Wednesday, 17 Jul 2024

Dampak Kegiatan Manusia Terhadap Populasi Elang Jawa

4 minutes reading
Monday, 13 Nov 2023 21:35 0 167 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Ternyata terdapat berbagai kegiatan manusia yang bisa berdampak terhadap dengan populasi burung Elang Jawa, hal ini memang masih banyak orang yang belum tersadar atau belum mengetahuinya mengenai dengan dampak kegiatan manusia terhadap populasi elang jawa.

Hewan sendiri merupakan salah satu makhluk hidup yang patut untuk dilindungi oleh manusia, hal ini disebabkan oleh kebutuhan manusia sebagian besarnya yang bergantung pada hewan dan salah satu jenis hewan yang harus dilindungi yaitu ada burung elang Jawa.

Burung elang Jawa merupakan salah satu spesies hewan khas pulau Jawa yang terancam punah keberadaannya, sehingga dengan begitu kita sebagai manusia harus menjaga dan melestarikan populasi hewan  yang menjadi tanggung jawab manusia.

Dalam menjaga dan melestarikan burung elang jawa yang mempunyai peranan penting dalam kehidupan makhluk hidup di bumi ini, bahkan selain itu kegiatan menjaga dan melestarikan burung elang jawa ini dilakukan agar hewan tersebut tidak mengalami kepunahan.

Tetapi sayangnya untuk spesies burung elang jawa ini sekarang nyaring punah dan salah satu penyebab utama membuat populasi burung elang jawa nyaris punah yang diakibatkan oleh kerusakan pada habitat tempat hidup hewan burung elang tersebut.

Untuk kerusakan habitat tersebut yang bisa disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya bencana alam, akibat ulah kegiatan manusia, dan juga alih fungsi menjadi ladang atau pemukiman, lalu apa saja dampak kegiatan manusia terhadap populasi elang jawa?

Untuk mengetahui mengenai dengan dampak dari kegiatan manusia yang dilakukan terhadap populasi burung elang jawa, maka yuk simak penjelasannya dibawah ini.

Dampak Kegiatan Manusia Terhadap Populasi Elang Jawa

Dampak Kegiatan Manusia Terhadap Populasi Elang Jawa

Burung elang jawa (nisaetus bartelsi) merupakan jenis atau spesies burung elang yang memiliki ukuran tubuh sedang dan biasanya mereka hidup di hutan alami Pulau Jawa, burung elang jawa ini yang menjadi acuan lukisan lambang negara Indonesia yaitu Burung Garuda.

Untuk jenis burung elang jawa ini yang keberadaannya terancam punah, dimana menurut jurnal Menteri Kehutanan yang berjudul Strategi dan Rencana Aksi Konservasi Elang Jawa yang menyatakan bahwa jumlah populasi burung elang dari tahun 2013 hingga 2022 yang diperkirakan sekitar 200 ekor saja.

Sehingga oleh karena itu burung elang jawa ini yang termasuk ke dalam spesies hewan yang dilindungi oleh pemerintah, populasi burung elang jawa yang semakin berkurang karena dampak dari berbagai kegiatan yang dilakukan oleh manusia.

Berbagai kegiatan manusia ada yang memberikan dampak buruk pada populasi burung elang jawa dan ada juga berdampak baik, adapun untuk beberapa dampak kegiatan manusia terhadap populasi elang jawa yaitu sebagai berikut:

Penangkaran dan Pembangunan Hutan Lindung

Untuk dampak baik kegiatan manusia terhadap populasi elang jawa yaitu adanya proses penangkaran dan juga pembangunan hutan lindung, kegiatan ini yang memiliki tujuan untuk menciptakan tempat yang baik untuk hewan dan juga tumbuhan, sehingga dengan begitu burung elang jawa yang pastinya akan memiliki habitat yang terjaga dan juga dapat hidup dengan aman.

Perburuan Burung Elang Jawa

Dengan melakukan perburuan pada burung burung elang jawa tentu saja menjadi salah satu dampak kegiatan manusia terhadap populasi elang jawa, karena perburuan burung elang yang dilakukan oleh manusia yang nantinya di perjual belikan di pasar gelap untuk dijadikan sebagai koleksi pribadi.

Tentu saja kegiatan manusia yang satu ini bisa membuat populasi burung elang jawa yang semakin menurun, hal ini juga bukan aktivitas yang bagus dan baik karena sekarang ini burung elang jawa yang termasuk hewan dilindungi oleh pemerintah sehingga jika kegiatan tersebut diketahui maka bisa dikenakan sanksi atau hukuman.

Pembangunan Pemukiman Masyarakat

Dimana pembangunan pemukiman masyarakat yang menjadi salah satu dampak kegiatan manusia terhadap populasi burung elang jawa, karena hal ini disebabkan dengan bertambahnya pembangunan pemukiman yang bisa menyebabkan hutan sebagai tempat tinggal burung elang serta hewan yang lainnya menjadi semakin berkurang.

Bahkan selain itu juga tumbuhan di hutan yang sebagai tempat tinggal dan juga bahan makanan hewan termasuk burung elang jawa yang semakin menipis, sehingga hal ini yang bisa membuat populasi burung elang yang menjadi semakin berkurang.

Penggundulan serta Pembakaran Hutan

Adanya kegiatan penggundulan dan juga pembakaran hutan yang dilakukan oleh manusia juga yang memiliki dampak kegiatan manusia terhadap populasi burung elang jawa, karena memang kegiatan penggundulan dan pembakaran hutan yang tentunya bisa merusak ekosistem hutan.

Dengan penggundulan dan pembakaran hutan yang tidak hanya berdampak pada burung elang jawa saja namun berdampak pada hewan lainnya yang ada di hutan tersebut, sehingga dengan begitu kegiatan seperti ini yang bisa menyebabkan populasi burung elang menjadi terganggu, agar populasi burung elang jawa tidak terganggu sebaiknya untuk tidak melakukan penggundulan dan pembakaran hutan.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai dengan beberapa dampak kegiatan manusia terhadap populasi elang jawa yang bisa kamu ketahui, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.