilakukan dengan cara yang mudah, yaitu dengan melihat ikon koneksi internet operator atau sinyal Wifi pada layar ponsel kamu. Jika ikon tersebut menunjukkan sinyal atau koneksi yang buruk atau bahkan tidak terhubung, maka mungkin masalahnya bukan pada Google Play Store, tetapi pada koneksi internet yang digunakan.

Kamu dapat mencoba mengatasi masalah dengan memeriksa jaringan Wi-Fi atau data seluler, memperbarui pengaturan jaringan, atau menghubungi penyedia layanan internet untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Selain dengan panduan ikon koneksi diatas, kamu juga bisa menguji koneksi internet dengan cara buka browser di ponsel dan coba lakukan pencarian dengan mengetikkan kata kunci apa saja. Jika pencarian tidak berhasil atau mengalami kegagalan, itu menunjukkan bahwa koneksi atau jaringan yang kamu gunakan sedang ada kendala.

Untuk memastikan pembaruan aplikasi dapat berjalan lancar, segera beralih ke koneksi Wifi yang stabil dan cepat. Wi-Fi umumnya memberikan kualitas koneksi yang lebih baik daripada menggunakan data seluler. Pastikan juga perangkat terhubung ke jaringan Wi-Fi yang dapat diandalkan dan memiliki sinyal yang kuat.

Selain itu, jika kamu menggunakan VPN (Virtual Private Network), segera nonaktifkan VPN tersebut. Kadang-kadang, penggunaan VPN dapat mempengaruhi koneksi internet dan menghambat pembaruan aplikasi. Dengan mematikan VPN, maka kecepatan dan stabilitas koneksi internet yang kamu gunakan akan menjadi lebih baik.

Dengan memeriksa koneksi internet dan memastikan sedang terhubung ke koneksi Wi-Fi yang baik, serta nonaktifkan VPN jika digunakan, kamu dapat meningkatkan peluang berhasil dalam memperbarui aplikasi di Play Store.

Perhatikan Tanggal dan Jam

Salah satu penyebab masalah pada pembaruan aplikasi di Play Store dapat terkait dengan pengaturan tanggal dan waktu yang tidak tepat. Untuk mengatasi masalah ini maka kamu cukup memperbarui pengaturan tanggal dan waktu pada perangkat. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk memperbaiki tanggal dan jam:

  1. Buka menu Pengaturan di perangkat.
  2. Cari opsi “Sistem” atau “Tanggal dan Waktu” dan ketuk untuk membukanya.
  3. Pastikan perangkat menggunakan waktu dan tanggal yang disediakan oleh jaringan. Biasanya, terdapat opsi “Gunakan waktu dan tanggal jaringan” yang dapat diaktifkan.
  4. Selain itu, pastikan juga opsi “Gunakan zona waktu jaringan” diaktifkan. Ini memastikan perangkat telah diatur untuk menggunakan zona waktu yang sesuai dengan lokasi.
  5. Jika telah selesai melakukan perubahan, restart perangkat agar perubahan pengaturan dapat diterapkan secara efektif.

Dengan memperbarui pengaturan tanggal dan waktu perangkat agar sesuai dengan waktu dan zona waktu yang disediakan oleh jaringan, kemungkinan permasalahan gagal update aplikasi di Play Store bisa terselesaikan.

Mematikan Akses Bluetooth

Metode yang mungkin terdengar tidak terkait, namun seringkali efektif, adalah dengan menonaktifkan fitur Bluetooth pada perangkat yang digunakan. Beberapa pengguna Android telah mencoba pendekatan ini untuk mengatasi masalah sulit memperbarui aplikasi.

Untuk mematikan akses Bluetooth dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Dari layar utama perangkat, tarik layar notifikasi ke bawah untuk membuka pusat notifikasi.
  • Cari ikon Bluetooth dan ketuk untuk membuka pengaturan Bluetooth.
  • Jika tidak ada ikon Bluetooth di pusat notifikasi, buka menu Pengaturan pada perangkat.
  • Cari opsi “Perangkat yang terhubung” atau “Koneksi” dan ketuk untuk membukanya.
  • Selanjutnya, cari opsi “Preferensi koneksi” atau “Bluetooth” dan masuk ke pengaturan Bluetooth.
  • Di dalam pengaturan Bluetooth, matikan fitur Bluetooth dengan menggeser tombol ke posisi nonaktif.

