Thursday, 18 Jul 2024

Cara Merawat Burung Perkutut Anakan

4 minutes reading
Monday, 9 Oct 2023 15:29 0 236 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Memang dalam memelihara burung perkutut termasuk anaknya yang menjadi salah satu hobi yang sangat menyenangkan, dalam merawat burung perkutut anakan tentu saja harus dilakukan dengan baik dan benar lalu bagaimana cara merawat burung perkutut anakan? Untuk mengetahuinya yuk simak penjelasannya disini.

Mungkin kamu ingin mencoba memelihara burung perkutut yang masih anakan atau mungkin kamu menemukan seekor anak burung perkutut di depan rumah, sehingga jika berniat memelihara burung tersebut tentu saja sangat penting untuk mengetahui dengan cara merawat burung perkutut anakan.

Karena dalam merawat burung perkutut anakan yang tidak boleh dilakukan sembarangan, kamu harus melakukannya dengan baik dan benar, dimana burung perkutut sendiri yang dikenal sebagai jenis burung peliharaan dengan memiliki suara kicau yang merdu dan juga sikapnya mudah bersahabat dengan manusia.

Tetapi hal tersebut yang semuanya tergantung pada pemiliknya jika memelihara dengan baik maka burung perkutut tersebut yang pastinya akan merasa nyaman dan menyenangkan, sehingga sangat jelas perlakukan yang kamu berikan jangan asal-asalan.

Sebenarnya untuk cara merawat burung perkutut anakan yang baru lahir yang bisa dilakukan cukup mudah, dimana kamu hanya cukup dengan memberikan makanan yang bernutrisi dan bergizi serta memberikan kehangatan yang cukup.

Karena memang anak burung perkutut yang baru lahir belum mempunyai bulu untuk menghangatkan tubuhnya sendiri, oleh karena itu kamu bisa dengan memberikan kehangatan agar suhu tubuh burung perkutut anakan tetap hangat dan juga nyaman.

Nah untuk kamu yang ingin lebih jelasnya lagi dengan cara merawat burung perkutut anakan dengan baik dan benar, maka kamu bisa dengan simak penjelasannya dibawah ini.

Cara Merawat Burung Perkutut Anakan

Cara Merawat Burung Perkutut Anakan

Untuk cara merawat burung perkutut yang tentunya sangat beragam dan kamu tidak dapat menyamaratakan cara merawat burung yang biasa kamu lakukan pada semua jenis burung perkutut, jika untuk perawatan anak burung perkutut di sarankan menggunakan metode khusus.

Karena anakan burung perkutut yang sangat sensitif dan jika melakukan kesalahan sedikit saja maka proses pertumbuhannya yang akan terganggu, sama halnya seperti bayi pada umumnya anak burung perkutut juga yang belum dapat memenuhi kebutuhannya sendiri.

Adapun untuk cara merawat burung perkutut anakan yang baik dan benar bisa kamu coba terapkan yaitu sebagai berikut:

Dengan Menyiapkan Tempat yang Hangat

Salah satu untuk cara merawat burung perkutut anakan yang harus kamu lakukan yaitu memilih atau menyiapkan tempat yang hangat untuk burung perkutut anakan, selain itu juga anak burung perkutut yang harus berada di dalam keadaan yang bersih dan juga hangat hingga tubuhnya berbulu.

Oleh karena itu kamu bisa dengan menyiapkan kotak yang dilapisi dengan handuk dan ditambahkan dengan rumput kering atau jerami sebagai sarang burung perkutut anakan, lalu beri penghangat dimulai dari suhu 95 derajat dan turunkan satu derajat setiap harinya.

Jika bola lampu merah 5 watt, bola lampu berjemur merah atau alas pemanas reptil merupakan beberapa pilihan alat penghangat yang dapat digunakan untuk membantu menghangatkan anak burung perkutut tersebut, tetapi hindari menggunakan bola lampu putih atau bening yang dapat membutakan mata sensitif bayi anak burung perkutut.

Dengan Memberikan Makanan Encer

Selain menyiapkan tempat yang hangat untuk burung perkutut anakan namun untuk cara merawat burung perkutut anakan yang lainnya yaitu memberikan makanan yang encer, makanan yang encer dengan mengandung nutrisi tepat yang sangat penting untuk pertumbuhan dan kesehatan burung perkutut anakan.

Makanan tersebut yang bisa kamu dapatkan dengan membeli makanan khusus untuk anak burung perkutut atau dengan memilih makanan untuk burung yang lebih encer di toko yang menjual kebutuhan hewan peliharaan, kamu bisa mengikuti petunjuk pada kemasan makanan untuk cara pengencerannya dan juga jadwal pemberian makanan sesuai usia burungnya.

Burung perkutut yang tidak seperti banyak anak burung yang lainnya dimana burung perkutut anakan ini yang tidak akan berkicau atau membuka mulutnya untuk meminta makanan, melainkan akan meraba-raba dengan paruhnya untuk mencari makanan dan mereka akan menyedot makanan dengan menggunakan paruhnya,

Pastikan untuk menghindari membantu anak burung perkutut makan dengan memasukkan makanan ke dalam mulutnya, karena ini yang bisa memberikan dampak buruk untuk anak burung perkutut nantinya, untuk cara terbaiknya bisa dengan memberikan makanan dengan menaruhnya di sendok lalu biarkan mereka menyedotnya dengan sendiri.

Untuk anak burung perkutut yang masih baru lahir harus diberi makanan lebih sering dibandingkan untuk anak burung yang sudah lebih besar, untuk anak burung baru lahir bisa memberikan makanan yang sudah diencerkan setiap 2 jam sekali, sedangkan untuk anak perkutut yang sudah berumur lebih dari seminggu bisa diberikan makanan lebih kental dan berikan pada setiap 4-5 jam sekali.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai dengan beberapa cara merawat burung perkutut anakan yang bisa kamu ketahui dan bisa kamu coba terapkan dengan mudah, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat selamat untuk mencoba.