Thursday, 20 Jun 2024

4 Efek Samping Diet Mayo Yang Harus Kamu Ketahui

6 minutes reading
Tuesday, 19 Sep 2023 02:01 0 176 Muti Karya

Nesiaverse.com – Saat ini diet mayo memang sangat populer, sebelum mempraktekannya kamu harus mengetahui efek samping yang didapat dari metode diet tersebut. Diet mayo sendiri adalah metode atau program diet untuk membantu menurunkan berat badan dengan segudang manfaat.

Metode diet ini dibesut oleh para ahli dari Mayo Clinic, di Amerika Serikat. Dilansir dari halaman website resminya, Mayo Clinic mengatakan bahwa diet mayo dikembangkan dan sudah terbukti keefektifannya dalam uji dan pengalaman klinis, sehingga kamu dapat mencobanya. 

Diet mayo merupakan diet yang benar-benar memfokuskan diri kita untuk memperbaiki pola makan dan aktivitas fisik atau olahraga. Selain itu dijelaskan juga, cara diet mayo yang benar adalah bagian perbaikan pola makan yang dimaksudkan, Bukan untuk membatasi porsi makan. Melainkan kamu akan dibuat fokus untuk mengonsumsi makanan sehat yang didominasi oleh sayur dan buah-buahan. 

Efek Samping Diet Mayo

Efek Samping Diet Mayo Yang Harus Kamu Ketahui

Diet mayo sendiri adalah diet yang mengembangkan program penurunan berat badan dengan menyesuaikan kebutuhan setiap orangnya. Baik itu merupakan kebutuhan konsumsi makanan yang disukai dan berdasarkan pada riwayat kesehatan atau medis nya. Diet mayo merupakan metode yang berlandaskan dan mengadopsi gaya hidup dan kebiasaan baru yang bisa kamu nikmati dan pertahankan dalam jangka waktu tertentu. 

Dalam menjalankan program diet penurunan berat badan ini, kamu dianjurkan hanya melakukannya selama 2 minggu atau 14 hari saja, hal ini dilansir dari halaman Liputan6.com. Cara untuk melakukan diet mayo sendiri kamu akan menjalani 2 fase, yaitu fase lose it dan live it. Masing-masing fase dilakukan selama 7 hari atau dalam seminggu. Berikut penjelasannya dilansir dari situs website resmi Mayo Clinic. 

Fase Diet Mayo Lose It : Pada fase ini kamu akan berfokus untuk menurunkan berat badan dari 2.7 Kg hingga 4,5 Kg. Cara diet satu ini dilakukan dengan menambahkan lima kebiasaan hidup sehat dan menghentikan lima kebiasaan hidup yang tidak sehat dalam program diet mayo. Kamu dianjurkan untuk melakukannya secara konsisten untuk mendapatkan hasil yang optimal. 

Awalnya fase ini pasti akan terasa menyiksa, namun setelah melewatinya maka akan memberikan keringanan untuk menjelajahi minggu selanjutnya. Selain itu kamu akan mulai merasakan badan yang ringan karena diet mayo sudah berjalan dan menghasilkan penurunan hingga 4.5 Kg. 

Fase Diet Mayo Live It : Pada fase live it kamu akan difokuskan untuk mulai memperhatikan kebiasaan hidup yang sehat yang sudah dibangun. Kamu harus memperhatikan berat badan yang sudah turun dan berjuan untuk penurunan berat yang diinginkan secara permanen. Cara diet mayo di fase kedua ini adalah kamu akan diarahkan untuk mulai pandai memilih menu makanan, porsi makanan, membuat planning menu makanan, aktivitas fisik, jenis olahraga hingga kebiasan sehat yang paling kamu sukai guna mendukung proses pertahanan berat badan ini. 

Pada fase kedua dalam program diet mayo, kamu tidak bertujuan untuk menurunkan berat badan dalam jumlah yang besar. Tapi fase ini juga dapat membantu kamu untuk menurunkan berat badan secara stabil mulai dari 0.5 Kg hingga 1 Kg dalam seminggu. Dalam menjalani program diet mayo ini, kamu harus mengetahui efek samping yang bisa didapatkan. Guna sebagai rambu yang harus kamu perhatikan agar hal-hal buruk dan serupa tidak terjadi pada saat menjalani program diet satu ini.

Berikut beberapa efek samping yang didapatkan dari diet mayo yang dilakukan tidak sesuai prosedur atau berlebihan. 

