Saturday, 22 Jun 2024

Cara Mengobati Luka Kucing Dengan Kunyit

5 minutes reading
Monday, 25 Sep 2023 20:05 0 96 Sela Rahma

Nesiaverse.com – Bagaimana cara mengobati luka kucing dengan kunyit? Apakah kunyit bisa mengobati luka pada kucing? Kalau begitu langsung saja baca artikel ini sampai selesai, jika kamu ingin mengetahui terkait cara-cara untuk mengobati luka pada kucing dengan kunyit.

Kucing merupakan hewan yang senang sekali berburu, bahkan mereka juga seringkali ribut atau berkelahi dengan kucing lainnya dalam memperebutkan mangsa saat berburu. Hal itu membuat keributan antar kucing sampai harus melukai satu sama lain untuk mendapatkannya.

Saling mencakar dan menggigit satu sama lain tentunya akan meninggalkan luka, memang hal ini sudah biasa terjadi pada kucing. Apalagi mereka memiliki cakar yang tajam dan runcing, pastinya akan meninggalkan luka cakaran dan harus di obati supaya lukanya tidak terinfeksi.

Salah satu cara mengobati luka pada kucing yang bisa kamu lakukan adalah dengan kunyit. Lalu kalau begitu bagaimana cara mengobati luka kucing dengan kunyit? Nah, disini akan memberikan beberapa caranya. Jadi simaklah ulasannya di bawah ini dengan seksama!

Cara Mengobati Luka Kucing Dengan Kunyit

Cara Mengobati Luka Kucing Dengan Kunyit

Seperti yang kamu ketahui, kalau kucing memang sudah terbiasa berburu dan bahkan melindungi pemiliknya dari berbagai ancaman hewan liar lainnya. Hal itu membuat kucing bisa saja terluka disaat sedang berburu, ataupun melindungi pemiliknya dari hewan liar berbahaya.

Aksinya memang patut dihargai dengan merawat atau mengobatinya ketika mereka terluka demi melindungi kamu sebagai pemiliknya. Salah satu pengobatan luka secara tradisional dan secara alami menggunakan bahan alami juga, seperti kunyit bisa digunakan juga pada kucing.

Kunyit merupakan tanaman obat berupa semak dan sekaligus merupakan bumbu dapur yang biasa digunakan sebagai bahan masakan agar menciptakan rasa yang lezat serta memberikan warna kuning pada makanan secara alami, dan sebagai obat tradisional untuk kesehatan.

Memiliki kandungan kurkumin atau zat yang berwarna kuning sebanyak 9,61% dan minyak atsiri sebanyak 3,18%. Selain itu memiliki kandungan vitamin C, kalsium, protein, karbohidrat, serta antioksidan yang memiliki banyak manfaatnya untuk kucing, seperti berikut di bawah ini:

  • Sebagai Antibakteri, kurkumin yang terdapat di dalam kunyit, mampu membunuh berbagai macam bakteri serta virus-virus yang masuk ke tubuh si kucing dengan baik.
  • Mengobati Jamuran, memiliki sifat antibakteri yang berarti bisa membunuh bakteri penyebab penyakit salah satunya adalah bakteri penyebab jamur.
  • Mempercepat Pemulihan Pada Luka, kunyit juga berperan sebagai anti-inflamasi yang dapat menyembuhkan luka pada si kucing dengan cepat dan cukup efektif.
  • Meningkatkan Nafsu Makan si Kucing, kandungan kurkumin dan minyak atsiri dapat meningkatkan nafsu makan kucing dengan mempercepat proses pengosongan lambung.
  • Mengobati Cacingan, kunyit memiliki kandungan kurkumin bersifat anti radang, antioksidan, antibakteri, antivirus, antijamur serta antiseptik. Dengan adanya kandungan tersebut dapat membunuh cacing-cacing yang terdapat pada usus si kucing secara alami.

Salah satu manfaat kunyit yang akan dibahas kali ini adalah dalam mengobati luka pada kucing dan tata cara mengobati lukanya dengan menggunakan kunyit. Kamu bisa ikuti cara dan langkah-langkah mengobatinya sebagai berikut di bawah ini:

Mengecek Luka Pada Kucing

Sebelum mengobati luka pada kucing, penting sekali untuk mengecek lukanya terlebih dahulu. Hal ini untuk memastikan seperti apa bentuk lukanya dan penyebabnya lukanya dari apa. Dengan begitu kamu dapat mengetahui letak luka kucing dan bentuk luka pada kucing.

