Wednesday, 17 Jul 2024

Cara Menjodohkan Burung Merpati

5 minutes reading
Monday, 30 Oct 2023 21:02 0 257 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Mungkin sebagian orang yang masih bingung dengan cara menjodohkan merpati dan bahkan belum tahu dengan caranya, namun jangan khawatir pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai dengan bagaimana cara menjodohkan burung merpati yang benar dan untuk itu yuk simak.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa burung merpati menjadi salah satu burung yang memiliki banyak peminatnya hingga sekarang ini terutama para pecinta burung, dimana burung merpati yang berleher pendek dan berbadan kekar.

Burung merpati juga yang mempunyai paruh pendek ramping dengan ceres atau lubang hidung yang berdaging pada spesies tertentu, untuk makanan utama burung merpati yaitu buah-buahan, biji-bijian dan rempah-rempah.

Dalam memelihara burung merpati bisa dikatakan cukup mudah apalagi memeliharanya karena hobi yang akan lebih menyenangkan, walaupun hobi memelihara burung merpati yang membutuhkan tenaga dan juga pengeluaran yang lumayan banyak tetapi semua itu bukan menjadi penghalang untuk penghobi lainnya.

Bahkan mereka yang berlomba-lomba melatih burung merpati kesayangannya sampai menjadi sebuah player, dimana untuk harga burung merpati yang cukup bervariasi tergantung dengan karakter terbang dan juga kestabilan kolong pada saat burung merpati di terbangkannya.

Sehingga dengan begitu kamu tentu saja harus bisa memilih burung merpati yang bagus dengan memiliki karakter stabil kolong, perlu diketahui bahwa bermain burung merpati itu yang mengandalkan burung merpati betina agar jantan mau turun pada saat sedang terbang.

Oleh karena itu pada setiap burung merpati yang harus mempunyai jodoh agar bisa dimainkan, namun jika burung merpati milik kamu belum dijodohkan maka tentu saja burung merpati tersebut yang tidak bisa untuk dimainkan.

Untuk kamu yang belum tahu dan ingin tahu lebih lanjutnya mengenai dengan cara menjodohkan merpati, maka untuk mengatasinya bisa dengan simak penjelasannya dibawah ini dengan seksama.

Cara Menjodohkan Merpati

Cara Menjodohkan Burung Merpati

Sebenarnya terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjodohkan burung merpati yang bisa dikatakan sangat mudah dan juga praktis, tetapi ternyata masih ada sebagian orang awam atau pemula yang belum memahami dengan bagaimana cara menjodohkan merpati tersebut.

Dalam proses menjodohkan burung merpati sendiri yang umumnya yang akan memerlukan waktu selama 3 sampai 7 hari saja, tetapi memang ada beberapa burung merpati yang memang cukup susah untuk dijodohkan sampai memerlukan waktu yang cukup lama dan bahkan ada juga yang sama sekali tidak bisa atau tidak mau untuk dijodohkan.

Selain itu juga kamu sebagai pemiliknya haru memperhatikan pejantan burung merpati apakah mau dijodohkan dengan burung merpati betina tersebut, jika burung merpati jantan tersebut mau maka kamu memerlukan beberapa cara dibawah ini yang bisa kamu coba terapkan yaitu sebagai berikut:

Dengan Menjemur Burung Merpati Secara Terpisah

Untuk cara menjodohkan burung merpati yang pertama kali kamu harus lakukan yaitu burung merpati jantan dan burung merpati betina yang dijemur secara terpisah dan bersebelahan, hal ini yang bertujuan agar kedua burung merpati tersebut dapat saling mengenal agar pada saat disatukan dalam kandang tidak galak dan lakukan cara ini selama 1 hari saja.

Dengan Memandikan Kedua Burung Merpati

Selanjutnya untuk cara menjodohkan merpati yang harus kamu lakukan yaitu dengan memandikan kedua burung merpati tersebut sampai basah kuyup, untuk cara yang satu ini bisa kamu lakukan di hari kedua setelah melakukan proses pengenalan.

Dimana dengan memandikan kedua burung merpati ini bertujuan agar kedua burung jantan dan betina dapat melupakan pasangan yang dulu dan dapat fokus hanya kepada pasangan yang sekarang ini.

Dijemur Bersamaan

Jika burung merpati jantan dan burung merpati betina sudah dimandikan kemudian kamu bisa menjemur kedua burung tersebut agar cepat kering, dengan menjemur bersamaan yang bertujuan agar kedua burung merpati yang dapat saling berinteraksi satu sama lain.

Tetapi untuk cara atau proses yang satu ini kamu yang harus terus mengamatinya untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan, sehingga membuat burung merpati betina yang menjadi tidak mau kawin.

Dengan Memasukkan Burung Merpati Ke Dalam Kandang

Untuk cara menjodohkan merpati atau proses selanjutnya bisa kamu lakukan yaitu dengan memasukkan kedua burung merpati ke dalam sangkar atau kandang, pastikan kamu menggunakan kandang dengan memiliki ukuran besar dengan terdapat box kecil di dalamnya untuk rumahnya agar burung merpati menjadi lebih leluasa.

Untuk pada proses atau cara menjodohkan merpati yang satu ini burung merpati yang akan melakukan proses perkawinannya di dalam sangkar atau kandang, sehingga pastikan kandang yang akan digunakan nyaman.

Setelah kamu mengetahui dengan beberapa cara menjodohkan merpati yang diatas selanjutnya kamu juga harus mengetahui dengan tips agar bisa menjodohkan burung merpati menjadi lebih mudah dan untuk beberapa  tipsnya yaitu sebagai berikut:

Memastikan Burung Merpati Sudah Birahi

Jika burung merpati yang sudah birahi maka akan secara otomatis pada saat menjodohkannya menjadi sangat cepat dan juga mudah, tanda-tanda burung merpati jantan sudah birahi yaitu mengeluarkan suara sekaligus menggembungkan seluruh bulunya.

Sedangkan untuk burung merpati betina yang sudah birahi mereka yang akan menganggukan kepalanya pada saat burung jantan bersuara, sehingga dengan begitu kamu bisa mengetahui burung merpati kamu apakah sudah dalam tahap birahi atau belum.

Memilih Burung Merpati Betina Berwarna Cerah

Dalam proses cara menjodohkan burung merpati sebaiknya kamu menggunakan burung merpati betina dengan memiliki warna yang cerah atau unik, hal ini yang bertujuan agar burung merpati jantan lebih mudah untuk memahami burung merpati betina.

Bahkan selain itu juga burung merpati jantan menjadi lebih mudah melihatnya walaupun sedang terbang tinggi, sehingga dengan begitu maka burung merpati jantan yang tentu saja akan turun secara cepat dan tepat pada burung merpati betina.

Memilih Burung Merpati Betina Sudah Dewasa

Selanjutnya untuk tips dalam menjodohkan burung merpati yaitu dengan menggunakan burung merpati betina yang sudah dewasa, hal ini bertujuan agar nantinya burung merpati betina dapat bertelur secara rutin.

Karena untuk burung betina yang masih muda atau belum dewasa yang biasanya akan tidak teratur untuk bertelur, sehingga hal ini yang bisa mempengaruhi kinerja dari burung merpati jantan.

Mungkin hanya itu saja untuk beberapa cara dan juga tips yang bisa kamu ketahui dan lakukan dalam proses menjodohkan burung merpati yang baik dan benar, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat selamat untuk mencoba dan semoga berhasil.