Cara Mengobati Kucing Bersin

8 minutes reading
Wednesday, 27 Sep 2023 00:11 0 27 Sela Rahma

Nesiaverse.com – Bagaimana cara mengobati kucing bersin? Apa yang harus dilakukan agar bisa mengobati kucing bersin-bersin? Kalau begitu langsung saja baca artikel ini sampai selesai, jika kamu ingin mengetahui terkait cara-cara untuk mengobati kucing yang mengalami bersin.

Kucing adalah makhluk hidup layaknya manusia, mereka bisa makan, bersuara, berinteraksi, bergerak, bernafas, dan bisa juga sakit. Ternyata kucing pun bisa mengalami masalah kesehatan, salah satunya yaitu kucing mengalami gangguan saluran pernafasan seperti bersin.

Tidak sedikit kasus yang terjadi dimana si kucing mengalami bersin-bersin dan bisa menyerang tanpa memandang usia kucing. Membuat siapapun pastinya akan panik ketika hal itu terjadi pada kucing kesayangannya. Jika tidak segera diobati kondisinya bisa semakin memburuk.

Lalu kalau begitu bagaimana cara mengobati kucing bersin? Nah, disini akan memberikan beberapa tips atau cara untuk mengobati atau mengatasi masalah bersin-bersin pada kucing yang bisa mudah kamu lakukan sendiri. Jadi simaklah ulasannya di bawah ini dengan seksama!

Cara Mengobati Kucing Bersin

Cara Mengobati Kucing Bersin

Siapa sangka kalau ternyata kucing juga sama halnya seperti manusia yang mengalami hal serupa, yaitu bersin-bersin. Namun, sebelum itu apa sih penyebab kucing bersin-bersin? Nah, berikut ada beberapa penyebab kucing mengalami gejala berupa bersin-bersin, diantaranya:

  • Terinfeksi Feline herpes virus dan feline calicivirus yang merupakan virus penyebab flu pada kucing, jika kucing terkontaminasi langsung dengan virus ini bisa menyebabkan flu.
  • Alergi dari debu atau partikel-partikel di udara yang membuat penciuman si kucing menjadi tidak nyaman, bersin-bersin dan flu.
  • Kucing jarang dijemur atau sesudah mandi kucing tidak langsung dijemur di bawah sinar matahari pagi. Karena hal itu dapat mencegah kucing flu dan meningkatkan imun tubuh.
  • Tertular dari kucing lain yang terinfeksi virus tersebut, sehingga kucing kamu yang sehat akan menjadi sakit flu akibat adanya kontak fisik dengan kucing terinfeksi.
  • Faktor cuaca dan lingkungan, dimana ketika cuaca sedang dingin kucing akan rentan mengalami flu disertai bersin dan lingkungan kotor juga membuat si kucing beresiko flu.

Nah, maka dari itu sebisa mungkin kamu merawat si kucing dengan baik dan menghindari hal-hal yang membuat si kucing beresiko terkena flu membuat kucing jadi sering bersin. Selain itu ada juga beberapa ciri-ciri kucing yang sedang flu, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Kucing menjadi bersin-bersin terus
  2. Keluar cairan lendir dari hidungnya
  3. Matanya memerah
  4. Terlihat lebih lemas dan lesu
  5. Suhu tubuhnya naik
  6. Hidungnya tersumbat

Jika kucing dibiarkan terus menerus dari gejala flu, dapat menyebabkan kerusakan dari saluran pernafasannya bahkan menyebabkan kebutaan permanen pada kucing. Maka dari itu segera obati kucing supaya mereka bisa sembuh dari flu penyebab bersin, dengan cara-cara berikut:

Memberikan Vitamin

Disaat kucing sedang bersin-bersin kamu bisa memberikan mereka vitamin atau multivitamin untuk membantunya dari dalam dan meningkatkan daya tahan tubuh si kucing lebih baik lagi, sehingga dapat memulihkan kucing kamu yang sedang bersin dengan adanya asupan vitamin yang baik untuk kesehatan kucing kamu serta melindunginya dari berbagai virus penyebab flu.

