Wednesday, 17 Jul 2024

4 Ciri-Ciri Lovebird Jantan Birahi

4 minutes reading
Wednesday, 27 Sep 2023 00:04 0 177 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Tidak sedikit orang yang memulai untuk memelihara burung lovebird karena warna bulunya yang indah dan cantik ditambah lagi suara kicauannya yang merdu, pada saat kamu memelihara burung lovebird tentu saja perlu mengetahui dengan ciri ciri lovebird jantan birahi.

Salah satu hal atau aktivitas yang banyak dilakukan oleh kebanyakan orang yaitu dengan memelihara hewan seperti memelihara burung lovebird, tetapi burung lovebird ini yang sebaiknya dipelihara sepasang karena jika dipelihara sendirian akan lebih rentan mengalami stres.

Dengan memelihara sepasang burung lovebird yang membuat mereka bisa bermain dan juga berinteraksi dan ini memang sudah menjadi simbol cinta seperti dengan namanya, untuk kamu yang sebagai pemula mungkin masih susah untuk membedakan antara burung lovebird jantan dan betina terutama pada saat sedang birahi.

Burung lovebird yang merupakan jenis monogamy akan mencapai waktu dewasa secara seksual setelah 10 bulan, dalam proses pendewasaannya yang akan dimulai dengan ciri birahi yang kemudian akan terus berlanjut sampai burung lovebird berusia 15 tahun jika burung lovebird tersebut masih hidup.

Sifat burung lovebird yang monogamy yang dapat menjadi salah satu hal yang penting pada saat burung diletakkan dalam satu tempat dalam jumlah yang banyak, sebelumnya kamu juga harus memastikan terlebih dahulu mengetahui agar jumlah pasang pas.

Nah untuk kamu  yang ingin tahu dengan ciri ciri lovebird jantan birahi, maka pada artikel kali ini kita akan membahasnya oleh karena itu kamu bisa dengan menyimak penjelasannya disini dengan seksama.

Ciri-Ciri Lovebird Jantan Birahi

Burung lovebird jantan yang sedang birahi berarti sudah siap kawin dan biasanya ini memiliki beberapa tanda-tanda yang khusus, dimana untuk burung lovebird jantan dan betina yang memiliki perbedaan pada saat sedang mengalami birahi tinggi dan jika birahi sudah tinggi maka burung lovebird tersebut sudah siap untuk dikawinkan.

Pada saat burung lovebird mengalami birahi setinggi apapun yang tidak akan dapat melakukan perkawinan jika burung lovebird tersebut yang masih berumur kurang 1 tahun, biasanya jika burung lovebird jantan yang sedang birahi dan sudah siap kawin akan mengalami beberapa perilaku aneh.

Adapun untuk beberapa ciri ciri lovebird jantan birahi yaitu sebagai berikut:

Gerakan Kepala

Dimana untuk melihat ciri ciri lovebird jantan birahi bisa kamu lihat dari gerakan kepalanya yang biasanya akan dilakukan oleh burung lovebird jantan yang sedang birahi, jantan yang akan menggerakkan kepalanya seakan memberi makan anak-anaknya dan tentunya ini terus dilakukan secara berulang-ulang dan burung lovebird jantan yang cenderung tetap bertengger.

Cara Bertengger

Untuk ciri ciri lovebird jantan birahi lainnya yaitu bisa dilihat dari cara bertenggernya dimana burung lovebird jantan yang akan cenderung meletakkan kedua kakinya sedikit lebih merapat sehingga ukuran tubuhnya yang terlihat lebih besar.

Selain itu juga kondisi bertengger burung lovebird jantan ini yang akan mendekati betina sembari terbang atau melompat-lompat di atasnya, selain itu si jantan yang akan lebih mendekatkan diri dan juga berusaha menarik perhatian betina dengan terus menjadi lebih dekat.

Bunyi

Burung lovebird yang menjadi salah satu jenis burung yang menarik pasangannya dengan mengeluarkan bunyi tertentu dan biasanya burung lovebird jantan yang akan mengeluarkan bunyi-bunyi khusus seperti mengeluarkan suara “tek tek tek” atau “cit cit cit” dan bunyi ini yang akan dikeluarkan lebih sering daripada biasanya untuk menarik betina sampai bisa menyalurkan birahinya.

Menggesek-gesek Tangkringan

Dimana kandang burung lovebird yang biasanya diberikan tangkringan atau tempat burung untuk bertengger di atasnya, biasanya benda ini terbuat dari kayu dan nantinya digunakan oleh burung lovebird jantan pada saat masuk masa birahi.

Burung lovebird jantan yang akan tampak menggesek-gesekkan badannya ke tangkringan seperti sedang butuh belaian dari pasangannya, pada saat ini terjadi burung yang akan terlihat atau tampak lebih manja daripada biasanya sehingga pada saat ini sangat menarik untuk disaksikan.

Mungkin hanya itu saja untuk beberapa ciri ciri lovebird jantan birahi yang bisa kamu ketahui, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.