Monday, 17 Jun 2024

Efek Samping Buah Pepaya

4 minutes reading
Tuesday, 24 Jan 2023 19:08 0 334 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Buah Pepaya menjadi salah satu buah yang digemari banyak orang karena rasanya yang enak dan lezat, bahkan selain rasanya yang enak buah Pepaya juga yang memiliki manfaat yang melimpah untuk kesehatan namun jika mengkonsumsi buah Pepaya secara berlebihan yang bisa menyebabkan efek sampingnya.

Buah Pepaya yang merupakan salah satu tumbuhan buah tropis yang berasal dari Meksiko bagian Selatan dan Amerika Selatan bagian utara, untuk sekarang buah Pepaya ini yang sudah menyebar luas ke seluruh daerah tropis dan salah satunya di Indonesia.

Dimana buah Pepaya yang menjadi salah satu pilihan yang bisa memberikan manfaat yang banyak untuk kesehatan tubuh, sehingga tidak heran jika buah ini banyak disukai oleh kebanyakan orang.

Manfaat dari memakan buah Pepaya secara rutin yang bisa membantu untuk mengurangi risiko kanker hal ini karena buah Pepaya yang bersifat antikanker yaitu dari kandungan likopen, selain itu juga buah Pepaya yang mengandung vitamin C di dalamnya yang bisa meningkatkan kesehatan jantung.

Namun ternyata jika mengkonsumsi buah Pepaya dengan jumlah yang berlebihan yang akan memberikan baya efek sampingnya loh, karena pada dasarnya yang berlebihan tidak baik untuk kamu yang ingin tahu efek samping buah Pepaya bisa simak ulasannya dibawah ini.

Efek Samping Buah Pepaya

Efek Samping Buah Pepaya

Buah Pepaya yang memiliki daging buah yang berwarna oranye cerah jika sudah matang dan buah Pepaya juga yang terdapat biji-bijian kecil didalamnya dengan memiliki tekstur daging buah yang lembut dan rasanya manis, dimana buah menjadi salah satu sumber antioksidan karotenoid yang baik untuk tubuh.

Walaupun buah Pepaya yang memiliki banyak manfaat yang sehat untuk tubuh dan manfaat ini yang berasal dari kandungan nutrisi, mineral dan vitamin dari buah Pepaya yang cukup banyak dan memiliki peran penting untuk tubuh.

Namun ternyata jika kamu mengkonsumsi buah Pepaya ini secara berlebihan yang bisa memberikan efek sampingnya bukan manfaat, sehingga dengan begitu efek samping buah Pepaya perlu kamu ketahui dan waspadai.

Adapun untuk beberapa efek samping buah Pepaya jika kamu mengkonsumsi buah Pepaya secara berlebihan yaitu sebagai berikut:

Sakit Perut

Efek samping dari mengkonsumsi buah Pepaya secara berlebihan yang bisa mengganggu sistem pencernaan sehingga bisa menyebabkan perut sakit dan ini yang bisa ditandai dengan iritasi pada lambung, hal ini dikarenakan kandungan serat yang terlalu tinggi sehingga menyebabkan gangguan sistem pencernaan.

Bahkan selain itu juga dengan getah yang terdapat pada buah Pepaya yang bisa menjadi salah satu faktor penyebabnya, dimana menurut anecdotal bahwa jika asupan mengkonsumsi buah buah Pepaya yang terlalu berlebihan yang bisa membuat perut menjadi kram, mual dan bahkan kembung.

Berbahaya Untuk Ibu Hamil

Dimana untuk ibu hamil yang perlu untuk mengetahui jenis makanan atau minuman yang harus dihindari dan salah satunya buah Pepaya yang mentah dan juga ahli kesehatan yang menyarankan untuk tidak mengkonsumsi buah Pepaya agar terhindar dari biji pepaya, getah, infus dan dan akar yang dapat membahayakan janin.

Buah Pepaya juga yang memiliki kandungan konsentrasi lateks yang cukup tinggi sehingga hal ini yang dapat menyebabkan kontraksi rahim, selain itu komponen papain dalam buah Pepaya juga yang dapat merusak membran penting dalam perkembangan janin.

Menyebabkan Karotenemia

Jika mengkonsumsi buah Pepaya dengan jumlah yang tinggi atau secara berlebihan yang bisa menyebabkan terjadinya risiko perubahan pada kulit atau yang biasa dikenal sebagai karotenemia dan ini berasal dari kandungan beta karoten dalam buah Pepaya, selain itu juga bisa membuat bagian tubuh yang berubah kuning seperti pada bagian telapak tangan, putih mata dan juga telapak kaki dan kondisi seperti ini yang terlihat seperti gejala penyakit kuning.

Detak Jantung yang Lambat

Untuk kamu yang mempunyai kondisi yang tertentu seperti memiliki gangguan pada jantung disarankan untuk menghindari mengkonsumsi buah Pepaya, hal ini dikarenakan buah Pepaya yang terdapat papain yang dapat memperlambat detak jantung dengan menggunakan cara yang berbahaya.

Sehingga dengan begitu kondisi ini yang bisa memungkinkan terjadinya kondisi lainnya yang serius yaitu seperti kardiovaskular, namun jika kamu ingin mengkonsumsi buah Pepaya namun memiliki kondisi tertentu maka sebaiknya untuk konsultasi terlebih dahulu ke dokter.

Menyebabkan Aborsi

Untuk efek samping buah Pepaya yang terakhir yaitu dapat menyebabkan aborsi dan ini untuk ibu hamil sehingga dianjurkan untuk menghindari memakan buah Pepaya mentah selama kehamilan, dimana buah Pepaya mentah yang biasanya kerap digunakan untuk menggugurkan atau mengakhiri kehamilan, hal ini karena terdapat  papain dan juga enzim yang memiliki fungsi sebagai oksitosin dan juga prostaglandin yang dapat menginduksi persalinan dan juga meningkatkan kontraksi.

Mungkin hanya itu saja beberapa efek samping buah Pepaya yang perlu kamu ketahui dan waspadai untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.