Monday, 17 Jun 2024

Cara Menyelamatkan Anak Kucing Baru Lahir Lemas Tidak Bergerak

4 minutes reading
Monday, 17 Jul 2023 15:09 0 342 Sela Rahma

Nesiaverse.com – Bagaimana ya cara menyelamatkan anak kucing baru lahir lemas tidak bergerak? Langsung saja baca artikel ini sampai selesai, jika kamu ingin mengetahuinya dan memahaminya dengan baik dalam menolongnya atau menyelamatkan anak kucing baru lahir.

Sering banget terkejut saat berpapasan atau menemui anak kucing yang baru lahir terlantar dengan keadaan yang masih lemas tak berdaya tidak bergerak sama sekali. Pengen nolongin tapi gak tau apa yang harus dilakukan karena takut salah dan sok tau jadinya malah serba salah.

Tapi kalo didiemin takut mati gitu aja atau bahkan bisa saja jadi santapan hewan liar lainnya! Kasihan banget dan gak bakalan setega itu kan buat ninggalin? Setidaknya kamu dapat menolongnya dan membawanya ke rumah untuk dirawat dari pada ditelantarkan begitu saja.

Jadi bagaimana dong cara menyelamatkannya agar tidak lemas dan bisa bergerak lagi? Tenang dulu! Kamu sudah mengunjungi artikel yang tepat. Disini akan dijelaskan dan memberikan tips atau cara saat kamu hendak ingin menolong si bayi kucing yang tak berdaya. Jadi simaklah!

Cara Menyelamatkan Anak Kucing Baru Lahir Lemas Tidak Bergerak

Cara Menyelamatkan Anak Kucing Baru Lahir Lemas Tidak Bergerak

Sebelum itu ada hal yang perlu kamu ketahui sebagai catlovers, bahwasannya saat si anak kucing baru lahir mereka memang tidak akan bisa bergerak, mendengar, bahkan membuka mata juga masih belum bisa dilakukan.

Jadi memang sudah sewajarnya kucing terlihat lemas dan tidak bergerak karena baru saja lahir. Masih belum memiliki energi yang cukup untuk bergerak serta bersuara juga sangat masih sulit untuk dilakukan si kucing.

Maka dari itu kamu tidak perlu panik dulu ya catlovers! Anak kucing memang masih sangat lemah saat baru lahir. Namun, jika memang kondisinya sangat buruk kamu bisa segera menyelamatkannya dengan cara sebagai berikut:

Memberikan Pertolongan Pertama

Langkah pertama adalah dengan memberikan pertolongan pertama pada si anak kucing. Kamu bisa memberikannya pertolongan yang mendasar terlebih dahulu, yaitu dengan memindahkannya ke kardus supaya tidak kotor dan merasa agak lebih nyaman untuk si kucing. Menjaga suhu tubuhnya ketempat yang lebih hangat atau bisa juga memberikannya kain bersih untuk menyelimutinya.

Jika memang dirasa sudah mulai sedikit bergerak dan kondisinya cukup membaik, bawalah si kucing ke rumah kamu untuk memberinya tempat tinggal yang nyaman dan tenang dari gangguan atau kebisingan supaya terasa lebih tenang dan nyaman. Pindahkan si kucing dari kardus tadi ke kandang atau tempat tidur yang lebih hangat dan bersih pastinya, agar si kucing beristirahat terlebih dahulu hingga kondisinya lebih membaik.

Memberikan Perawatan

Langkah kedua adalah dengan memberikannya perawatan. Jika langkah pertama sudah kamu lakukan dan kondisi si kucing sudah semakin membaik dan sudah mulai bisa bergerak selanjutnya adalah dengan merawatnya hingga tumbuh dengan sehat. Berikan perawatan khusus untuk si kucing supaya pulih dengan baik dengan memberinya asupan nutrisi dan gizi yang cukup agar bisa bertahan hidup sampai dewasa nanti.

Jika tidak bisa mendapatkan ASI dari si induknya, kamu bisa mulai memberikannya susu formula untuk asupan makanan atau minumannya kepada si kucing. Sehingga membantu memperkuat dan memberikan energi untuk si kucing supaya lebih bertenaga dan tidak lemas. Rutin secara teratur dalam memberikannya susu dengan takaran yang sudah ditentukan dalam petunjuk agar si kucing tumbuh dan berkembang dengan sehat.

Membawanya ke Dokter Hewan

Terakhir adalah dengan membawanya ke dokter hewan. Jika kamu memang tidak ingin atau tidak bisa merawatnya sendiri, kamu bisa membawanya ke dokter hewan terdekat agar mendapatkan pertolongan medis yang lebih baik dan maksimal untuk menyelamatkan si kucing yang sedang tidak berdaya. Dengan begitu akan ditangani langsung oleh ahlinya sehingga si kucing terselamatkan ditangan yang tepat.

Sehingga kamu tidak perlu khawatir lagi dengan si kucing yang lemas dan tidak bisa bergerak itu, karena sudah tertolong oleh kamu dengan membawanya ke dokter hewan dan mendapatkan perawatan yang lebih higienis oleh ahlinya. Si kucing selamat dan kamu pun merasa lebih plong dan lega melihatnya, dengan begitu kamu bisa mengadopsinya jika sudah benar-benar sehat dan dapat bergerak lagi.

Itulah beberapa cara menyelamatkan anak kucing baru lahir lemas tidak bergerak yang bisa segera kamu lakukan untuk menolongnya agar tidak mati. Selalu pastikan terlebih dahulu apakah si kucing masih bernafas atau tidak sebelum kamu ingin menyelamatkannya supaya bisa mengetahui terlebih dahulu mengenai kondisinya.

Jangan langsung menyentuhnya, pastikan dan perhatikan dulu apakah si kucing memang sedang sakit akibat virus atau tidak. Hal ini dilakukan agar kamu terhindar dari virus yang berasal dari kucing yang mungkin saja sudah terkena virus sehingga membuatnya lemas tidak bergerak. Good Luck semoga membantu dan stay safe!