Thursday, 18 Jul 2024

10 Cemilan Untuk Diet Yang Bisa Dibuat Sendiri

6 minutes reading
Wednesday, 20 Sep 2023 19:17 0 235 Muti Karya

Nesiaverse.com – Ketika diet kamu tetap boleh mengundi cemilan loh namun cemilan untuk diet yang bisa dibuat sendiri juga. Cemilan justru mampu membantu kamu untuk mengontrol nafsu makan ketika kamu sedang menjalani program diet. Sehingga nantinya dapat mengurangi keinginan untuk makan. Namun, tentunya cemilan yang kamu konsumsi adalah cemilan sehat yang hanya boleh dikonsumsi ketika diet.

Salah satu kunci untuk menurunkan berat badan salah satunya adalah dengan cara melakukan defisit kalori. Yang mana asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh tidak boleh melebihi jumlah kalori yang dibakar. Ketika sedang diet, masalah kalori memang cukup sulit dipecahkan dengan cara yang praktis. Namun, kamu dapat menyiasatinya dengan cara mengkonsumsi cemilan untuk diet yang sehat. 

Cemilan Untuk Diet Yang Bisa Dibuat Sendiri 

Cemilan Untuk Diet Yang Bisa Dibuat Sendiri

Ketika tengah menjalani program diet, kamu tidak perlu sepenuhnya berhenti ngemil, Kamu cukup merupakan jenis cemilan yang dikonsumsi, yaitu cemilan yang sehat. Banyak sekali cemilan sehat yang dapat kamu konsumsi, diantaranya cemilan yang memiliki jumlah kalori yang rendah dan tinggi serat. Selain dapat mengurangi keinginan untuk makan, mengkonsumsi camilan tinggi serat akan memberikan efek kenyang yang lebih lama. 

Cemilan untuk diet yang tidak hanya harus rendah kalori, namun kamu harus memperhatikan kandungan nutrisi, protein, vitamin hingga mineral di dalamnya. Dengan mengkonsumsi cemilan yang kaya akan kandungan nutrisi, maka akan dapat membantu kamu untuk menurunkan berat badan dengan cara menekan rasa lapar lebih lama. 

Dengan begitu akan membantu kamu untuk mencegah makan atau konsumsi makanan secara berlebihan, sekaligus mampu untuk memenuhi kebutuhan asupan nutrisi dalam tubuh. Berikut kami akan memberikan beberapa rekomendasi cemilan untuk diet yang bisa dibuat atau diolah sendiri secara instan atau cepat. 

Kacang-Kacangan

Jenis cemilan pertama yang dapat kamu konsumsi dan diolah atau dibuat sendiri adalah kacang-kacangan. Cemilan satu ini merupakan salah satu cemilan ideal yang sehat dan dapat dikonsumsi dengan baik untuk mendukung program diet kamu. Kamu dapat mengonsumsi jenis kacang-kacangan seperti kacang tanah, kacang bogor, kacang mete, kacang almond hingga pistachio. 

Kacang-kacangan memiliki kandungan lemak sehat, serat serta protein. Selain itu nutrisi dalam kacang-kacangan memiliki efek yang akan mengenyangkan. Terlepas dari kalorinya yang tinggi, dalam penelitian juga menunjukan bahwa mengkonsumsi kacang dalam jumlah sedang dapat membantu menurunkan berat badan. 

Biji-Bijian

Berikutnya kamu dapat mengkonsumsi cemilan biji-bijian untuk diet yang bisa diolah atau dibuat sendiri. Biji-bijian merupakan salah satu jenis cemilan sehat yang kaya akan kandungan vitamin, zat besi, magnesium, fosfor dan kalsium. Selain itu biji-bijian juga kata akan sumber serat, lemak sehat dan bersifat antioksidan. Kamu dapat mengonsumsi jenis biji-bijian untuk cemilan diet seperti biji bunga matahari, biji labu, biji chia, flaxseed hingga biji wijen. 

Oatmeal

Oatmeal biasanya dikonsumsi sebagai salah satu pengganti karbohidrat. Oatmeal juga diolah menjadi salah satu cemilan yang sehat dan lezat untuk diet. Kamu dapat mengolah oatmeal menjadi salah satu jenis makanan yang hangat maupun dingin,sesuai selera. Selain itu oatmeal memiliki kandungan yang kaya akan serat dan tinggi protein di dalamnya. Maka, kamu akan mendapatkan efek kenyang lebih lama ketika mengkonsumsi oatmeal. 

Popcorn

Selanjutnya ada cemilan lezat dari jagung, yaitu popcorn. Popcorn memiliki kandungan serat yang tinggi namun rendah akan kandungan kalori di dalamnya. Sehingga akan sangat baik dijadikan menu cemilan ketika diet. Dalam 1 cangkir popcorn kamu akan mengonsumsi jumlah kalori hingga 33 kkal saja. Popcorn juga mampu memberikan efek kenyang lebih lama karena kandungan serat di dalamnya. 

Efek kenyang dari popcorn ini, bahkan melebihi efek kenyang ari keripik kentang dalam jumlah kalori yang sama. Manfaat dari konsumsi popcorn sebagai cemilan ini juga menjadi pilihan banyak orang, karena dapat dibuat sendiri dan sangat simpel. 

