Saturday, 22 Jun 2024

Cara Mengolah Buah Zaitun

3 minutes reading
Wednesday, 4 Jan 2023 11:32 0 193 Sri Lasmawati

Nesivaerse.com – Buah Zaitun yang biasa dikenal dengan minyak zaitun dengan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, lalu bagaimana cara mengolah buah Zaitun untuk mengetahui caranya kamu bisa dengan menyimak ulasannya dibawah ini.

Buah Zaitun yang memiliki ukurannya yang kecil berwarna hijau, namun walaupun ukurannya kecil tetapi terdapat banyak manfaatnya yang baik untuk kesehatan dari buah Zaitun ini.

Bahkan jika kita mengkonsumsi buah Zaitun secara rutin yang telah diklaim dapat membantu dalam mencegah berbagai macam penyakit serius yaitu seperti penyakit kanker dan juga penyakit jantung, untuk mendapatkan manfaat tersebut yaitu dengan berbagai cara salah satunya dengan menjadi minyak zaitun tahu di campur ke dalam salad.

Untuk kamu yang ingin tahu dengan cara mengolah buah Zaitun menjadi minyak maka kamu bisa dengan menyimak ulasan di bawah ini.

Cara Mengolah Buah Zaitun

Cara Mengolah Buah Zaitun

Dimana untuk buah Zaitun ini yang lazim didapatkan di Indonesia, sehingga dengan begitu untuk proses pengolahan yang dilakukan dengan jumlah yang besar untuk bisa memenuhi produksi minyak zaitun, namun sebelum ke cara cara mengolah buah Zaitun tentu saja kamu juga perlu tahu kandungan nutrisi yang terdapat didalam buah tersebut.

Buah Zaitun yang memang memiliki manfaat dan khasiat yang sangat beragam hal ini dikarenakan terkandung nutrisi didalamnya, dimana dalam 100 gram buah Zaitun yang terkandung kalori sekitar 115 dan juga kandungan nutrisi lainnya seperti 3,5 gram serat, 1 gram protein, 1560 mg natrium, 42 mg kalium, 11 gram asam lemak tak jenuh, 20 mg vitamin A, 4 mg vitamin E, 52 mg kalsium dan juga 11 mg magnesium.

Selain itu juga buah Zaitun ini yang mengandung zat besi, fosfor, polifenol dan selenium didalamnya yang bisa membawa berbagai macam manfaat yang sangat baik untuk kesehatan, sehingga dengan begitu tidak heran jika banyak orang yang menggunakan buah Zaitun atau olahan minyak Zaitun.

Untuk kamu yang ingin tahu dengan cara mengolah buah Zaitun menjadi minyak yang bernutrisi, maka berikut cara proses pembuatannya.

  • Terlebih dahulu siapkan buah Zaitun yang matang atau mentah.
  • Lalu cuci buah Zaitun hingga bersih dan pilih buah yang bagus untuk mendapatkan hasil yang terbaik.
  • Pisahkan antara daging dan bijinya, lalu blender atau hancurkan hingga menjadi pasta.
  • Tambahkan air panas dengan perbandingan 1:5 untuk air dan pastanya.
  • Untuk adonan pasta yang telah dicampur dengan air lalu digiling menjadi sebuah adonan halus.
  • Jika sudah dicampurkan lalu pasta Zaitun yang dapat diaduk-aduk dengan gerakan memutar dengan cepat.
  • Nantinya lama kelamaan pasta Zaitun akan muncul minyak dan biasanya untuk proses ini dikenal dengan proses malaxing.
  • Gunakan kain mesh atau kain katun untuk menyaring pasta zaitun untuk mendapatkan hasil ekstrak minyak zaitun yang jernih.
  • Kemudian tutupi pasta dengan menggunakan balutan kain secara sempurna dan letakkan pemberat yang bertujuan untuk menekan pasta Zaitun tersebut.
  • Biarkan selama 30 menit dan tekan-tekan setiap 5 hingga 10 menit sekali menggunakan tangan, untuk cara ini bertujuan membuat ekstrak minyak Zaitun yang keluar lebih cepat dari pasta tersebut.
  • Lalu pisahkan minyak dari sari buah.
  • Siapkan botol kaca buram yang bersih dan lakukan sterilisasi agar kandungan dari minyak Zaitun tidak terkontaminasi dengan virus atau bakteri dan ini bertujuan agar minyak Zaitun lebih awet.

Dengan menggunakan botol kaca yang buram yang berguna untuk mengurangi paparan sinar matahari yang dapat merusak nutrisi didalam minyak Zaitun tersebut dan pastikan menutup tutup botol dengan rapat, minyak zaitun ini bisa digunakan sebagai bahan makanan atau bisa juga dicampur dengan salad.

Mungkin hanya itu ulasan mengenai cara mengolah buah Zaitun yang diolah menjadi minyak Zaitun, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.