Monday, 17 Jun 2024

Cara Mengembalikan Pendengaran yang Berkurang

4 minutes reading
Sunday, 12 Feb 2023 15:38 0 218 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Mungkin tidak sedikit orang yang mengalami masalah penurunan kemampuan dalam pendengaran, dengan masalah ini tentu saja akan menghambat pada saat berkomunikasi dan interaksi dengan orang lain sehingga dengan begitu cara mengembalikan pendengaran yang berkurang sangat penting perlu diketahui.

Telinga merupakan indera pendengaran yang memiliki peran yang sangat penting didalam hidup, selain berguna untuk mendengar namun telinga juga yang akan membantu dalam menjaga keseimbangan.

Dimana dengan mendengarkan kamu dapat berkomunikasi dan interaksi bersama dengan orang lain dan bahkan berdiskusi bersama dengan lawan bicara, tetapi dengan seiring bertambahnya usia fungsi telinga pun yang akan berkurang.

Penurunan pendengaran tentu saja bukan hal yang sepele dimana hal ini yang merupakan masalah yang dapat mempengaruhi pada kualitas hidup serta hubungan dengan pasangan atau keluarga, untuk kamu yang mengalami masalah ini maka cara mengembalikan pendengaran yang berkurang perlu kamu ketahui.

Cara Mengembalikan Pendengaran yang Berkurang

Cara Mengembalikan Pendengaran yang Berkurang

Telinga merupakan organ pendengaran dengan memiliki peran penting dalam menerima dan menghantarkan bunyi atau suara, telinga sendiri yang terdiri dalam beberapa bagian yaitu bagian dalam, tengah dan luar.

Telinga bagian dalam berisi koklea berperan sebagai organ sensorik utama pendengaran, sedangkan untuk telinga bagian tengah berisi 3 tulang kecil sebagai landasan, tulang palu dan juga sanggurdi dan terakhir ada bagian luar terdiri dari daun telinga, saluran telinga dilapisi rambut dan kelenjar yang akan mengeluarkan kotoran telinga.

Untuk proses pendengaran yang terjadi pada saat gelombang suara masuk telinga dan akan menyebabkan gendang telinga yang bergetar, nantinya getaran ini yang dilanjutkan ke bagian telinga tengah dan akan diperkuat dilanjutkan ke koklea dan koklea akhirnya mengirimkan sinyal dengan melalui saraf pendengaran ke otak.

Untuk masalah penurunan kemampuan pendengaran yang secara umum terjadi jika sinyal dari suara yang tidak sampai ke otak, masalah ini yang bisa disebabkan oleh berbagai faktor penyebabnya seperti usia, terpapar suara keras yang secara berulang, bahkan penggunaan beberapa obat seperti obat aspirin, antibiotik,  kemoterapi, malaria atau obat yang lainnya.

Dengan beragam faktor penyebab tersebut yang tentu saja dapat merusak fungsi pendengaran, gangguan pendengaran yang terdapat dua jenis berdasarkan dengan letak kelainannya yaitu gangguan pendengaran konduktif dan sensorineural.

Gangguan pendengaran konduktif adalah gangguan pendengaran yang terjadi pada saat suara tidak bisa diteruskan ke telinga dalam, hal ini yang biasanya disebabkan adanya penyumbatan seperti penumpukan cairan akibat dari infeksi telinga, kotoran telinga atau karena gendang telinga yang pecah.

Sedangkan untuk gangguan pendengaran sensorineural merupakan gangguan pendengaran yang diakibatkan oleh adanya kerusakan pada saraf pendengaran atau  koklea bagian telinga dalam, hal ini yang biasanya terjadi secara alami dengan seiring bertambahnya usia atau mengalami cedera.

Gangguan pendengaran yang bisa terjadi secara tiba-tiba namun biasanya yang berkembang secara bertahap, untuk tanda umum mengalami  gangguan pendengaran yaitu kesulitan mendengarkan ucapan pasangan atau orang lain dengan jelas, meminta untuk mengulangi yang dikatakan, mendengarkan musik dengan volume yang tinggi dan juga sering terjadi kesalahpahaman yang dikatakan orang lain.

Namun gangguan pendengaran yang menurun yang masih bisa kamu atasi dengan menggunakan beberapa cara pengobatan yang tergantung dengan penyebab dan juga tingkat keparahannya, untuk itu dibawah ini terdapat cara mengembalikan pendengaran yang berkurang yaitu sebagai berikut:

Untuk gangguan pendengaran konduktif cara mengembalikan pendengaran yang berkurang yaitu dengan menggunakan beberapa pilihan seperti:

  • Pergi ke dokter untuk membersihkan kotoran yang menyumbat di telinga dengan menggunakan minyak untuk membantu mengencerkan kotoran dan membuangnya.
  • Melakukan pengobatan infeksi telinga dengan memberikan antibiotik atau prosedur operasi gendang telinga (ini dilakukan jika terdapat lubang) bisa membantu mengembalikan fungsi pendengaran menjadi baik.

Untuk gangguan pendengaran sensorineural dimana ini yang kerusakan bersifat permanen sehingga untuk tujuan pengobatannya yaitu untuk memaksimalkan pendengaran dan untuk cara mengembalikan pendengaran yang berkurang yaitu:

  • Menggunakan alat bantu dengar, dengan ini kamu dapat membuat suara dari orang lain menjadi mudah dengar dan lebih kuat.
  • Melakukan implan koklea pilihan jika gangguan pendengaran sudah parah, dengan implan koklea yang akan mengganti bagian yang tidak berfungsi dan rusak dari telinga bagian dalam.

Mungkin hanya itu saja beberapa cara mengembalikan pendengaran yang berkurang yang bisa kamu coba dan lakukan sesuai dengan tingkat keparahan gangguan pendengaran yang dialami, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.