Dengan menonaktifkan Bluetooth, kemungkinan dapat mengatasi masalah yang menghambat pembaruan aplikasi di Play Store. Meskipun mungkin terdengar tidak terkait, terkadang adanya konflik atau masalah dengan koneksi Bluetooth dapat mempengaruhi proses pembaruan aplikasi. Setelah menonaktifkan Bluetooth, cobalah kembali memperbarui aplikasi di Play Store untuk melihat apakah masalahnya telah teratasi.

Kosongkan Ruang Penyimpanan

Salah satu alasan umum mengapa kamu mungkin tidak bisa memperbarui aplikasi di Play Store adalah karena ruang penyimpanan atau memori pada perangkat telah mencapai kapasitas maksimum.

Ketika ruang penyimpanan penuh akan dapat menghambat pembaruan aplikasi dan bahkan menghentikan pengunduhan aplikasi baru. Selain itu, kinerja perangkatmu juga dapat terpengaruh, dengan beberapa aplikasi berjalan lambat atau mengalami kesalahan. Untuk mengatasi permasalahan gagal update tersebut ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan:

  • Evaluasi ruang penyimpanan: Periksa penggunaan ruang penyimpanan pada perangkat dan hapus aplikasi yang tidak terpakai.
  • Pindahkan data: Pindahkan file yang memakan ruang penyimpanan ke perangkat lain atau layanan penyimpanan awan.
  • Hapus data duplikat: Cari dan hapus data duplikat untuk menghemat ruang penyimpanan.

Dengan mengosongkan ruang penyimpanan, kamu akan dapat memperbarui aplikasi dengan lancar di Play Store dan meningkatkan kinerja perangkatmu. Pastikan untuk secara teratur mengelola ruang penyimpanan perangkat agar tetap optimal.

Uninstall Pembaruan Play Store

Jika kamu mengalami masalah kinerja atau kesalahan setelah pembaruan Play Store, langkah yang dapat kamu lakukan adalah menguninstall pembaruan tersebut. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Buka Pengaturan pada perangkatmu dan cari daftar aplikasi yang terpasang.
  • Cari Play Store dalam daftar aplikasi dan ketuk untuk membukanya.
  • Di halaman Play Store, cari opsi “Uninstall pembaruan” dan ketuk untuk melanjutkan.
  • Setelah pembaruan Play Store di uninstall, restart smartphone lalu buka kembali Play Store dan pastikan untuk memperbarui ke versi terbaru yang tersedia.

Dengan melakukan uninstall pembaruan Play Store, kamu dapat mengembalikan setelan ke pengaturan awal dan memperbaiki masalah kinerja yang mungkin terjadi. Pastikan untuk selalu memperbarui Play Store ke versi terbaru agar dapat menikmati fitur dan perbaikan terbaru.

Cara Lainnya Untuk Atasi Gagal Update Aplikasi di Play Store

Jika langkah-langkah sebelumnya tidak berhasil, jangan khawatir. Masih ada beberapa cara lain yang dapat kamu coba untuk mengatasi masalah gagal update aplikasi di Play Store. Berikut ini adalah solusi tambahan yang dapat kamu terapkan:

  • Restart Perangkat: Lakukan restart atau muat ulang perangkatmu. Tekan dan tahan tombol daya perangkat selama beberapa detik, lalu pilih opsi Muat Ulang atau Restart. Setelah perangkat menyala kembali, coba perbarui aplikasi di Play Store.
  • Perbarui Sistem Perangkat: Pastikan perangkatmu menggunakan versi sistem operasi terbaru. Buka menu Pengaturan, cari opsi Sistem, lalu pilih Pembaruan Sistem. Jika ada pembaruan yang tersedia, lakukan instalasi untuk memperbaiki masalah di Play Store.
  • Akun Google: Cobalah untuk keluar dari akun Google di perangkatmu dan masuk kembali. Sebelum melakukannya, pastikan data penting seperti kontak dan pesan telah dicadangkan ke akun Google. Buka menu Pengaturan, pilih opsi Akun, lalu pilih akun Google yang terhubung ke Play Store. Kemudian, pilih opsi Keluar atau Hapus Akun. Setelah itu, masuk kembali dengan akun Google saat membuka Play Store.

Dengan mencoba langkah-langkah di atas, diharapkan kamu dapat mengatasi masalah gagal update aplikasi di Play Store. Jika masalah masih saja terjadi, kamu juga dapat mencari bantuan lebih lanjut dari layanan dukungan pelanggan atau forum pengguna Android.