Thursday, 18 Jul 2024

Cara Mengawinkan Kucing Yang Baru Kenal

7 minutes reading
Friday, 8 Sep 2023 00:11 0 150 Sela Rahma

Nesiaverse.com – Bagaimana cara mengawinkan kucing yang baru kenal? Agar bisa mengawinkan keduanya dengan lancar. Kalau begitu langsung saja baca artikel ini sampai selesai, jika kamu ingin mengetahui terkait cara untuk mengawinkan kucing yang baru kenal.

Buat kamu yang punya satu kucing di rumah, pastinya akan sulit mencari pasangan ketika kamu ingin mengawinkan si kucing. Mau gak mau harus cari kucing lain yang bahkan si kucing sendiri tidak mengenalinya, merasa asing dengan keberadaan kucing tersebut dan tidak akrab.

Tapi, tidak perlu khawatir! Kucing yang belum saling mengenal, bisa kamu atasi dengan mudah kok. Walaupun memang kalo untuk mengawinkan mereka membutuhkan usaha yang lebih lagi, agar sampai pada akhirnya kedua kucing yang baru kenal tersebut mau kawin satu sama lain.

Lalu kalau begitu bagaimana cara mengawinkan kucing yang baru kenal? Nah, disini akan memberikan beberapa tips atau cara untuk mengawinkan kedua kucing yang baru kenal secara menyeluruh agar kamu pahami. Jadi simaklah penjelasannya di bawah ini dengan seksama!

Cara Mengawinkan Kucing Yang Baru Kenal

Cara Mengawinkan Kucing Yang Baru Kenal

Sebelum itu ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui terlebih dahulu mengenai tujuan untuk mengawinkan kucing dan siklus birahi kucing. Penting untuk kamu ketahui hal itu, agar kamu dapat mengetahui seputar perkawinan kucing dengan lebih jelas sebelum mengawinkannya.

Kucing merupakan hewan mamalia menyusui dan bereproduksi dengan cara melahirkan, tidak bertelur. Perkawinan antara kucing bertujuan untuk menghasilkan keturunan serta menjaga populasi mereka agar tidak punah dengan cara berkembang biak setiap bulan dan tahunnya.

Selain itu ras kucing atau spesies kucing di dunia ini cukup banyak macamnya, mulai dari ras kucing kecil hingga kucing besar. Disini juga ada yang namanya perkawinan silang antar ras kucing satu dengan ras kucing lainnya yang berbeda untuk menghasilkan ras kucing baru.

Kucing hasil perkawinan silang akan menghasilkan dua campuran antara kedua ras kucing yang berbeda. Sehingga kucing campuran ini terbilang akan sangat langka adanya dan bahkan di pasaran sendiri harganya cukup mahal untuk seukuran anak kucing campuran.

Walaupun begitu ada juga kucing domestik atau kucing kampung yang sering kamu temukan di jalanan, itu juga termasuk ras kucing campuran. Namun, memang keberadaan mereka cukup terbilang tidak begitu diperhatikan seperti kucing liar jalanan biasa yang hidup di lingkungan.

Nah, buat kamu yang ingin mengawinkan kucing peliharaan kamu dirumah atau ingin mencoba untuk melakukan perkawinan silang dengan kucing lainnya, tapi ada kesulitan karena kedua kucing tersebut merupakan kucing yang baru kenal jadi gak bisa langsung dikawinkan.

Kamu perlu mengetahui dulu siklus birahi kucing sebelum mengawinkan mereka agar mempermudah kamu saat ingin mengawinkan si kucing. Berikut adalah siklus birahi kucing yang dibagi beberapa fase, yaitu:

  1. Proestrus merupakan fase yang dimana mereka belum ada ketertarikan satu sama lain. Biasanya dalam fase ini kucing jantan akan mendekati si betina terlebih dahulu dan lebih banyak tingkah, namun kucing betina dalam fase ini akan cuek-cuek saja pada pejantan.
  2. Estrus atau birahi merupakan fase dimana si kucing akan memuncak birahinya dan berlangsung selama 7 hari atau bahkan lebih.
  3. Interestrus merupakan fase yang terjadi dimana si kucing belum berovulasi dan berlangsung selama 13-18 hari sampai proestrus dimulai lagi atau kucing betina belum dikawin-kawinkan. Jika kucing betina belum dikawinkan maka fase ini akan berlangsung selama 2-3 minggu dan kucing jantan akan berlangsung selama 1-2 minggu.
  4. Diestrus merupakan fase dimana kucing betina dan jantan sudah mulai berovulasi atau dikawinkan serta berlangsung selama 30-40 hari. Selain itu fase ini juga merupakan fase akhir dari siklus birahi kucing.

Nah, jika kucing kamu sudah memasuki fase estrus atau birahi dan siap untuk dikawinkan, kamu bisa segera mengawinkan si kucing dengan lawan jenisnya. Berikut langkah-langkah mengawinkan kedua kucing yang baru kenal, diantaranya adalah:

Mengatur Jadwal Perkawinan

Jika kucing sudah memasuki fase estrus, kamu bisa segera menjadwalkan hari yang tepat untuk segera mengawinkan keduanya. Dengan menjadwalkan perkawinan mereka, kamu bisa sambil membantu kedua kucing tersebut agar lebih dekat lagi atau membuat mereka menjadi akrab.