Caranya kamu bisa mengecek setiap anggota tubuh kucing secara menyeluruh, buka atau seka bulunya untuk bisa melihat keadaan kulit yang terluka dan letak lukanya dengan jelas. Pastikan seperti apa lukanya, apakah terdapat sayatan, bekas cakaran, atau akibat dari infeksi bakteri.

Mencukur Bulu di Area Yang Terluka

Jika kamu sudah menemukan letak bagian tubuh kucing yang terluka, selanjutnya adalah dengan mencukur bulu kucing di area yang terluka. Supaya lukanya bisa terbuka dengan jelas dan saat diobati, obatnya bisa menempel atau dioleskan tepat pada bagian yang terluka.

Karena kalau masih ada bulunya akan sulit mengobati lukanya dengan efektif, bisa-bisa obat tersebut malah lebih banyak menempel pada bulu si kucing daripada ke bagian kulit yang terlukanya. Maka dari itu cukup cukur bulunya sebagian di area yang terdapat lukanya saja.

Caranya kamu bisa gunakan gunting rambut untuk mencukur bulunya, lakukan secara perlahan jangan sampai mengenai lukanya. Tidak perlu sampai bulunya benar-benar tercukur botak, asalnya lukanya bisa terlihat dengan jelas dan mudah untuk di olesi obat nantinya.

Bersihkan Bagian Yang Terluka

Sebelum mengoleskan obat kunyit pada luka si kucing, ada baiknya untuk membersihkan luka si kucing yang berdarah atau kotor karena terpapar debu atau ada bulu-bulu yang menempel. Supaya obatnya dapat bekerja dengan maksimal dan tidak tercampur dengan kotoran di bulu.

Karena kalau tidak dibersihkan terlebih dahulu, bisa-bisa bakteri yang menempel di bulunya dapat menginfeksi luka si kucing serta kinerja obat yang dioleskan tidak dapat bekerja dengan baik. Makanya penting sekali untuk membersihkannya terlebih dahulu sebelum diolesi obat.

Caranya cukup mudah, kamu bisa membersihkannya dengan menggunakan cotton bud yang dibasahi air alkohol supaya tidak infeksi juga. Lap atau seka darah dan bagian yang terkena debu atau kotoran yang menempel di lukanya sampai benar-benar bersih tanpa ada sisa kotoran.

Cara Penggunaan Kunyit Pada Luka

Selanjutnya adalah tahap akhir dalam mengobati luka menggunakan kunyit, sebelum itu pastinya kamu sudah menyediakan beberapa butir kunyit untuk diolah dijadikan obat. Caranya kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut di bawah ini dengan baik dan benar, yaitu:

  1. Sediakan beberapa kunyit yang masih utuh
  2. Hancurkan terlebih dahulu kunyitnya bisa di parut ataupun di blender sampai halus
  3. Pastikan luka kucing sudah bersih
  4. Ambil kunyit yang sudah dihaluskan tersebut untuk dioleskan pada bagian yang terluka
  5. Oleskan sedikit demi sedikit (bisa gunakan cotton bud sebagai alat bantu agar lebih steril)
  6. Tunggu sampai kunyit mengering dan meresap ke kulit kucing yang terluka
  7. Kalau sudah kering bisa balut lukanya atau tutup dengan kain bersih supaya tidak terkena debu atau radikal bebas lainnya serta supaya lebih penyembuhannya lebih efektif.
  8. Jangan lupa juga untuk mengganti kain dan mengoleskan ulang kunyit sampai lukanya benar-benar sembuh mengering.

Itulah beberapa cara mengobati luka kucing dengan kunyit yang mungkin perlu untuk kamu ketahui, siapa tau kucing kamu tiba-tiba terluka dan bisa segera kamu obati dengan cara yang sederhana dan bisa kamu lakukan sendiri di rumah menggunakan bahan alami dari kunyit.

Jika luka kucing terlalu parah sebaiknya bawa ke dokter hewan untuk di cek langsung dan di obati dengan bantuan medis. Gunakan kunyit hanya untuk luka ringan saja, sekiranya tidak begitu parah karena takutnya luka pada kucing memburuk. Good Luck semoga membantu.