Memicu Masalah Pencernaan

Efek samping dari program diet mayo pertama dalam masalah pencernaan. Kamu pastinya sudah paham mengenai dasar dari piramida dalam program diet mayo bukan? kamu dianjurkan untuk mengutamakan konsumsi jenis makanan sari buah dan sayuran. 

Sehingga bagi kamu yang tidak memenuhi asupan buah dan sayuran dalam program diet yang berjalan akan berisiko mengalami permasalahan pada pencernaan. Seperti halnya gas pada usus atau GERD. Hal ini terjadi karena tubuh mengalami masa menyesuaikan diri dengan jenis makanan yang baru dikonsumsi. Sehingga kamu harus memperhatikan jenis asupan makanan. Perbanyaklah asupan sayuran dengan baik dan diimbangi air minum yang cukup. 

Meningkatkan Gula Darah

Efek samping lainnya dari diet mayo adalah terjadinya peningkatan gula darah. Diet mayo akan menekankan kamu untuk mengonsumsi sayur dan buah lebih banyak. Namun, ketika mengonsumsi buah secara berlebihan hal ini juga dapat memicu dampak negatif lainnya.

Konsumsilah buah dan sayuran dalam jumlah yang cukup. Ketika kamu mengonsumsi buah secara berlebihan hal ini akan memicu peningkatan kadar gula dalam darah. Sehingga kamu tidak direkomendasikan untuk menjalani program diet ini ketika memiliki riwayat medis atau kesehatan dari penyakit diabetes dan ginjal. Maka, perhatikanlah asupan buah dengan baik. 

Dehidrasi

Diet mayo dapat menimbulkan efek samping seperti dehidrasi Diet mayo ini akan memangkas habis asupan garam dan gula dalam tubuh. Padahal, tubuh seseorang membutuhkan asupan garam juga, salah satunya untuk membantu proses penyerapan udara melalui air. 

Ketika tubuh kekurangan asupan garam, hal ini dapat membuat kamu mengalami dehidrasi. Maka, pastikan kamu untuk memenuhi asupan cairan tubuh setiap harinya dalam jumlah yang cukup. Kamu dianjurkan mengonsumsi 2 liter perhari atau setara dengan 8 hingga 10 gelas air putih. Hindarilah konsumsi air yang mengandung gula atau air campuran, karena dapat memicu rasa lapar dan mengancam diet kamu gagal. 

Mudah Lelah

Diet mayo akan membuat tubuh kamu mengalami kekurangan nutrisi sehingga dapat memicu rasa lelah berlebihan dalam tubuh. Kamu harus memperhatikan jumlah asupan makanan dan minuman harian. Selain itu perhatikan jenis aktivitas dan olahraga harian yang kamu jalani, hindarilah jenis olahraga yang berat. Selain kamu akan lebih mudah kelelahan kamu dapat memicu berbagai penyakit yang tidak diinginkan. Sehingga perhatikan jenis olahraga dan kebutuhan nutrisi harian kamu. 

Diet mayo ini memang cukup aman bagi sebagian orang dewasa yang sehat, tanpa latar belakang kondisi medis yang serius. Pada dasarnya diet mayo akan menekankan kamu untuk mengonsumsi lebih banyak buah dan sayuran, yang mana metode asupan makanan ini memang tidak selalu cocok bagi semua orang. Sehingga diet mayo dapat menimbulkan berbagai risiko penyakit bagi kamu yang memiliki masalah pencernaan dan diabetes. 

Selain itu diet mayo akan membuat kamu mengalami malnutrisi, dimana kebutuhan nutrisi harian kamu akan rusak karena tidak terpenuhi seluruhnya. Untuk memperbaikinya kamu dianjurkan untuk memenuhinya hanya dari asupan buah dan sayuran saja. Bagi pemula hal ini dapat memicu penyakit perut bergas.

Dengan demikian, metode penurunan berat badan yang dibesut oleh Mayo Clinic ini dapat menyebabkan kamu mengalami penurunan berat badan secara efektif. Namun, pada beberapa orang dengan kondisi medis tertentu diet satu ini tidak cocok. Diet mayo merupakan salah satu golongan diet yang cukup ketat atau ekstrim, sehingga tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang. 

Itulah pembahasan mengenai efek samping dari diet mayo yang dapat kamu alami, jika melakukan program ini tidak sesuai dengan pedoman atau prosedurnya. Alangkah baiknya kamu melakukan konsultasi terhadap ahlinya, jika memiliki kondisi kesehatan tertentu. Dengan begitu akan mudah untuk menentukan menjalani program diet mayo, atau mencari alternatif diet lainnya yang jauh lebih baik berdasarkan kondisi kesehatan dan riwayat medis kamu.