Karena mengawinkan kucing yang baru mereka kenal dan masih terasa asing dengan kehadiran satu sam lain akan cukup sulit jika langsung mengurung keduanya dalam kandang yang sama untuk kawin, jangankan kawin yang ada membuat mereka bisa jadi tidak akur satu sama lain.

Masukan Kucing Dalam Kandang Yang Berbeda

Tahap selanjutnya adalah dengan membiarkan kedua kucing berada di kandang yang berbeda dan buatlah jaraknya saling berdekatan. Hal ini dilakukan untuk sebagai awal perkenalan mereka dan menghindari kedua kucing agar tidak ribut kalau langsung disatukan begitu saja.

Jadi kamu bisa masukan mereka ke kandang yang berbeda dan tempatkan kandangnya agar saling berdampingan, jangan terlalu jauh jaraknya. Jika mereka terlihat sudah cukup dekat satu sama lain, kamu bisa pisahkan keduanya dengan membawa salah satu kandang kucing.

Hal ini dilakukan supaya si kucing merasa rindu atau kangen satu sama lain, karena setelah dekat mereka tiba-tiba dipisahkan. Dengan begitu saat mereka dalam fase estrus atau birahi, keduanya akan saling melampiaskan kerinduannya dengan lebih baik lagi.

Kenali Tanda Atau Ciri Kucing Mulai Birahi

Sesudah mereka dipisahkan untuk beberapa hari, kamu bisa menunggu si kucing sampai memasuki fase estrusnya atau birahi sebelum mengawinkannya. Buat kamu yang gak tau kapan kucing birahi, bisa lihat ciri-ciri kucing birahi di bawah ini:

  • Sering mengeong-ngeong dengan suara yang keras atau kencang dan cenderung lebih berisik
  • Memberontak untuk keluar dari kandang
  • Pipis sembarangan atau spraying
  • Lebih sering menggesek-gesekan tubuhnya
  • Kucing betina akan menaikkan tubuh bagian belakangnya ketika dielus
  • Menjadi lebih manja dan agresif

Satukan Kedua Kucing Dalam Kandang Yang Sama

Nah, jika kamu sudah mengetahui seperti apa tanda atau ciri kucing sudah mulai birahi seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Kamu bisa segera menyediakan kandang yang lebih besar atau luas untuk kedua kucing tersebut dan memasukkan mereka ke dalam kadang yang sama.

Hal ini menjadi awal mula untuk keduanya saling menarik perhatian satu sama lain sebelum akhirnya kawin dan melepas kerinduannya setelah dipisahkan dalam waktu yang cukup lama. Dengan begitu kucing akan saling bermanja-manjaan sampai akhirnya mereka pun kawin.

Biarkan Selama Beberapa hari

Sesudah memasukkan kedua kucing tersebut dalam kandang yang sama, kamu perlu memberikan waktu untuk mereka agar bisa kawin sampai keduanya saling terpuaskan. Sama halnya seperti manusia, mereka juga butuh yang namanya quality time untuk berduaan.

Karena mau bagaimanapun juga untuk proses kawin kucing pastinya membutuhkan waktu yang cukup lama dan tidak cukup sekali kawin saja sampai akhirnya bisa menghasilkan atau kucing betina bisa hamil. Maka dari itu biarkan keduanya untuk tetap bersama sampai akhir.

Pisahkan si Kucing Setelah Selesai Kawin

Jika kedua kucing tersebut sudah cukup puas untuk kawin dan keduanya juga terlihat sudah tidak ingin kawin lagi karena masa estrusnya sudah berakhir, kamu bisa segera memisahkan kedua kucing tersebut ke kandangnya masing-masing. Jangan biarkan berdekatan lebih lama.

Karena kucing jantan dan betina akan menunjukan perilaku yang tidak biasa setelah mereka kawin. Kucing betina biasanya akan langsung menghilangkan jejak bau dari kucing jantan dengan menjilati tubuhnya dan jantan akan menghindari karena takut di cakar kucing betina.

Pastikan Kucing Berhasil Kawin

Terakhir adalah dengan memastikan kalau kucing kamu berhasil kawin dengan lawan jenisnya. Jika kucing kamu berhasil kawin bisa kamu lihat dari beberapa perubahan berikut:

  • Kucing Akan Menjadi Lebih Tenang
  • Siklus Birahi Kucing Akan Berakhir
  • Nafsu Makan Meningkat
  • Lebih Rileks dan Banyak Tidur
  • Sensitif Terhadap Kehadiran Kucing Lain
  • Terjadi Pembuahan
  • Adanya Perubahan Kelenjar Susu
  • Perut Mulai Membesar
  • Sering Muntah di Pagi Hari

Itulah beberapa cara mengawinkan kucing yang baru kenal, mungkin perlu untuk kamu ketahui supaya bisa mengawinkan kucing kamu dengan kucing lainnya yang baru saja kenal. Agar keduanya bisa menarik perhatian satu sama lain untuk sama-sama mengajaknya kawin.

Usahakan untuk tidak memaksa kedua kucing yang baru kenal untuk segera kawin tanpa persiapan apapun, karena sudah pasti akan gagal dan akan membuat kedua kucing menjadi tidak akur. Lakukan secara bertahap, sampai akhirnya berhasil. Good Luck semoga membantu.