Thursday, 18 Jul 2024

Cara Mengecilkan Perut Bagi Penderita Asam Lambung

6 minutes reading
Thursday, 7 Sep 2023 00:05 0 189 Muti Karya

Nesiaverse.com – Banyak sekali penderita asam lambung yang mencari cara mengecilkan perut, bagi penderitanya memiliki perut buncit yang besar tidak hanya mengganggu ,namun juga membuat rasa tidak nyaman. Selain itu jika menjalani program diet , penderita asam lambung harus berhati-hati memilih metode diet. Dengan demikian perlu mengetahui cara untuk mengecilkan perut, berdosakah faktor dan penyebabnya. 

Selain itu kondisi perut yang buncit bisa membuat penampilan tidak baik dipandang, sehingga dapat menurunkan kepercayaan diri seseorang. Maka, penting mengetahui cara mengecilkan perut bagi penderita asam lambung dengan baik dan tepat. Cara satu ini akan membantu mempercepat meredakan gejala yang dirasakan. Dengan begitu kamu akan mendapatkan perut yang rata. 

Cara Mengecilkan Perut Bagi Penderita Asam Lambung 

Cara Mengecilkan Perut Bagi Penderita Asam Lambung

Memiliki perut yang buncit memang sungguh mengganggu dan menimbulkan rasa tidak nyaman hingga turunya percaya diri seseorang. Hal ini umumnya disebabkan oleh penumpukan lemak di dalam dan sekitar area rongga perut. Penumpukan lemak satu ini, sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh, karena dapat membuat organ-organ dalam tubuh dan khususnya di sekitar perut akan tertutup. 

Sehingga dapat menimbulkan berbagai risiko, mulai dari terkena penyakit jantung, diabetes, sindrom metabolik hingga kanker. Namun, bagi beberapa kondisi kesehatan tertentu, yaitu asam lambung seseorang akan mengalami gangguan dimana jika menjalani program diet harus berhati-hati dalam memiliki metodenya. Namun, bukan berarti penderita asam lambung tidak boleh menjalani program diet untuk mengecilkan perut. 

Nah, berikut beberapa cara untuk mengecilkan perut bagi penderita asam lambung yang aman dan sehat dilakukan. 

Konsumsi Daging dan Ikan Tanpa Lemak

Cara pertama mengecilkan perut bagi penderita asam lambung bisa kamu mulai dengan diet sehat. Dimana kamu dianjurkan untuk mengonsumsi jenis makanan daging dan ikan tanpa lemak. Makanan satu ini, merupakan salah satu menu diet yang cocok bagi penderita asam lambung. Dalam daging dan ikan tanpa lemak kamu akan mendapatkan asupan protein dan nutrisi yang sangat dibutuhkan bagi pengidap asam lambung saat diet 

Baik daging dan ikan tanpa lemak, kamu dapat meringankan beban kerja bagian lambung . Adapun jenis ikan yang dapat kamu konsumsi diantaranya ikan salmon, ikan tuna, ikan kod hingga ikan sarden. Kandungan lemak yang lemah namun ingin kandungan protein dalam ikan sangat baik. Karena fungsinya dapat memicu proses pembentukan sel baru dalam tubuh. Sehingga bagai memiliki perut sensitif sangat cocok dikonsumsi. 

Buah-Buahan Dengan Kandungan Asam Rendah

Buah-buahan merupakan salah satu menu makanan yang baik dan dapat dikonsumsi dengan baik ketika kamu menjalani program diet untuk mengecilkan perut. Bahkan mengkonsumsi buah sangat baik bagi penderita asam lambung ketika diet. Hanya saja ada beberapa jenis buah-buahan yang harus kamu hindari. 

Sebagai jenis makanan diet untuk mengecil perut bagi penderita asam lambung, kamu harus menghindari konsumsi buah citrus, diantaranya buah dengan tingkat keasaman yang tinggi. Diantaranya ada buah lemon, jeruk dan tomat. Kamu dapat menggantinya dengan mengkonsumsi buah yang memiliki kandungan asma yang rendah, yaitu buah yang kandungan vitamin C nya lebih rendah lagi. 

Buah yang dapat kamu konsumsi adalah buah nangka, kedondong, pisang ambon, apel, buah pir. Jenis buah-buahan tersebut baik dikonsumsi dan dapat meningkatkan proses pembakaran lemak dan kalori dalam tubuh jika disertai kegiatan olahraga yang rutin.

