Saturday, 22 Jun 2024

Ciri-Ciri Kucing Mau Pup

5 minutes reading
Friday, 21 Jul 2023 19:23 0 184 Sela Rahma

Nesiaverse.com – Apa saja sih ciri-ciri kucing mau pup itu? Suka tidak terduga dan pup begitu saja. Kalau begitu langsung saja baca artikel ini sampai selesai, jika kamu penasaran apa saja atau bagaimana ciri tingkah laku kucing saat ingin pup.

Sudah hal yang wajar jika makhluk hidup memiliki sistem metabolisme tubuh berupa mengeluarkan sisa-sisa makanan yang tidak penting untuk tubuh, sehingga mengharuskan kita untuk membuangnya dari perut dengan cara buang air besar.

Begitupun dengan hewan, contohnya kucing yang kamu pelihara di rumah. Pasti kucing kamu pun akan melakukan hal yang sama karena termasuk makhluk hidup yang memiliki sebagian kesamaan dalam sistem kerja tubuh layaknya manusia.

Kalau kamu pasti akan mengalami sakit perut dulu kan? Sebagai ciri atau tanda ingin pup. Nah, kucing juga punya cirinya saat ia akan pup itu bagaimana dan gimana. Maka dari itu simaklah ciri-ciri kucing mau pup di bawah ini supaya kamu mengetahuinya.

Ciri-Ciri Kucing Mau Pup

Ciri-Ciri Kucing Mau Pup

Menjadi hal yang sangat merepotkan jika kamu memiliki hewan peliharaan seperti kucing di rumah dan belum cukup terlatih untuk pup di toilet atau kotak pasir. Membuatnya menjadi pup dimana saja, bikin kamu kelelahan dan capek untuk membersihkannya.

Makanya perlu untuk kamu melatih kucing agar terbiasa pup di toilet khusus si kucing. Sebagai bentuk pelajaran dalam memperkenalkan kebiasaan-kebiasaan yang baru untuk menjadi hewan peliharaan yang nurut dan pintar dalam melakukan segala hal.

Karena jika sudah menjadi hewan peliharaan, tentu saja semua kebiasaannya perlu diubah atau ditambahkan sebagaimana dalam situasi dan kondisi tertentu. Dengan begitu kucing kamu akan semakin terlatih dan beradaptasi dengan baik di lingkungan barunya.

Nah, untuk kamu sebagai pemiliknya tentu saja perlu untuk mengetahui apa saja kebiasaan kucing saat merasa lapar, kesakitan, atau bahkan ingin pup! Disini akan menjelaskan dan memberitahumu ciri-ciri kucing mau pup. Berikut adalah ciri-cirinya:

Mengeong-ngeong

Ciri yang pertama adalah si kucing akan mulai mengeong-ngeong sebagai bentuk komunikasi kepada kamu bahwa ia ingin pup. Terkadang dengan mengeong-ngeong juga menunjukan ciri bahwa si kucing mulai gelisah karena ingin segera pup.

Dengan begitu kamu bisa langsung memindahkannya atau menyiapkan kotak pasir untuk si kucing pup agar tidak sembarangan dimana saja. Membantunya untuk segera pup di dalam kotak pasir dengan nyaman.

Mondar Mandir Kesana Kemari

Selanjutnya adalah si kucing mulai mondar mandir kesana kemari sebagai ciri atau tanda bahwa dia sedang mencari tempat atau area yang sekiranya dia nyaman untuk pup. Jika kucing kamu memang berada di rumah akan sulit untuknya mencari tempat untuk pup.

Sehingga hal itu membuatnya kebingungan dan tidak tahan untuk pup di lantai atau bahkan di tempat lain seperti kursi, meja, kasur dan lain sebagainya. Tapi jika kucing kamu sudah terlatih pup di toilet kamu tidak perlu khawatir lagi akan pup sembarangan.

Mengendus-ngendus Lantai Atau Tanah

Ciri yang berikutnya adalah mulai mengendus-ngendus lantai atau area di sekitarnya sebagai tanda bahwa kucing kamu sedang mencari area yang akan dijadikan tempat untuk pup. Jika sekiranya sudah menemukan tempat yang pas ia akan langsung pup disana.

Kalau kucing kamu sedang diluar rumah pasti ia akan mengendus-ngendus tanah yang biasa si kucing jadikan tempat untuk buang air atau pup. Beda lagi jika posisinya sedang di dalam rumah pasti akan mengendus-ngendus lantai dan bisa saja membuatnya pup di lantai.

Bertingkah Seperti Ingin Menggali Tanah

Selanjutnya ada ciri-ciri dengan bertingkah laku seperti sedang ingin menggali tanah. Nah, jika si kucing udah mulai memperlihatkan gerakan seperti ini sudah dipastikan bahwa kucing kamu memang ingin pup. Biasanya kucing memang akan menggali tanah untuk tempat ia pup.

Terus bagaimana jika di dalam rumah? Jika memang sedang di dalam ruangan, pasti kucing kamu akan mulai menggali-gali lantai yang dikiranya itu adalah tanah. Maka dari itu biasakan kucing kamu untuk segera masuk ke kotak pasir saat ingin pup dengan cara melatihnya.

Posisi Siap Untuk Jongkok

Berikutnya adalah dengan bersiap-siap untuk mengambil posisi jongkok saat kucing kamu sudah menemukan tempat yang pas untuk pup. Dengan begitu si kucing akan mulai untuk pup dan mengeluarkan feses dari anusnya sampai benar-benar keluar.

Beruntung jika kucing kamu sudah terlatih untuk pup di kotak pasir, jadi tidak perlu khawatir lagi saat si kucing memang ingin pup. Tapi jika yang belum terlatih cobalah untuk mulai mengajarkannya sesegera mungkin.

Berlari Menuju Toilet

Yang terakhir adalah berlari menuju toilet. Jika si kucing mulai berlari ke dalam toilet atau kotak pasir yang sudah kamu sediakan sebelumnya, tandanya ia akan segera buang air kecil atau besar disana.

Hal itu biasanya dilakukan kalau memang kucing kamu sudah terbiasa dan terlatih untuk tidak pup sembarangan, melainkan langsung bergegas untuk masuk ke toilet khusus untuk kucing kamu pup atau pipis.

Itulah beberapa ciri-ciri kucing mau pup yang perlu kamu ketahui untuk mengantisipasi terjadinya pup sembarangan. Dengan begitu kamu dapat mencegahnya sebelum kucing buang air besar di lantai atau bahkan di kasur dan kursi.

Selalu perhatikan tingkah laku kucing kamu yang sekiranya menunjukan suatu sinyal atau tanda kalau ia ingin pup. Biasakan juga untuk melatihnya dari kecil agar pup di kotak pasir supaya tidak lagi pup sembarangan. Good Luck semoga membantu!