Saturday, 22 Jun 2024

Cara Mengenali Potensi Diri Sendiri

6 minutes reading
Tuesday, 16 May 2023 00:01 0 235 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Ternyata untuk cara mengenali potensi diri sendiri ini yang masih banyak orang belum mengetahuinya dan mungkin bingung dengan caranya, nah untuk mengetahuinya kamu bisa dengan menggunakan beberapa cara dibawah ini yang bisa disimak penjelasannya disini.

Pada setiap manusia pastinya memiliki potensinya masing-masing sehingga untuk kalian yang tidak perlu merasa rendah diri dikarenakan potensi yang dimiliki kamu tidak sama dengan dimiliki orang lain, dengan mengetahui potensi diri sendiri yang berkemungkinan  kamu tidak memendam rasa iri terhadap orang lain.

Dimana kamu bisa dengan mencoba untuk menggali potensi yang dimiliki hingga semaksimal mungkin, hal ini bertujuan agar kedepannya kamu bisa menemukan potensi diri kamu yang lebih baik lagi dibanding orang lain, namun tidak semua orang yang menyadarinya dengan potensi diri yang dimilikinya.

Padahal sekarang  ini yang sudah terdapat beberapa cara yang dapat dicoba di dilakukan untuk bisa mengenali potensi diri sendiri, lalu bagaimana dengan cara mengenali potensi diri sendiri untuk bisa mengembangkan potensi yang dimiliki agar menjadi lebih baik.

Cara Mengenali Potensi Diri Sendiri

Cara Mengenali Potensi Diri Sendiri

 

Potensi sendiri yang merupakan salah satu kemampuan yang terdapat didalam diri manusia, tetapi belum ditemukan, di gali, di kelola dan juga dikembangkan lebih jauh, potensi diri ini yang bisa berkembang dengan melalui belajar, bakat alami dimiliki sejak lahir tetapi belum dilatih, usaha dan juga kerja keras.

Kata potensi yang berasal dari bahasa inggris yaitu potential, potency dan potentiality, masing-masing pada kata tersebut yang memiliki arti tersendiri seperti potential memiliki arti kemampuan yang terpendam yang kemungkinan dapat dikembangkan dan bisa menjadi aktual.

Kata potency yang memiliki arti daya, kekuatan, tenaga dan juga kemampuan, sedangkan untuk kata potentiality yang berarti ciri khas atau karakteristik yang memiliki satu kemampuan, kekuatan atau daya yang bertingkah laku untuk masa yang mendatang dilakukan dengan menggunakan cara tertentu.

Dimana menurut Riyadi pada tahun 2016 yang menyatakan bahwa “potensi” adalah kemampuan serta kekuatan yang dimiliki oleh setiap individu, baik itu mental maupun fisik yang memiliki kemungkinan untuk di kembangkan jika dilatih dan juga ditunjang dengan menggunakan sarana yang baik, sedangkan untuk “diri” yang merupakan seperangkat proses perilaku, fisik dan juga psikologis yang dimiliki oleh seseorang.

Sedangkan menurut Wibowo pada tahun 2007 yang menyatakan potensi merupakan suatu sistem tersusun atas berbagai komponen potensi terdapat di dalam diri individu sejak lahir yang berupa potensi fisik, emosi, otak dan juga spiritual yang bisa dikembangkan pada tingkat tidak terbatas.

Pada setiap orang memiliki potensi diri masing-masing baik itu yang telah ditunjukkan atau masih tersembunyi, karena tidak semua orang bisa mengeluarkan potensi diri tersebut dan mungkin kamu salah satunya maka di bawah ini terdapat beberapa cara mengenali potensi diri sendiri yang dapat kamu lakukan.

Adapun untuk beberapa cara mengenali potensi diri sendiri tersebut yaitu diantaranya sebagai berikut:

Dengan Menemukan serta Mencatat Impian yang ingin dicapai

Dimana cara untuk mengenali potensi diri sendiri yang pertama  yaitu dengan menemukan dan juga mencatat impian yang ingin dicapainya, hal ini dikarenakan pengembangan potensi diri yang terdapat di dalam setiap manusia yang bisa dilakukan berdasarkan dengan impian yang paling dominan menguasai diri.

