Monday, 17 Jun 2024

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Dengan Gaji 2 Juta

3 minutes reading
Wednesday, 31 Aug 2022 07:09 0 296 Riswan Suandi

Cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 2 juta mungkin akan sulit apalagi sekarang ini harga kebutuhan pokok yang semakin mahal sehingga untuk sebagian orang tidak dapat mengaturnya, maka dari itu jika kamu memiliki penghasilan Rp  2 juta sebulan tentu saja perlu mengetahui cara mengelola uang tersebut.

Dimana untuk mengatur uang gaji Rp 2 juta memang bisa dibilang susah susah gampang asalkan kamu memiliki niat untuk mengatur pendapatan sehingga uang Rp 2 juta digunakan untuk kebutuhan rumah tangga pun bukan hal yang mustahil.

Memang walaupun sekarang ini sudah banyak pekerjaan yang memiliki gaji UMR namun masih banyak pekerja yang memiliki penghasilan di bawah UMR yaitu Rp 2 juta ke bawah, untuk sebagian orang memiliki gaji Rp 2 juta bisa terbilang kecil tetapi jangan khawatir jika kamu memiliki niat maka uang Rp 2 juta pun cukup untuk kebutuhan sehari-hari.

Bahkan ada beberapa orang yang bisa menabung dengan menggunakan sisa uang tersebut, dimana hal ini selain untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari namun untuk mengatur keuangan juga berguna untuk mempersiapkan masa depan nantinya.

Maka dari itu kamu bisa menggunakan beberapa cara dan menerapkan cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 2 juta, hal tersebut sebenarnya bisa kamu lakukan dengan mudah jika memang kamu sudah terbiasa hemat dan kamu juga perlu untuk memiliki perencanaan mengenai keuangan yang tepat dalam membuayi kebutuhan.

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Dengan Gaji 2 Juta

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Dengan Gaji 2 Juta

Cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 2 juta tentu saja membutuhkan trik yang tersendiri, nah untuk itu di bawah ini ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan dan terapkan untuk bisa mengelola gaji yang minim Rp 2 juta per bulannya agar kebutuhan pokok tetap terpenuhi atau tercukupi.

Membuat Rencana Pendapatan dan Pengeluaran

Hal yang pertama yang perlu kamu lakukan yaitu membuat atau menyiapkan anggaran yang sesuai dengan pemasukan dna juga pengeluaran kebutuhan kamu, sehingga jika kamu memiliki rencana atau anggaran maka akan sangat mudah untuk hidup dengan memiliki pendapatan Rp 2 juta.

Hindari Pengeluaran yang Tidak Penting

Selanjutnya kamu bisa dengan menghindari berbagai pengeluaran  uang memang tidak perlu atau tidak penting, dimana yang biasanya kamu laundry atau internet bulanan atau mungkin sering makan diluar hal tersebut tentu saja memerlukan biaya yang cukup mahal maka dari itu kamu bisa mengkondisikan yaitu dengan mencuci sendiri atau memasak di rumah agar lebih hemat.

Membuat Skala Prioritas

Pada saat kamu memiliki skala prioritas dalam menggunakan uang maka tentu saja kamu mengetahui apa saja kebutuhan yang wajib dibeli atau dipenuhi , dimana kamu bisa dengan membagi uang gaji tersebut menjadi tiga bagian untuk kebutuhan pokok, kebutuhan sekunder dan juga untuk menabung seperti 50%, 30% dan juga 20% atau bisa kamu atur sesuai kebutuhan.

Gunakan Kupon Diskon

Pada saat kamu akan  berbelanja maka kamu perlu pintar dalam memilih waktu yang terbaik seperti berbelanja kebutuhan pokok pada saat terdapat banyak diskon yang bisa kamu manfaatkan, karena sekarang ini memang sudah banyak swalayan atau aplikasi belanja online yang menawarkan diskon dan kamu juga bisa memilih harga yang murah namun memiliki kualitas yang bagus .

Selalu Hidup Sehat

Selanjutnya cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 2 juta yaitu bisa dengan selalu hidup sehat, jika kamu tidak hidup sehat atau sembarang tentu saja cara tersebut tidak akan berhasil  karena jika kamu sakit tentu saja harus mengeluarkan uang yang tidak terduga maka dari itu jagalah kesehatan agar terhindar dari penyakit.

Mungkin hanya itu saja beberapa cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 2 juta yang bisa kamu coba dan terapkan yang palin intinya kau harus tetap konsisten dengan kebutuhan pokok yang diperlukan, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat selamat mencoba.