Thursday, 18 Jul 2024

Cara Mengolah Buah Pir Untuk Batuk

3 minutes reading
Thursday, 31 Aug 2023 21:48 0 184 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Pastinya sudah tidak asing lagi mendengar buah Pir yang dimana buah ini ternyata bisa membantu untuk mengatasi dan meredakan batuk, lalu bagaimana cara mengolah buah Pir untuk batuk? Untuk mengetahui caranya bisa dengan simak ulasan di bawah ini.

Buah Pir adalah salah satu jenis buah yang kerap dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia yaitu Pir asia (Pyrus pyrifolia) dikarenakan buah Pir ini yang mempunyai karakteristik manis, asam dan juga renyah, buah Pir yang berasal dari daerah beriklim tropis di Asia, Eropa Barat dan juga Afrika Utara.

Cara Mengolah Buah Pir Untuk Batuk

Cara Mengolah Buah Pir Untuk Batuk

Buah pir memiliki rasa manis, renyah dan segar ini yang ternyata mengandung banyak air serta memiliki manfaat yang melimpah untuk kesehatan, beragam kandungan vitamin dan nutrisi didalamnya yang banyak seperti serat, asam folat, vitamin B, vitamin C, vitamin K, potasium dan juga magnesium.

Sehingga tidak heran jika terdapat banyak manfaat yang didapatkan dari buah Pir tersebut berkat beragam kandungan vitamin dan juga nutrisi lainnya, dengan mengkonsumsi buah Pir setiap hari yang sangat baik untuk kesehatan pencernaan berkat kandungan serta didalamnya.

Tidak hanya itu saja buah Pir juga yang sangat baik dikonsumsi untuk mereka yang sedang menjalankan program diet atau menurunkan berat badan, hal tersebut dikarenakan buah Pir yang mengandung kalori yang rendah sehingga mengkonsumsi buah Pir sebagai pengganti cemilan pagi maupun sore.

Bahkan dengan mengkonsumsi buah Pir yang baik untuk kesehatan kulit dan juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh dan yang terbaru lagi buah Pir ini yang ternyata dapat membantu untuk meredakan batuk, ingin mengetahui cara mengolah buah Pir untuk batuk agar bisa mendapatkan manfaatnya secara maksimal bisa dengan simak caranya sebagai berikut:

  • Terlebih dahulu pastikan buah Pir yang sudah dicuci hingga bersih dengan menggunakan air yang mengalir.
  • Jika buah Pir sudah di cuci selanjutnya potong sekitar 1/3 bagian atas buah Pir.
  • Lalu buat sedikit lubang pada bagian atas buah Pir yang telah dipotong sampai membentuk mangkuk, tidak perlu terlalu lebar karena ini hanya digunakan untuk menampung jahe.
  • Pastikan jahe yang akan digunakan sudah dicuci dan di geprek.
  • Selanjutnya tambahkan sedikit jahe yang telah di geprek sebelumnya.
  • Tutup kembali dengan buah Pir pada bagian atasnya yang telah dipotong sebelumnya.
  • Silahkan kukus ke dalam kukusan yang telah dipanaskan sebelumnya.
  • Kukus buah Pir selama 40 hingga 60 menit.
  • Jika sudah matang buah Pir sudah siap dikonsumsi.

Konsumsi buah Pir yang telah dikukus ini selagi masih hangat yang akan menambah rasa nikmat, kandungan air yang terdapat di dalam buah Pir yang banyak akan memberikan sensasi segar pada tenggorokan, selain itu juga dengan tambahan jahe akan membuat tenggorokan menjadi terasa hangat.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai dengan beberapa cara mengolah buah Pir untuk batuk yang dapat kamu coba lakukan dan terapkan dengan mudah di rumah, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat selamat mencoba untuk merasakan manfaatnya dengan maksimal.