Thursday, 18 Jul 2024

Cara Menggunakan Mesin Cuci LG Inverter Direct Drive 6, 7 dan 8 KG

5 minutes reading
Wednesday, 16 Aug 2023 22:03 0 251 Riswan Suandi

Nesiaverse.com – Cara menggunakan mesin cuci LG Inverter Direct Drive 6, 7 dan 8 kg sebenarnya hampir sama saja dengan mesin cuci lainnya, hanya saja yang membedakan adalah bentuk dan juga fungsi tombol mesin cuci LG Inverter Direct Drive.

Hal ini dikarenakan hingga saat ini hanya LG yang baru menggunakan teknologi  Inverter Direct Drive di produk mesin cuci. Berikut merupakan cara menggunakan mesin cuci LG inverter direct drive untuk 6, 7 dan 8 kg.

Cara Menggunakan Mesin Cuci LG Inverter Direct Drive 6, 7 dan 8 KG

Cara Menggunakan Mesin Cuci LG Inverter Direct Drive 6, 7 dan 8 KG

Sangat mudah cara menggunakan mesin cuci LG Inverter Direct Drive 6, 7 dan 8 kg yang saat ini bisa dilihat pada tipe FM1007N3W mesin cuci LG.

Seperti yang telah diinformasikan di awal artikel ini bahwa cara menggunakan mesin cuci LG Inverter Direct Drive 6, 7 dan 8 kg tidaklah jauh berbeda dengan mesin cuci lainnya.

Berikut ini adalah cara menggunakan mesin cuci LG Inverter Direct Drive 6, 7 dan 8 kg yang sebenarnya telah biasa kamu lakukan saat mencuci dengan mesin cuci yang kamu miliki saat ini.

  1. Pilih program sesuai dengan jenis dan jumlah pakaian yang ingin dicuci. Terdapat sekitar 14 tombol program yang dapat kamu sesuaikan dengan cara memutar tombol program pada mesin cuci.
  2. Masukkan deterjen dan pelembut ke dalam laci deterjen yang terletak di bagian kiri atas mesin cuci. Perhatikan juga jenis deterjen dan pelembut yang sesuai dengan jenis pakaian dan takaran serta jenis mesin cuci yang  biasanya telah mendapatkan rekomendasi oleh produsen.
  3. Buka pintu tabung depan dan masukkan pakaian. Untuk memasukan pakaian kedalam mesin cuci  ini dapat dilakukan dengan membuka pintu tabung pada bagian depan (front loading) dan yang terpenting adalah tidak memasukkan pakaian lebih dari kapasitas maksimal mesin cuci, yaitu 6 kg untuk model 6 kg, 7 kg untuk model 7 kg, dan 8 kg untuk model 8 kg.
  4. Tekan tombol Power dan tombol Start/Pause: Untuk memulai proses pencucian dengan mesin cuci ini, kamu dapat menggunakan tombol Start/Pause dan melihat status pencucian di layar LED yang terdapat di bagian depan mesin cuci.
  5. Tunggu hingga program pencucian selesai. Setelah program pencucian selesai, buka pintu mesin cuci dan keluarkan pakaian dari drum. Jangan lupa untuk membersihkan laci deterjen, filter debu, dan drum mesin cuci secara berkala untuk menjaga kinerja dan kebersihan mesin cuci.

Fungsi Inverter Direct Drive

Tidak perlu bingung untuk mengetahui cara menggunakan mesin cuci LG Inverter Direct Drive 6, 7 dan 8 kg yang akan kita gunakan untuk mencuci pakaian. Sebab, LG Inverter Direct Drive adalah sebuah teknologi yang dikembangkan oleh LG Electronics untuk mesin cuci yang menggantikan sistem penggerak tradisional dengan penggerak langsung yang terhubung langsung ke drum mesin cuci, tanpa menggunakan sabuk atau katrol.

