Monday, 17 Jun 2024

Cara Merangsang Pohon Durian Agar Cepat Berbuah

3 minutes reading
Sunday, 13 Aug 2023 03:27 0 185 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Tidak sedikit para petani yang menanam pohon Durian yang ternyata sudah lama membudidaya tanaman  tersebut tetapi hasilnya yang belum maksimal, agar pohon Durian cepat berbuah maka kamu harus tahu cara merangsang pohon Durian agar cepat berbuah.

Dimana umumnya untuk masa panen pohon yang ditentukan dari jenis buah Durian dan Durian lokal yang umumnya akan berbuah di usia sekitar 8 sampai 10 tahun masa tanam tetapi ada juga cara agar pohon Durian cepat berbuah.

Dalam hal ini yang diperlukan sebuah cara atau trik merangsang pohon Durian agar cepat berbuah dan bisa sering berbuah yaitu dengan memaksa pohon tersebut agar cepat berbunga tanpa harus menunggu sampai waktu yang lama.

Cara Merangsang Pohon Durian Agar Cepat Berbuah

Cara Merangsang Pohon Durian Agar Cepat Berbuah

Adapun untuk beberapa cara merangsang pohon Durian agar cepat berbuah yaitu sebagai berikut:

Faktor Genetik

Faktor genetik yang menjadi salah satu penentu cepat lambatnya tanaman tersebut berbuah didalam tradisional untuk sebutan tanaman yang berbuah cepat yang dikenal dengan nama tanaman genjah.

Pilih jenis tanaman Durian dengan memiliki kemampuan berbuah yang lebih cepat dibandingkan dengan jenis durian yang lainnya.

Bisa dilihat dari varietas keunggulan dimiliki seperti memiliki kemampuan berbuah dengan waktu yang relatif singkat, untuk jenis Durian yang cepat berbuah yaitu Durian Bawor berasal dari Banyumas.

Durian Petruk dari Jepara, Durian Pelangi dari Papua Barat dan Manokwari, Durian Musang King dari Malaysia dan juga Durian Montong.

Memperbanyak Vegetatif

Perlu diketahui untuk memperbanyak tanaman Durian yang dapat dilakukan dengan menggunakan dua cara yaitu dengan perbanyak secara generatif dan juga vegetatif.

Dengan perbanyakan secara generatif yaitu menggunakan biji sedangkan untuk perbanyakan secara vegetatif  yaitu menggunakan organ vegetatif seperti batang, akar atau daun.

Dengan perbanyakan vegetatif yang memiliki keunggulan salah satunya dapat membuat tanaman menjadi cepat berbuah, biasanya jenis perbanyakan vegetatif sering dilakukan pada tanaman Durian yaitu cangkok dan penyambungan.

Pilih cabang batang yang umurnya masih relatif dewasa dengan tinggi kurang lebih sekitar 2 meter, sedangkan untuk teknik penyambungan sangat beragam dari sambung susuan, okulasi atau grafting.

Melukai Batang Tanaman

Dengan memberikan perlakuan pelukaan pada batang tanaman Durian yang secara fotosintesis dari batang ke akar akan terganggu, dengan hasil fotosintesis akan mengumpul pada batang, cabang, daun dan juga ranting.

Untuk nutrisi yang tertimbun pada bagian tersebut akan digunakan oleh tanaman untuk mempercepat proses pembungaan dan tanaman akan menjadi lebih cepat berbuah.

Mengatur Intensitas Penyinaran dan juga Pengairan

Dimana mengatur intensitas penyinaran dan juga pengairan yang menjadi salah satu cara agar tanaman Durian tersebut cepat berbuah, sehingga selalu pastikan tanaman Durian tersebut tidak ternaungi dan juga bisa mendapatkan sinar matahari yang cukup.

Hal ini juga yang berlaku pada pengairan dengan pemberian air yang cukup di awal penanam yang bisa menunjang pertumbuhan tanaman dan pengairan baru dikurangi pada saat tanaman mulai berbunga dan juga berbuah.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai dengan beberapa cara merangsang dan memaksa pohon Durian agar cepat berbuah bisa kamu coba lakukan dan terapkan, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat selamat mencoba.