Keripik Bayam

Keripik bayam masuk deretan cemilan untuk diet yang bisa dibuat sendiri. Cemilan satu ini menjadi salah satu cemilan sehat yang populer, selain rasanya yang kaya akan kandungan nutrisinya juga cukup tinggi. Bayam memiliki kandungan serat yang cukup tinggi, sehingga mengkonsumsinya dapat mengenyangkan. Selain itu bayam tidak memiliki kandungan kolesterol namun kaya akan vitamin, mineral, kalium, zat besi, asam folat, magnesium dan masih banyak lainnya. 

Kamu dapat membuat kripik bayam ini dengan mudah. Berikut cara untuk membuat keripik bayam yang bisa kamu lakukan sendiri. 

  • Pertama, siapkan 2 sdt air jeruk nipi, setengah sdt garam dan 2 sdm minyak zaitun. 
  • Siapkan 8 ikan daun bayam utuh yang masih segar, hidar penggunaan daun bayam muda
  • Masukan seluruhnya dalam mangkuk besar pastikan setiap helai daun bayam tersentuh minyak zaitun. 
  • Lanjutkan dengan meletakan daun bayam diatas loyang yang sebelumnya dilapisi kertas roti. 
  • Kemudian mulai panggilan dalam oven dalam suhu 135 derajat kurang lebih 30 menit.
  • Selesai

Oatmeal Yogurt

Jika sebelumnya adalah oatmeal biasa, kini kamu bisa mengkombinasikan oatmeal dengan yogurt, sehingga manfaatnya menjadi jauh lebih tinggi. Meskipun cemilan oatmeal yogurt bahkan dapat menjadi salah satu menu pendukung program diet. Kamu dapat membuat cemilan oatmeal yogurt untuk diet yang bisa dibuat sendiri, berikut tata caranya. 

  • Campurkan 25 gram oatmeal, 70 gr yogurt, 60 mL susu rendah lemak dalam wadah
  • Kamu dapat menambahkan potongan buah maupun biji-bijian untuk meningkatkan nilai nutrisi dari cemilan oatmeal yogurt ini. 
  • Lanjutkan dengan menutup wadahnya, diamkan selama semalam di lemari pendingin. 
  • Selesai, bisa kamu konsumsi keesokan harinya sebagai cemilan di siang harinya 

Chia Pudding

Chia pudding merupakan salah satu cemilan sehat yang dapat kamu buat dari bahan dasar chia seed. Chia pudding ini kaya akan kandungan serat dan asam lemak omega 3 dan omega 6. Sehingga sangat baik bagi kesehatan tubuh. Kamu dapat membuat chia pudding dengan menambahkan susu, yogurt ataupun protein shake ke biji chia seed, kemudian mendinginkannya ke lemari pendingin. 

Cottage Cheese

Jika diet biasanya akan menghindari konsumsi garam yang tinggi dan makanan yang kadar lemaknya tinggi seperti keju. Maka, cemilan sehat satu ini dapat kamu konsumsi juga, yaitu cottage cheese yang mana merupakan keju sederhana yang dibuat dengan memisahkan kasein atau protein susu dengan shey. 

Cottage cheese sendiri memiliki bentuk yang menggumpal putih dengan rasa yang sedikit tawar namun cream, mirip rasa yogurt namun tidak masam sama sekali. Sehingga cottage cheese ini cocok dijadikan cemilan untuk menemani program diet kamu. 

Telur Rebus

Telur rebus adalah salah satu cemilan bahkan bisa menjadi menu utama diet juga,sebagaimana porsi dan hidangannya. Cemilan sehat satu ini memiliki kandungan protein yang tinggi, yaitu 13 gram protein dan memiliki jumlah kalori yang rendah, hanya 70 kkal saja. 

Tidak hanya protein, di dalam telur kamu bisa mendapatkan vitamin D. Dalam mengonsumsi telur, hindarilah pengolahan dengan cara menggorengnya karena akan meningkatkan jumlah kalori dari telur yang diolah menggunakan minyak. 

Seaweed

Bagi kamu yang suka sushi , maka seaweed merupakan salah satu cemilan sehat yang dapat dikonsumsi ketika kamu diet. Seaweed merupakan salah satu jenis cemilan yang rendah akan kalori, yaitu hanya 13 kkal setiap lembarnya. Pastinya kamu akan menyukai cemilan satu ini, namun tetap perhatikan jumlah konsumsi cemilan yang cukup gurih ini, jangan sampai berlebihan. 

Demikian pembahasan mengenai beberapa cemilan yang bisa kamu konsumsi untuk diet yang bisa dibuat sendiri juga. Jenis cemilan diatas memiliki cara pengolahan yang simpel dan tidak rumit, sehingga kamu bisa membuatnya sendiri bahkan tidak membutuhkan waktu lama dalam pengolahannya. Selalu pastikan tidak mengolahnya dengan cara yang tidak sehat, karena akan merusak nutrisi dan meningkatkan kandungan kalori di dalamnya.