Monday, 17 Jun 2024

8 Efek Samping Cucak Ijo Makan Voer

4 minutes reading
Monday, 23 Oct 2023 01:45 0 1068 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Burung cucak ijo yang bisa diberikan voer sebagai makanan utamanya, namun sedikit orang yang tahu dengan efek samping cucak ijo makan voer, untuk kamu yang ingin tahu dengan efek sampingnya bisa dengan simak penjelasannya dibawah ini.

Burung cucak ijo sendiri adalah salah satu jenis burung kicau yang memiliki suara kicau yang sangat merdu dan nyaring, sehingga burung cucak ijo ini memiliki banyak penggemarnya karena burung ini yang memiliki suara kicau yang nyaring dan juga merdu.

Sehingga tidak heran jika banyak orang yang memilih untuk memelihara burung cucak ijo sebagai hewan peliharaan di rumahnya, namun masih banyak yang belum tahu cara merawat burung cucak ijo seperti pemberian makanan seperti voer yang tidak tepat.

Burung cucak ijo yang kamu pelihara tersebut merupakan amanah dan juga tanggung jawab yang harus dijaga dari segala kemungkinan berpengaruh pada kesehatan maupun perkembangan mental serta karakter burung cucak ijo tersebut

Oleh karena itu sangat penting kamu mengetahui dengan cara merawatnya dengan baik dan tepat salah satunya pemberian makanan, makanan yang kerap diberikan pada burung cucak ijo yaitu ada voer sebagai makanan harian utamanya.

Memang voer ini yang memberikan banyak manfaatnya untuk kesehatan dan pertumbuhan kembang burung cucak ijo seperti membantu pertumbuhan burung jelas nampak cepat besar, mengenyangkan, memiliki kandungan karbohidrat tinggi, dan bahkan mudah praktis dan juga cepat penyajian.

Efek Samping Cucak Ijo Makan Voer

Efek Samping Cucak Ijo Makan Voer

Sebagian besar untuk para pemelihara burung kicau termasuk burung cucak ijo peliharaan biasanya akan memberikan makanan hariannya berupa voer sebagai pakan harian utamanya, voer sendiri yang bisa memberikan manfaat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian tubuh burung agar tetap bugar dan juga sehat.

Biasanya untuk burung cucak ijo yang baru jinak atau baru di pelihara hasil dari tangkapan yang kemungkinan besar sedikit sulit membiasakan mereka memakan voer sebagai pakan hariannya, burung cucak ijo tersebut yang tentunya memerlukan adaptasi terlebih dahulu dengan jenis makanan tersebut.

Untuk membantu memberikan voer sebagai makanan pada burung cucak ijo maka kamu bisa dengan mencampurkan voer tersebut dengan buah-buahan yang disukai mereka, untuk buah-buahan tersebut seperti pisang, apel, pepaya, pir, dan masih banyak lagi yang lainnya bisa kamu gunakan.

Voer ini termasuk makanan burung yang tergolong tahan lama dan bahkan bisa disimpan dalam beberapa hari karena voer yang terbuat dari bahan makanan yang dikeringkan, terdapat beberapa jenis atau merk voer yang bagus dan bisa kamu berikan untuk burung cucak ijo yaitu sebagai berikut:

  • Omega Vit
  • Gold Coin Seaweed
  • Superfit Gold
  • Ebod Jaya Ronggolawe
  • Top Song, dan
  • Song Booster

Walaupun voer ini yang bisa memberikan banyak manfaatnya atau dampak positifnya untuk burung cucak ijo, namun tentu saja ada juga efek samping diakibatkan pada burung peliharaan jika pemberian voer yang terlalu banyak atau berlebihan yang akan berpengaruh terhadap burung cucak ijo baik sementara maupun permanen.

Adapun untuk beberapa efek samping yang bisa dialami oleh burung cucak ijo dari makan voer dengan jumlah yang banyak atau berlebihan yang harus kamu ketahui yaitu sebagai berikut:

  1. Dapat mempengaruhi suara kicau pada burung, kandungan voer yang akan membuat suhu tubuh burung menjadi panas sehingga bisa mempengaruhi suara kicau atau bunyi burung.
  2. Kotoran burung cucak ijo yang menjadi berbau kurang enak daripada pakan burung alami, sehingga bisa mengurangi kesehatan burung.
  3. Bau badan pada burung yang mencolok dan berbau kurang sedap jika tidak dimandikan setiap hari.
  4. Bulu burung terlihat kurang bagus dan kurang mengkilap karena asupan pada voer yang memiliki kandungan yang bisa meningkatkan suhu tubuh pada burung sehingga dapat mempengaruhi bulu burung menjadi rontok.
  5. Aktivitas burung cucak ijo menjadi kurang gesit, kurang lincah dan juga akan mudah terkena virus atau bakteri.
  6. Bisa berdampak kebutaan dan pengeroposan pada tulang-tulang burung, karena dipastikan kandungan dalam voer yang terdapat campuran zat kimia dan juga bahan pengawet kurang seimbang dalam pemberian takaran dan juga penyajian.
  7. Burung menjadi lebih mudah mengalami stress yang ditandai jarang berbunyi atau macet bunyi.
  8. Bisa mengurangi daya ingat pada burung, ditandai dengan suara kicau burung menjadi monoton tanpa variasi bunyi lain.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai dengan beberapa dampak negatif atau efek samping burung cucak ijo makan voer dengan jumlah yang berlebihan atau terlalu banyak yang harus kamu ketahui dan untuk menghindarinya dengan memberikan voer dengan tepat, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.