Sehingga dengan begitu untuk bisa menemukan potensi diri sangat penting, dan nantinya kemungkinan potensi diri tersebut yang bisa diwujudkan dengan melalui impian yang hanya diketahui oleh diri sendiri.

Dengan Mencoba Melakukan Hal yang Baru

Seiring dengan beranjak dewasa nantinya kamu akan menemukan banyak hal yang baru didalam hidup dan untuk  bisa mengenali potensi diri sendiri yaitu kamu bisa dengan mencoba untuk mencoba melakukan berbagai hal yang baru tersebut dan juga terus untuk melatih diri.

Dengan melakukan atau mencoba berbagai hal yang baru yang akan membantu menambah pengetahuan dan juga pengalaman dalam diri sendiri, segala hal yang baru juga yang bisa menstimulasi diri dalam menemukan potensi yang selama ini belum kamu sadari atau terpendam.

Dengan Mengenali Kelebihan dan Kekurangan Diri

Pada setiap manusia yang tentunya mempunyai kelebihan dan juga kekurangan dalam dirinya dengan kelebihan yang dimiliki menjadi sebuah keuntungan dan juga menjadi potensi diri yang tetap harus dikembangkan dan dijaga, tetapi bukan berarti kekurangan yang kamu miliki ini bisa menghancurkan semua potensi diri karena kekurangan yang bisa dikelola dengan baik yang justru dapat menjadi sebuah peluang dan menjadi kekuatan baru.

Dengan Mengenali Sesuatu yang disukai

Cara mengenali potensi diri sendiri yang lainnya yaitu dengan mengenali sesuatu yang disukai, dilakukan dan juga dipikirkan bahkan bisa saja jadi hobi kamu selama ini yang dapat mengembangkan potensi diri yang telah lama terpendam, sehingga untuk segala aktivitas yang disukai oleh kamu kemungkinan dapat menunjukan potensi diri yang mungkin belum kamu sadari sebelumnya.

Dengan Menentukan Tujuan Hidup

Pada saat kamu yang mulai beranjak dewasa tentu saja harus bisa menentukan tujuan hidup, tujuan hidup sendiri yang bisa ditentukan dengan berdasarkan potensi diri yang berupa minat dan bakat (talenta) yang dimiliki oleh setiap manusia, sehingga dengan begitu sangat penting untuk bisa menggali potensi diri sampai semaksimal mungkin agar kamu nantinya menjadi lebih jelas dalam menentukan tujuan hidup.

Dengan Menyingkirkan Sifat Takut Gagal

Dengan menyingkirkan sifat takut gagal yang menjadi salah satu cara untuk mengenali potensi diri sendiri, dimana walaupun pada setiap manusia yang pastinya pernah mengalami kegagalan tetapi harusnya kegagalan tersebut yang menjadi sebagai pemicu semangat untuk dapat meraih kesuksesan dan juga terus mengembangkan potensi diri.

Dengan Memiliki Motivasi

Memiliki motivasi menjadi salah satu cara untuk bisa mengenali potensi diri sendiri, jika kamu selalu termotivasi dalam menjalankan atau melakukan berbagai aktivitas yang dapat memberikan dorongan dalam diri untuk selalu berpikir kreatif dan berinovasi, sehingga dengan begitu dengan memiliki motivasi yang menjadi salah satu yang sangat penting agar kamu bisa mengendalikan potensi diri menjadi jauh lebih baik lagi.

Dengan Memaafkan Diri Sendiri

Cara untuk mengenali potensi diri sendiri yang lainnya yaitu dengan mencoba untuk memaafkan diri sendiri, karena pada dasarnya manusia yang tidak luput dengan kesalahan baik itu kesalahan yang kecil hingga yang besar dan jika kamu mengalami hal tersebut kamu tidak perlu untuk larut merasa bersalah yang bisa menyebabkan produktivitas hidup kamu yang dapat mengalami penurunan.

Sehingga dengan begitu sangat penting untuk bisa mencoba memaafkan diri sendiri dengan cara merenungi dan juga mengoreksi diri atas apa yang sudah dilakukan, segala sesuatu yang telah terjadi maka biarkan berlalu dan hal tersebut yang bisa kamu jadikan sebagai pembelajaran dalam hidup.

Nah mungkin hanya itu saja beberapa cara mengenali potensi diri sendiri yang perlu kamu ketahui dan bisa dengan mencobanya secara perlahan tapi pasti, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.