Keunggulan Teknologi Inverter Direct Drive

Pada produk mesin cuci LG Inverter Direct Drive, motor dan drum mesin cuci dihubungkan secara langsung. Hal ini menghilangkan kebutuhan akan sabuk penggerak yang digunakan dalam mesin cuci konvensional. Teknologi ini menggunakan motor inverter yang dapat mengontrol kecepatan dan putaran drum dengan presisi tinggi.

Ada keuntungan yang bisa kita peroleh apabila kita memiliki mesin cuci dengan teknologi Inverter Direct Drive dan  dipergunakan dengan menggunakan mesin cuci LG Inverter Direct Drive 6, 7 dan 8 kg yang benar, diantara keuntungan tersebut adalah:

  1. Lebih Sunyi: Dalam mesin cuci tradisional, sabuk penggerak seringkali menyebabkan getaran dan suara yang tidak diinginkan. Dengan penggerak langsung, mesin cuci dengan Inverter Direct Drive memiliki kinerja yang lebih tenang dan minim getaran.
  2. Hemat Energi: Motor inverter pada LG Inverter Direct Drive dapat mengatur kecepatan dan putaran drum dengan lebih efisien. Ini memungkinkan penggunaan energi yang lebih sedikit daripada mesin cuci konvensional.
  3. Daya Tahan dan Perawatan: Dengan menghilangkan komponen seperti sabuk penggerak yang rentan terhadap keausan dan kerusakan, mesin cuci dengan Inverter Direct Drive cenderung lebih tahan lama dan membutuhkan sedikit perawatan.
  4. Hasil Pencucian Lebih Baik: Teknologi Inverter Direct Drive memungkinkan pengaturan kecepatan dan putaran drum yang lebih presisi, sehingga memberikan hasil pencucian yang lebih baik dan lebih lembut pada pakaian.
  5. Desain Lebih Solid: Dengan penghilangan sabuk penggerak, mesin cuci dengan Inverter Direct Drive memiliki desain yang lebih ramping dan solid.

Kekurangan Teknologi Inverter Direct Drive

Meskipun terdapat sejumlah keuntungan dari teknologi Inverter Direct Drive, ternyata ada beberapa kekurangan dari mesin cuci ini. Kekurangan ini selain dari sisi produk, ternyata juga ada yang diakibatkan dari kurangnya pengetahuan tentang cara menggunakan mesin cuci LG Inverter Direct Drive 6, 7 dan 8 kg seperti berikut ini:

  1. Harga Beli Masih Tinggi: Mesin cuci dengan teknologi IDD cenderung memiliki harga awal yang lebih tinggi dibandingkan dengan mesin cuci konvensional.
  2. Perbaikan Tidak Mudah: Karena teknologi ini melibatkan penggunaan motor inverter yang kompleks, jika terjadi kerusakan atau masalah teknis, perbaikan mesin cuci akan memerlukan penanganan yang lebih mendalam atau bantuan dari teknisi yang terlatih. kerusakan ini juga cenderung muncul karena belum mengetahui cara menggunakan mesin cuci LG Inverter Direct Drive 6, 7 dan 8 kg yang tepat.
  3. Kompatibilitas dengan Suhu Ekstrem: Beberapa tipe mesin cuci ini masih cukup sensitif terhadap suhu udara yang terlalu ekstrem dan mungkin tidak memiliki kinerja yang optimal dalam suhu lingkungan ekstrem baik suhu yang terlalu rendah atau terlalu tinggi.
  4. Keterbatasan Model dan Pilihan: Karena teknologi ini masih tergolong baru sehingga model dan tipe mesin cuci yang telah memiliki fitur Inverter Direct Drive masih sangat terbatas.

Demikian diatas merupakan ulasan mengenai fungsi, keunggulan, kekurangan serta cara menggunakan mesin cuci LG inverter direct drive untuk 6, 7 dan 8 kg. Semoga bermanfaat.