Saturday, 22 Jun 2024

Cara Mengatur Keuangan Anak Kuliah

4 minutes reading
Sunday, 11 Sep 2022 11:44 0 337 Riswan Suandi

Dalam mengatur keuangan yang tidak hanya dilakukan oleh orang yang sudah mendapatkan atau memperoleh penghasilan sendiri, tetapi kamu juga sebagai anak kuliah atau mahasiswa perlu untuk mengetahui cara mengatur keuangan.

Dimana menjadi anak kuliah atau mahasiswa yang merupakan salah satu proses menuju pendewasaan, dimana pada saat kuliah kamu akan dituntut untuk bertanggung jawab atas diri sendiri yang dimulai dari mengatur waktu dan bahkan sampai dalam mengelola finansial.

Tentunya sudah banyak orang tahu bahwa dalam  mengatur keuangan yang memang sangat tidak mudah untuk dilakukan apalagi untuk anak kuliah, tetapi untuk orang yang sudah dewasa dan sudah memiliki penghasilan yang tetap maka cara itu bisa dilakukan.

Apalagi jika aku sudah terbiasa dalam mengatur keuangan pada saat sejak dini, sehingga kamu akan mendapatkan dasar pengelolaan finansial dengan baik dan tepat. Namun jika kamu belum tahu dengan cara mengatur keuangan anak kuliah maka bisa dengan menggunakan beberapa tips saja.

Mungkin kamu pernah mengalami atau membayangkan jika kedua orang tua kamu yang sedang mengalami kesulitan dalam membantu kamu dalam melunasi uang kuliah kamu, sehingga cara mengatur keuangan yang menjadi salah satu hal yang sangat penting karena kamu tidak tau kedepannya gimana.

Bagaimana cara mengatur keuangan serta kebutuhan anak kuliah pada setiap bulannya? Hal ini bisa dikatakan gampang gampang susah, sehingga untuk itu jika kamu sebagai anak kuliah dan ingin mengetahui cara mengatur keuangan anak kuliah maka bisa dengan menyimak ulasan di bawah ini.

Cara Mengatur Keuangan Anak Kuliah

Cara Mengatur Keuangan Anak Kuliah

Di bawah ini ada beberapa cara atau tips yang bisa kamu coba dan terapkan untuk bisa mengatur keuangan bagi anak kuliah, adapun untuk cara mengatur keuangan anak kuliah yaitu sebagai berikut:

Rajin Menabung

Cara mengatur keuangan anak kuliah yang bisa kamu lakukan yaitu dengan mencoba untuk bisa disiplin dalam menabung, mungkin kamu sudah diajarkan sejak kecil oleh orang tua untuk menabung sehingga kamu bisa selalu untuk memprioritaskan tabungan pada saat kamu mendapatkan uang.

Dimana kamu bisa untuk disiplin menabung yang dimulai dari yang kecil-kecil dulu namun rutin maka semakin lama uang tersebut akan semakin banyak dan kamu bisa tabungan tersebut untuk digunakan melakukan investasi kecil-kecilan.

Menentukan Pemasukan

Selanjutnya kamu bisa untuk menentukan berbagai sumber pemasukan mungkin untuk anak kuliah yang biasanya orang tua yang masih ada memberikan support untuk biaya kuliah dan juga jajan kamu, maka dari itu kamu bisa untuk memanfaatkan sumber pemasukan tersebut.

Selain itu kamu juga untuk memulai belajar untuk bekerja sampingan atau melakukan usaha dengan tujuan untuk membantu orang tua, dan kamu bisa untuk mencari pekerjaan sampingan yang tidak mengganggu waktu kuliah dan belajar kamu.

Menentukan Pengeluaran

Jika kamu sudah melakukan dalam menentukan pendapatan maka selanjutnya kamu harus menentukan pengeluaran dalam sebulannya, dan kamu bisa dengan mencatat hal-hal kebutuhan yang wajib dulu atau kebutuhan sehari-hari.

Dimana kebutuhan tersebut yang dimulai dari membayar kos, pulsa atau kuota internet, uang kuliah, transportasi, uang makan, uang pembelian buka dan yang lainnya menurut kamu penting, dan kamu bisa mencatatnya secara terperinci dan pastikan tidak ada yang terlewatkan.

Membuat Rencana Anggaran

Cara mengatur keuangan anak kuliah selanjutnya yang perlu kamu lakukan yaitu dengan membuat rencana anggaran dan kamu bisa untuk mengatur dengan baik dan tepat, pastikan juga kamu tidak terlalu besar dalam pengeluaran ya agar bisa mengatur keuangan dengan stabil.

Namun jika memang pengeluaran kamu yang lebih besar maka kamu bisa menghapus beberapa pengeluaran tersebut yang sebenarnya bukan termasuk kedalam kebutuhan primer namun hanya termasuk keinginan kamu saja, jika rencana anggaran sudah kamu buat maka kamu bisa mematuhi anggaran tersebut.

Membuat Dana Darurat

Mungkin masih banyak yang berpikir bahwa menabung dengan membuat dana darurat salah satu hal yang sama, namun terdapat perbedaan dari menabung dan juga dana darurat yaitu memiliki fungsi dan tujuan yang berbeda.

Dimana tabungan yang digunakan untuk keperluan yang telah ditetapkan sebelumnya sedangkan untuk dana darurat yang digunakan untuk memenuhi atau menutupi berbagai macam kebutuhan yang mendesak, dimakan itik daan darurat yang akan bertambah dengans eiringnya bertambah jumlah anggota keluarga.

Hidup Hemat

Hidup hemat memang untuk sebagian orang menjadi salah satu hal yang cukup sulit karena musuh terbesar yaitu diri sendiri, walaupun kamu sudah mencatat rencana anggaran dan sudah berkomitmen untuk selalu konsisten dengan anggaran tersebut.

Namun terkadang banyak sekali godaan yang menghampiri sehingga kamu tidak bisa mengendalikan diri, cobaan tersebut yang dimulai dari teman kamu yang mengajak untuk pergi ke cafe, atau jajan, jalan-jalan di mall dan masih banyak lagi yang lainnya.

Mencoba Untuk Belajar Investasi

Terakhir cara mengatur keuangan anak kuliah kamu bisa dengan mencoba untuk belajar melakukan investasi, dimana sekarang ini sudah banyak orang yang mencoba untuk  melakukan investasi dengan menggunakan tabungan kecil dan kamu juga bisa untuk mencoba memulainya dengan risiko yang kecil dulu.

Mungkin hanya itu saja beberapa cara mengatur keuangan anak kuliah yang bisa kamu coba dan terapkan dengan mudah dan praktis yang terpenting kamu harus konsisten dengan tujuan awal, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.