Vitamin untuk kucing bisa kamu dapatkan di klinik dokter hewan atau di berbagai olshop yang bisa mudah kamu cari dan memiliki harga yang beragam mulai dari yang termurah. Berikut ada beberapa vitamin yang bisa kamu beli, diantaranya:

  1. Immune Booster
  2. OFLU
  3. Uky Amino Booster

Bermanfaat untuk meningkatkan imun serta mencegah flu penyebab bersin menyerang kucing peliharaan kamu dari dalam. Bekerja dengan maksimal serta dapat menyehatkan tubuh si kucing dan membantu meningkatkan nafsu makannya dikala kucing kamu sedang sakit.

Menggunakan Cuka Apel

Selain dapat mengobati kucing jamuran, ternyata cuka apel juga cukup efektif dalam mengobati atau meredakan kucing bersin akibat flu. Karena ketika kucing flu, mereka akan kehilangan pH di tubuhnya akibat flu sehingga menjadi tidak seimbang dan kekurangan cairan di tubuhnya.

Maka dari itu kamu bisa memanfaatkan bahan alami cuka apel ini untuk menjaga keseimbangan pH tubuh si kucing dengan cara mencampurkan sdt cuka apel ke dalam makanan si kucing atau dengan melarutkannya di air minumnya dan aduk hingga tercampur.

Memberikan Madu

Madu merupakan bahan alami untuk bisa meredakan kucing dari flu disertai bersin, karena madu memiliki kandungan baik untuk kucing dalam memperkuat kekebalan tubuhnya agar tidak mudah terserang penyakit serta madu memiliki banyak vitamin yang bisa mengobati flu.

Selain itu madu mengandung asam amino alami yang bagus untuk kesehatan si kucing. Cara memberikan madu untuk kucing yang flu cukup mudah dan sederhana, yaitu bisa gunakan pipet untuk memberikan madu pada kucing atau dilarutkan dalam minuman si kucing.

Jangan Memandikan Kucing

Kucing yang mengalami flu dan bersin sebaiknya kamu tidak memandikan si kucing terlebih dahulu, sampai kucing kamu sudah pulih. Hal ini dilakukan untuk menghindari flu semakin parah dan kondisi suhu tubuh kucing semakin demam. Biasanya kucing yang flu juga disertai dengan suhu tubuhnya yang naik atau demam, jadi sebisa mungkin tidak dimandikan dulu.

Jika kamu memang ingin membersihkannya, boleh dengan cara mengelap-ngelap bagian mata dan hidungnya yang kotor akibat belek dan lendir yang keluar terus menerus. Lap menggunakan waslap basah atau tisu basah juga bisa, lalu bersihkan secara perlahan jangn terlalu menekannya dengan keras. Lakukan dengan rutin agar si kucing lebih bersih.

Beri Makanan Hangat Untuk Kucing

Sudah menjadi hal yang umum dilakukan ketika sedang flu adalah memakan makanan yang hangat dan berkuah. Seperti halnya kamu yang sedang flu, pasti lebih enak makan yang berkuah-kuah dan hangat, kucing pun sama. Kamu bisa memberinya makanan hangat seperti wet food yang biasa kamu berikan kepada si kucing sehari-hari.

Caranya kamu siapkan 1 bungkus wet food dan sajikan pada wadah bersih, lalu hangatkan ke dalam microwave beberapa menit. Jika sudah, tunggu sampai tidak terlalu panas dan berikan kepada kucing kamu. Hal ini dapat membantu kucing kamu makan dengan lebih mudah dikala sedang flu serta memberikan aroma yang lezat kepadanya.

Berikan makanan hangat secara rutin selama flu, gunakan produk makanan yang berkualitas. Mengandung banyak gizi dan nutrisi yang bagus untuk memulihkan si kucing yang sedang flu serta membantu kucing kamu mendapatkan asupan nutrisi saat kucing sedang tidak nafsu makan karena flu dengan cara menghangatkan makanannya terlebih dahulu.