Sayuran Dengan Kandungan Asam Yang Rendah

Tidak haya buah-buahan saja, sayuran juga termasuk salah satu jenis makanan diet yang cocok untuk mengecilkan perut bagi penderita asam lambung. Hal ini dibuktikan karena sayur memiliki kandungan gas dan kadar asam yang tinggi. Kamu bisa mendapatkan perut rata dengan mengkonsumsi sayuran. 

Namun, kamu harus menghindari konsumsi makanan dengan kadar asam yang tinggi, karena dapat memicu asam lambung meningkat. Ada beberapa jenis sayuran yang kami rekomendasikan dimana kamu dapat mengkonsumsinya, yaitu asparagus, kacang hijau, brokoli, seledri dan masih banyak jenis sayuran dengan kandungan asam yang rendah. Kamu dapat memilihnya sesuai dengan selera kamu. 

Makanan Dengan Kandungan Karbohidrat yang Pas

Karbohidrat sangat dibutuhkan oleh tubuh, karena asupan karbohidrat inilah yang akan dipecah untuk menjadi energi dalam tubuh. Ketika kamu kekurangan asupan karbohidrat hal ini dapat memicu tubuh menjadi lemas, mudah lelah dan lunglai. Bukannya mendapatkan perut yang mengecil kamu justru bisa jatuh pingsan, karena kadar karbohidrat dalam tubuh tidak dapat mencukupi kebutuhan harian kamu. 

Selain itu diet ini dilakukan dengan kombinasi protein, lemak dan karbohidrat sebagai salah satu sumber utama energi dalam tubuh. Sehingga jika kamu ragu untuk mengkonsumsi sumber karbohidrat seperti nasi kamu bisa mengkonsumsi alternatif lainnya. Misalnya dengan konsumsi nasi merah, roti gandum hingga oatmeal. Perhatikan saja porsinya dengan baik. 

Tanaman Herbal

Salah satu makanan yang cocok bagi pelaku diet sekaligus penderita asam lambung adalah tanaman herbal. Tanaman herbal menjadi salah satu jenis makanan diet pengidap asam lambung yang aman dikonsumsi. Karena tanaman herbal sendiri memiliki kemampuan yang baik untuk mengendalikan rasa lapar dan mempercepat proses pembakaran lemak, diantaranya jahe. 

Selain itu dengan mengonsumsi jenis tanaman herbal maka kamu dapat membantu penyembuhan asam lambung lebih cepat, sekaligus mengecilkan perut. Kamu juga dapat mengkonsumsi lidah buaya secara mentah maupun diolah menjadi jus. Namun, pastikan kamu membuang lendir hingga bersih dengan cara merendamnya semalaman sebelum dikonsumsi. Hal ini berguna untuk mengecilkan perut sekaligus mengatasi asam lambung secara bersamaan. 

Kemudian, ada beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk mendukung proses mengecilkan perut bagi penderita asam lambung. Hal ini dikutip dari alodokter.com, Dr.Riza Marlina mengatakan bahwa ada beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mengecilkan perut, diantaranya :

  • Mengurangi asupan makanan yang memiliki kandungan lemak dan gula yang tinggi
  • Cukupi kebutuhan suapan serta harian
  • Lakukan aktivitas olahraga kardio dan disarankan melakukannya selama 300 menit dalam seminggu. Kemudian padukan dengan jenis olahraga lainnya, seperti latihan dengan angka beban yang disesuaikan.
  • Istirah dengan durasi atau waktu yang cukup, yaitu 7 hingga 9 jam setiap harinya.
  • Konsumsilah air putih secukupnya, minimal 2 liter sehari
  • Kelolah kesehatan mental kamu, hindarilah stress. 

Dalam melakukan aktivitas olahraga dalam diet untuk mengecilkan perut bagi penderita asam lambung, kamu harus memperhatikan jenis olahraga yang harus dihindari. Karena ada beberapa jenis olahraga high impact yang dapat menyebabkan heartburn, diantaranya :

  • Berlari
  • Lari Sprint
  • Angkat beban yang sangat berat
  • Bersepeda
  • Lompat tali
  • Naik turun tangga
  • Olahraga gymnastics

Dengan memperhatikan beberapa hal diatas, yang meliputi cara mengecilkan perut bagi penderita asam lambung. Maka, kamu bisa menjalankan program diet sebagai cara mengecilkan perut dengan sehat dan aman. Selain itu dengan mengetahui jenis olahraga yang harus dihindarinya. Serta tips yang dapat mendukung proses mengecilkan perut dengan maksimal. Maka, mudah bagi kamu untuk mendapatkan perut yang rata jika dilakukan secara konsisten, baik dan benar.