Monday, 17 Jun 2024

Cara Mengganti Makanan Kucing Dari Basah ke Kering

6 minutes reading
Thursday, 27 Jul 2023 21:11 0 214 Sela Rahma

Nesiaverse.com – Bagaimana sih cara mengganti makanan kucing dari basah ke kering? Karena sudah terbiasa dengan wet food jadi susah untuk makan dry food. Kalau begitu langsung saja baca artikel ini sampai selesai, jika kamu ingin mengatasi hal itu dengan benar.

Memang sangat sulit jika kucing kamu sudah sering diberi makan wet food atau makanan basah, sehingga saat ingin mencoba untuk mengganti makanannya menjadi makanan kering atau dry food sangat sulit sekali. Butuh cara untuk mengatasinya sampai bisa makan dry food.

Karena kalau terus menerus memberinya wet food akan menimbulkan masalah pencernaan juga untuk si kucing! Bisa-bisa dia menjadi obesitas, mencret terus dan masalah kesehatan lainnya. Makanya perlu untuk menyeimbangkan asupan makanan dengan baik dan benar.

Nah, disini akan memberikan beberapa saran untuk mengatasi hal tersebut dan bagaimana caranya mengganti makanan kucing dari basah ke kering supaya si kucing bisa makan selain wet food. Jadi simaklah penjelasannya dibawah ini dengan seksama!

Cara Mengganti Makanan Kucing Dari Basah ke Kering

Cara Mengganti Makanan Kucing Dari Basah ke Kering

Sebelum itu ada beberapa hal yang kamu harus ketahui, bahwasannya kucing bisa menjadi ketagihan jika kamu selalu memberinya wet food apalagi yang terbuat dari tuna! Dapat membuat berat badan si kucing naik secara tidak normal.

Kucing memang senang sekali dengan berbagai jenis ikan, terutama tuna. Selain bagus untuk pertumbuhan kucing karena memiliki kandungan yang baik bagi tubuh si kucing. Tapi disisi lain jika terlalu sering memberinya tidak akan bagus juga dan bahkan bisa membuat fesesnya semakin bau.

Terutama untuk ikan-ikan yang mentah, jangan sesekali kamu memberinya ikan mentah ya! Karena tidak baik untuk kesehatan si kucing dan akan berakibat fatal untuk kesehatan otaknya. Jadi selalu hati-hati ya, dalam memberinya makan jangan ngasal juga memberinya makanan.

Begitupun dengan selalu memberinya makanan basah atau wet food. Cobalah untuk menggantinya ke makanan kering atau dry food. Tapi bagaimana caranya? Sedangkan si kucing sudah terbiasa dengan wet food jadi susah untuk memberinya dry food! Berikut adalah cara mengatasinya dan mengganti wet food ke dry food:

Pastikan Kebersihan Tempat Makannya

Langkah yang pertama adalah dengan cara untuk selalu memastikan kebersihan tempat makannya. Kucing sangat suka kebersihan, maka dari itu cara membuat dia mau makan dry food adalah dengan menyajikannya ke wadah yang bersih.

Jika wadah makannya bersih, kucing kamu akan makan dengan nyaman dan bisa menyantap dry food ini dengan lahap. Selain itu juga menyajikan ke wadah yang bersih dapat membantu mempertahankan aroma dari makanannya.

Bisa jadi alasan utama si kucing gak mau makan itu karena memang wadahnya yang kotor, bukan karena kamu menggantinya dengan dry food. Jadi kamu harus rutin untuk mencuci wadahnya ya! Lalu sediakan juga wadah cadangan.

Sediakan Air Minum

Langkah kedua adalah dengan cara menyediakan air minum. Karena kucing kamu itu selalu makan wet food yang teksturnya halus dan basah, jadi membuatnya gampang untuk di makan beserta dicerna oleh kucing kamu.

Maka dari itu saat kamu ingin mengganti makanannya menjadi makanan kering, kamu harus menyediakan air minum di sampingnya. Si kucing yang masih belum terbiasa dengan dry food akan membuatnya kesusahan untuk memakannya.