Jemur Kucing di Bawah Sinar Matahari Setiap Pagi

Penting sekali untuk rutin menjemur kucing kamu baik saat sedang sakit maupun tidak. Karena cahaya matahari pagi sangat baik untuk kesehatan si kucing dan dapat menjaga sistem imun tubuh kucing dengan lebih maksimal. Apalagi untuk kucing kamu yang sedang flu, cobalah untuk menjemurnya setiap pagi di jam-jam tertentu sekitar jam 7-8 pagi.

Disaat kamu memandikan si kucing pun biasakan untuk menjemurnya setelah mandi agar mencegah flu. Cahaya matahari pagi mengandung vitamin D yang baik untuk kesehatan bulu, kulit, serta tulang agar lebih kuat dan sehat. Jemur kucing kamu diluar ruangan yang terkena sinar matahari selama 3-5 menit setiap harinya.

Jaga Kebersihan Tubuhnya

Flu bisa berasal dari lingkungan yang kotor serta dipenuhi dengan bakteri, virus atau kuman penyebab flu yang bisa saja menempel pada tubuh si kucing disaat sedang bermain. Dengan begitu tubuh si kucing ini dipenuhi dengan berbagai bakteri jahat dan menyebabkan kucing kamu sakit. Tidak hanya flu tapi bisa terserang penyakit lainnya yang disebabkan bakteri.

Dengan begitu perlu untuk kamu menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal si kucing serta kebersihan tubuhnya dengan rutin memandikan si kucing untuk mencegah kuman menempel pada bulunya. Virus penyebab flu juga bisa tersebar melalui udara yang tercemar, lalu terhirup oleh si kucing sehingga kucing kamu menjadi flu dengan gejala bersin-bersin dan pilek.

Jangan Biarkan Kucing Kedinginan

Menjaga suhu tubuh kucing disaat sedang flu sangatlah penting. Jangan biarkan kucing kamu sampai mengalami bersin juga akibat flu dan selalu rutin mengecek suhu tubuhnya dengan termometer. Pastikan kucing kamu mendapat kehangatan atau membaringkannya di tempat tidur yang hangat dan nyaman.

Jangan biarkan kucing kamu sampai kedinginan, karena flu akan semakin parah jika suhu tubuh kucing kamu tidak stabil akibat udara atau cuaca dingin yang ekstrim. Jadi selalu jaga kondisi tubuh kucing kamu yang sedang sakit flu dan berikan juga makanan yang hangat untuknya agar cepat pulih.

Biarkan Kucing Beristirahat

Supaya kucing bisa cepat pulih dari sakitnya, tentu saja kamu harus memberikan waktu istirahat yang cukup untuk kucing. Dengan cara seperti ini kucing akan cepat pulih dari sakitnya dan menstabilkan ulang sistem imun tubuh si kucing dengan banyak istirahat.

Selagi kucing beristirahat untuk tidur, kamu juga rutin mengecek kondisinya dan selalu beri minum air mineral untuknya supaya cairan di tubuh si kucing dapat terpenuhi. Karena saat kucing tidur mereka memerlukan asupan air untuk mendetox tubuh kucing saat beristirahat.

Itulah beberapa cara mengobati kucing bersin yang mungkin perlu untuk kamu ketahui, siapa tau kucing kamu menunjukan gejala yang sama seperti bersin-bersin. Dengan begitu dapat segera kamu atasi dan mengobatinya sebaik mungkin yang mampu kamu lakukan sendiri.

Jika dirasa kucing mengalami flu dan bersin-bersin dalam kurun waktu yang lama atau tidak kunjung sembuh. Kamu bisa langsung membawanya segera ke dokter hewan untuk ditangani langsung oleh medis dengan perawatan yang lebih intensif. Good Luck semoga membantu.