Saturday, 22 Jun 2024

Cara Mengolah Limbah Plastik Menjadi Kerajinan

4 minutes reading
Tuesday, 7 Feb 2023 19:14 0 291 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Pastinya sudah diketahui bahwa sampai plastik yang sangat sulit terurai dibandingkan dengan dedaunan, sehingga dengan begitu agar sampah plastik tidak menumpuk maka ada lebih baiknya untuk mengetahui cara mengolah limbah plastik menjadi kerajinan.

Dengan penggunaan plastik yang berlebihan yang ditambah dengan pengelolaan sampah buruk yang bisa berdampak negatif bagi bumi dan tentunya untuk kalian juga, sehingga untuk sampah plastik bekas yang ternyata bisa diolah menjadi berbagai barang yang lebih berguna menjadi salah satu alternatif yang tepat.

Dampak negatif bagi bumi dari sampah yang menumpuk yaitu bisa mengakibatkan tempat pembuangan sampah yang meluap, mengotori lautan, menimbulkan sumbatan di sungai sehingga pada saat musim hujan yang akan menimbulkan banjir.

Dengan begitu untuk cara mengolah limbah plastik menjadi kerajinan ini yang menjadi salah satu hal yang sangat penting perlu kamu ketahui, nah untuk kamu yang ingin tahu dengan cara nya maka bisa dengan simak ulasannya dibawah ini.

Cara Mengolah Limbah Plastik Menjadi Kerajinan

Cara Mengolah Limbah Plastik Menjadi Kerajinan

 

Konsumsi produk dari bahan kemasan plastik ini yang meningkatkan signifikan hal ini yang dikarenakan plastik merupakan bahan yang dianggap nyaman dan juga serba guna, tetapi infrastruktur di dalam pengelolaan sampah yang nantinya tidak akan berjalan beriringan.

Sehingga mengakibatkan penumpukan sampah dan sulit untuk dikelola dengan baik, terdapat dua jenis sampah plastik yang mudah ditemukan yaitu kantong plastik dan juga botol plastik, untuk bekas minuman kemasan ini yang dapat diolah menjadi barang yang berguna sehingga sampah tidak menumpuk.

Dengan mengetahui cara mengolah limbah plastik menjadi kerajinan ini yang bisa membuat lingkungan tetap bersih dan juga terjaga dengan sangat baik, adapun untuk caranya yang bisa kamu coba dan terapkan yaitu sebagai berikut.

Membuat Celengan

Cara mengolah limbah plastik menjadi kerajinan tangan dari botol plastik bekas yaitu dibuat celengan dan ini selain menjadi barang yang berguna namun kamu juga bisa sekalian untuk menanamkan kebiasaan dalam menabung dan juga mendaur ulang botol plastik bekas tersebut.

Dimana untuk membuat celengan dari botol plastik bekas ini kamu bisa dengan membentuknya seperti babi atau membuat sesuai dengan hewan kesayangan kamu, kamu kreasikan dengan semaksimal mungkin untuk bisa menghasilkan celengan yang paling terbaik.

Membuat Taman Vertikal

Dengan memiliki banyak botol plastik bekas yang bisa dibuat menjadi taman vertikal dengan membuat beberapa pot, kemudian kamu rangkai pot yang diisi dengan tanaman bunga tersebut di taman atau di tembok rumah.

Sehingga dengan menggunakan cara mengolah limbah plastik menjadi kerajinan tangan dari botol plastik bekas menjadi taman vertikal yang akan menghemat uang dan juga mempercantik rumah, selain itu juga udara yang menjadi lebih sehat dan pikiran menjadi tenang.

Membuat Tempat Pensil

Untuk sampah botol plastik botol yang bisa kamu jadikan sebagai kerajinan tangan yaitu membuat tempat pensil, dimana dengan membuat kerajinan yang satu ini kamu bisa menyimpan berbagai pensil warna, pulpen, pensil, penggaris atau alat tulis yang lainnya sehingga menjadi lebih rapi.

Untuk cara membuat tempat pensil dari botol plastik bekas ini cukup mudah dimana kamu hanya perlu dengan membelah botol menjadi dua bagian yang secara vertikal, kemudian kamu pasangkan resleting sehingga dengan begitu akan lebih mudah untuk dibuka atau ditutup.

Membuat Pot

Untuk kamu yang memiliki banyak botol plastik bekas di rumah maka kamu bisa dengan menggunakannya dan dibuat menjadi pot tanaman yang sangat berguna, bahkan selain itu juga yang akan menghemat uang sehingga kamu tidak perlu untuk membeli pot yang baru.

cara mengolah limbah plastik menjadi kerajinan tangan menjadi pot tanaman sendiri cukup mudah, kamu bisa membuat pot yang digantung kemudian dihias sesuai dengan keinginan kamu dan tentunya akan terlihat menjadi lebih cantik.

Selain  sampah botol plastik yang bisa dijadikan untuk kerajinan tangan, tentu saja terdapat sampah plastik lainnya yaitu kantong plastik yang dapat menimbulkan banyak masalah, sehingga dengan begitu kamu perlu mengetahui cara mengolah sampah kantong plastik dengan baik.

Menjadi Kantong Plastik Cadangan

Kantong plastik cadangan tentunya dibutuhkan pada saat kamu bepergian untuk membungkus beberapa barang seperti baju kotor atau barang lainnya, sehingga dengan begitu tas akan tetap bersih dan juga terlindungi dari kotoran barang-barang tersebut.

Menjadi Plastik Tempat Sampah

Untuk kamu yang memiliki sampah kantong plastik maka bisa kamu manfaat untuk menjadi plastik tempat sampah, sehingga dengan begitu nantinya sampah yang menumpuk dapat diangkat dan diikat secara langsung tanpa perlu mengotori tempat sampahnya dan tentunya ini menjadi lebih mudah.

Memberikan ke Bank Sampah atau Pemulung

Untuk cara mengolah sampah plastik yang bisa kamu lakukan seperti botol plastik yang bisa dengan memberikannya ke pemulung atau bank sampah, sehingga dengan begitu nantinya akan didaur ulang dan kamu bisa mengumpulkannya terlebih dahulu dan sampah botol ini yang bisa menjadi bernilai sejumlah uang.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai cara mengolah limbah plastik menjadi kerajinan tangan yang bisa kamu coba dan terapkan dengan mudah selain berguna dan tentunya mengurangi sampah plastik, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.