Saturday, 22 Jun 2024

Cara Mengobati Kucing Sesak Napas

6 minutes reading
Saturday, 30 Sep 2023 05:24 0 187 Sela Rahma

Nesiaverse.com – Ketika kucing tiba-tiba menunjukan perilaku yang tidak biasa dan terlihat kesulitan bernapas, tentunya hal itu membuat kamu langsung panik dan bingung apa yang terjadi pada kucing. Ketika kucing mengalami sesak nafas kamu harus tahu bagaimana cara mengobatinya.

Wajar saja kamu bereaksi seperti itu, karena hal itu berada diluar kontrol kamu dalam mencari cara mengobati kucing sesak napas. Apalagi buat pemilik kucing yang memang belum pernah punya pengalaman menghadapi kucing yang tiba-tiba sesak napas dan cara mengobatinya.

Tapi, tenang saja jangan panik dulu dan coba untuk tenang dalam menghadapi situasi seperti itu agar bisa mencari solusinya untuk mencari cara mengobati kucing sesak napas. Walaupun kamu tidak bisa sepenuhnya mengobati kucing, setidaknya memberikan pertolongan pertama.

Lalu kalau begitu bagaimana cara mengobati kucing sesak napas? Nah, disini akan memberikan beberapa tips atau cara untuk mengobati atau memberikan pertolongan pertama kepada kucing ketika mereka mengalami sesak napas. Jadi simaklah ulasannya di bawah ini dengan seksama!

Cara Mengobati Kucing Sesak Napas

Cara Mengobati Kucing Sesak Napas

Sama halnya seperti manusia, kucing juga bisa bergerak, bersuara, berinteraksi dan bernapas. Begitupun dengan terjadinya masalah kesehatan kepada kucing, seperti halnya mengalami sesak napas. Karena mau bagaimanapun kucing juga merupakan makhluk hidup dan bisa mati.

Tentu saja hal seperti ini wajar terjadi dan tidak bisa dihindari, semua masalah kesehatan yang menimpa kucing pun diluar kontrol kamu sebagai pemiliknya yang bahkan bukan merupakan dokter hewan. Jadi bingung juga bagaimana cara mengatasi hal itu untuk menolong kucing.

Apalagi teruntuk kamu yang memelihara ras kucing Persia pastinya hal ini sering terjadi, karena kucing Persia cenderung kesulitan nafas ketika mereka terlalu banyak bergerak atau terlalu aktif. Hal itu terjadi karena kucing Persia memiliki riwayat kesehatan yang terdapat di bagian moncong atau hidungnya, mungkin kamu juga sudah tau kalau hidungnya berbeda.

Sebelum itu penting sekali untuk kamu ketahui tentang faktor yang membuat kucing mengalami sesak nafas, supaya kamu bisa mencegahnya. Berikut ada beberapa faktornya:

  1. Faktor dari lingkungan yang kotor dan banyak debu beterbangan, sehingga secara tidak sengaja terhirup oleh kucing yang memiliki alergi terhadap alergen ataupun debu.
  1. Faktor pencemaran udara yang tercemar asap rokok, kendaraan, ataupun asap pabrik.
  1. Faktor virus Feline Herpesvirus dan Feline Calicivirus yang menyerang pernafasan kucing
  1. Faktor berat badan atau kucing mengalami obesitas yang berlebihan

Jika kucing kamu mengalami hal yang serupa dari penyebab atau faktor di atas serta membuat kucing mengalami sesak napas, pastikan untuk jangan melakukan hal yang tidak diperlukan dan segera berikan pertolongan pertama untuk mengobati kucing sesak napas. Dengan cara berikut di bawah ini, diantaranya adalah:

Kenali Penyakit dan Gejala Sesak Napas Pada Kucing

Penting sekali untuk mengetahui masalah kesehatan atau penyakit penyebab kucing sesak napas, supaya kamu bisa konsultasi ke dokter hewan mengenai permasalahan ini. Jika kucing kamu memiliki riwayat penyakit yang menimbulkan gejala sesak napas, tentu saja harus kamu ketahui agar bisa memberikan perawatan ekstra untuk kucing kedepannya.