Jadi dengan kamu menyediakan air disampingnya, membantu kucing kamu makan dry food dengan nyaman dan tidak akan tersedak. Selain itu membantu membasahi tenggorokan kucing yang kering, agar mudah untuk menelan dry foodnya dengan baik.

Beri Porsi Yang Cukup

Langkah ketiga adalah dengan cara memberi porsi yang cukup. Nah, saat kamu ingin mulai untuk mengganti makanannya, kamu harus memberinya secara perlahan saja jangan terlalu berlebihan! Karena pastinya di awal-awal dia tidak akan menghabiskan makanannya.

Tuangkan saja secukupnya, beri porsi yang pas untuk mulai membiasakan kucing kamu makan dry food. Dengan begitu kucing juga tidak akan terlalu kaget di hari pertamanya karena porsinya yang penuh dan sangat banyak.

Jika kamu mengurangi takarannya, si kucing akan memakan dan menikmatinya secara perlahan. Sebagai bentuk perkenalan juga pada suatu hal yang untuknya masih terasa asing dan baru. Jadi dia akan mulai terbiasa makan dry food kedepannya.

Memvariasikan Makanannya

Langkah keempat adalah dengan cara memvariasikan makanannya. Buat kamu yang masih kerepotan dan memiliki kucing yang sudah terlanjur doyan makan wet food atau makanan basah, cobalah untuk memvariasikannya.

Kamu bisa memvariasikan dengan mencampurkan keduanya dengan takaran yang pas. Seperti 1/3 wet food dan 1/2 dry food dengan perbandingan 1:2 lebih banyak dry food daripada wet food, yang hanya sebagai perangsang saja supaya si kucing mau memakannya.

Lakukan dengan rutin sampai dia sudah benar-benar bisa makan dry food tanpa harus di dampingi dengan wet food. Usahakan juga disetiap harinya kamu mengurangi takaran wet foodnya sedikit demi sedikit.

Mengatur Jam Makan

Langkah kelima adalah dengan cara mengatur jam makan si kucing. Saat di awal pertama kamu akan mulai untuk mengganti makanannya, cobalah untuk mengatur jam makannya terlebih dahulu supaya lebih mudah melakukannya.

Kucing juga harus beradaptasi terlebih dahulu jika menemukan hal yang baru, begitupun saat mengganti makanannya dari basah ke kering. Makanya perlu untuk membuat jadwal makan si kucing supaya berjalan dengan mulus.

Kamu bisa melakukanya dengan cara selang seling, atau bergantian. Seperti di hari senin kamu memberinya wet food, dan di hari berikutnya memberi makan dry food secara bergantian. Lakukan berulang-ulang kali sampai si kucing terbiasa memakan dry food.

Pilihlah Dry Food Yang Disukai si Kucing

Langkah terakhir adalah dengan cara memilih dry food yang disukai si kucing. Banyak sekali produk dry food yang tersedia di berbagai toko pakan kucing. Jadi kamu bisa memilihnya dan membelinya sesuai selera si kucing atau yang dimau kucing kamu.

Kalau memang kucing kamu tidak mau makan dry food yang sudah kamu berikan, berarti kamu harus mencari produk lain dengan kualitas yang lebih bagus dari sebelumnya. Karena kucing juga punya selera dan siapa tau makanan yang kamu beli bukan selera si kucing.

Dengan begitu kucing kamu bisa beradaptasi dengan dry food, karena rasanya yang lezat dan cocok di lidah si kucing. Selalu berikan yang terbaik untuk kucing kesayangan kamu saat ingin mengganti makanannya.

Itulah beberapa cara mengganti makanan kucing dari basah ke kering yang bisa kamu tiru atau lakukan sendiri kepada kucing kesayangan kamu, untuk membuatnya terbiasa memakan makanan kering atau dry food.

Lakukan secara perlahan dan sabar, asalkan kamu rutin memberinya walau sedikit-sedikit tapi pasti. Jangan terlalu memaksanya juga, yang ada nanti kucing kamu makin gak mau makan dry food. Good Luck semoga membantu.