Berikut ada beberapa penyakit sesak nafas pada kucing beserta gejalanya yang perlu kamu ketahui, diantaranya yaitu:

  • Infeksi saluran pernapasan atas merupakan salah satu penyebab yang paling umum sesak napas pada kucing. Hal ini terjadi karena paru-paru kucing terinfeksi oleh bakteri atau virus yang awal mulanya menginfeksi saluran pernapasan. Biasanya gejalanya ditandai dengan bersin-bersin, hidung tersumbat, mata merah, dan disertai dengan batuk-batuk.
  • Penyakit jantung pada kucing dapat menyebabkan kucing jadi sesak napas, biasanya sering terjadi pada kucing yang sudah tua. Dimana jantung mereka mengalami kesulitan untuk memompa darah secara efisien karena faktor usia atau gagal jantung. Gejalanya ditandai napas lebih cepat dan tidak beraturan, bengkak di perut, dan batuk berlebihan.
  • Efusi pleura atau pneumonia adalah kondisi dimana terdapat cairan yang abnormal di dalam rongga dada, tepatnya di kantung pleura yang menyebabkan paru-paru mengapung di dada yang dipenuhi dengan cairan. Gejalanya ditandai dengan mengalami pernapasan cepat dan dangkal, batuk, dan kelesuan akibat kurangnya oksigen masuk.

Kenali Tanda-Tanda atau Ciri Kucing Sesak Napas

Mencegah terjadinya kondisi kucing yang memburuk akibat sesak nafas, karena ketidaktahuan kamu dalam mengenali perubahan kondisi pada kucing seperti tanda atau ciri-ciri kucing sesak napas itu seperti apa dan bagaimana cirinya. Penting untuk kamu ketahui masalah tersebut agar bisa mencegah dan segera mengatasi kucing yang mengalami kesulitan nafas atau sesak.

Berikut ada beberapa tanda atau ciri kucing sesak napas, diantaranya yaitu:

  1. Gusi kucing terlihat semakin pucat dan kebiruan, sebagai tanda bahwa paru-paru kucing tidak dapat bernapas dengan baik sehingga kucing kesulitan untuk bernapas.
  1. Nafas kucing menjadi terengah-engah atau tidak beraturan, sehingga kucing mengalami kesulitan napas yang cukup parah dan harus segera ditangani langsung.
  1. Kucing menjadi lebih lesu atau lemas karena terlalu banyak melakukan aktivitas fisik yang membuatnya menjadi sulit untuk bernapas dengan baik.
  1. Kucing akan mengernyitkan hidungnya atau menggunakan otot dada seperti bergoyang-goyang saat ingin bernapas.
  1. Kucing bernapas dengan mulut terbuka atau menganga dan napasnya terengah-engah.
  1. Posisi kucing berdiri atau jongkok dengan siku ditarik dari tubuh dan kepala atau leher di rentangkan.

Memberikan Pertolongan Pertama dan Mengobati Kucing Sesak Napas

Setelah kamu sudah memahami dengan baik seperti apa penyebabnya, gejalanya, penyakitnya, dan ciri atau tanda kucing sesak napas, dengan begitu kamu bisa mengobati kucing segera dengan melakukan cara yang bisa kamu lakukan sendiri sebagai pertolongan pertama pada kucing. Selanjutnya kamu bisa mengobati kucing dari sesak napasnya sebelum semakin parah.

Berikut ada beberapa cara mengobati kucing sesak napas, diantaranya yaitu:

  • Pastikan kucing berada dalam posisi yang nyaman untuk bisa bernafas sedikit demi sedikit secara perlahan serta buatlah kucing untuk menjadi lebih tenang dan tidak panik.
  • Hindari dan jauhkan kucing dari jangkauan lingkungan yang banyak polusi udara seperti asap rokok, ataupun debu-debu yang beterbangan supaya tidak memperburuk kondisi.
  • Bantulah kucing untuk bernapas dengan membawanya ke lingkungan yang tidak ada polusi dan terdapat udara segar, atau bawa ke rumah buka jendela dan ventilasi lainnya.
  • Usahakan untuk tidak melakukan hal ceroboh, seperti memberikan obat-obatan tanpa konsultasi ke dokter hewan terlebih dahulu, sekalipun itu obat untuk sesak napas.
  • Bersihkan bagian hidung kucing secara perlahan supaya tidak ada partikel atau bulu yang menempel pada hidungnya untuk mencegah kucing semakin kesulitan bernapas.
  • Jika kamu sudah memberikan pertolongan pertama, segeralah untuk membawanya ke dokter hewan untuk ditangani langsung oleh ahlinya sampai kucing bisa pulih kembali.

Itulah beberapa cara mengobati kucing sesak nafas yang mungkin perlu untuk kamu ketahui, agar bisa mengatasi masalah sesak napas yang kemungkinan bisa terjadi juga kepada kucing kamu. Dengan begitu kamu bisa memberikan pertolongan pertama pada kucing dengan baik.

Usahakan untuk selalu menjaga kebersihan sekitar lingkungannya, dan selalu rutin untuk konsultasi kesehatan kucing ke dokter hewan supaya kamu dapat mengetahui kondisi kucing secara menyeluruh dan bisa memberikan perawatan terbaik. Good Luck semoga membantu.