Monday, 17 Jun 2024

Efek Samping Makan Buah Kiwi Jika Berlebihan

5 minutes reading
Thursday, 30 Mar 2023 01:55 0 265 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Buah Kiwi terkenal dengan memiliki manfaat yang melimpah untuk kesehatan tubuh hal ini dikarenakan kandungan nutrisi didalamnya yang memiliki peran penting untuk tubuh, namun ternyata jika mengkonsumsi buah Kiwi tidak tepat atau berlebihan yang bukannya mendapatkan manfaatnya justru buah Kiwi ini yang akan menyebabkan efek samping.

Kiwi merupakan salah satu buah beri dari genus Actinidia yang berasal dari Shaanxi, Tiongkok dan buah ini yang kerap disebut dengan nama Gosberi Cina, buah ini yang sudah menyebar ke berbagai negara termasuk Indonesia.

Dimana pada tahun 1950 buah ini yang sebelumnya dinamakan dengan Gosberi Cina namun berubah menjadi Melonette dan kemudian diganti kembali buah ini yang bernama Kiwi hingga sekarang, nama Kiwi sendiri yang diambil dari nama burung tidak bisa terbang yang terdapat di New Zealand.

Sebenarnya buah Kiwi ini yang mempunyai 60 jenis spesies yaitu diantaranya ada buah Kiwi merah, golden Kiwi fruit, buah Kiwi ungu, bay kiwi fruit, arctic kiwi, dan masih banyak lagi yang lainnya, pada setiap jenis buah tin yang memiliki ukuran, tekstur, ukuran dan juga rasa yang berbeda-beda dan yang sering kita temui yaitu jenis buah Kiwi hijau.

Dengan memiliki rasa manis sedikit asam dan tentunya menyegarkan sehingga buah ini sangat cocok dikonsumsi buah Kiwi ini pada siang hari, bahkan buah Kiwi juga yang memiliki manfaat yang melimpah untuk kesehatan tubuh yang tidak perlu diragukan lagi.

Untuk kamu yang mungkin belum tahu dan penasaran apa saja efek samping buah Kiwi jika mengkonsumsinya berlebihan, untuk mengetahuinya maka kamu bisa dengan menyimak ulasannya dibawah ini.

Efek Samping Makan Buah Kiwi Jika Berlebihan

Efek Samping Makan Buah Kiwi Jika Berlebihan

Buah Kiwi ini yang hampir sama seperti buah Sawo dengan memiliki kulit buah berwarna coklat dan terdapat bulu-bulu halusnya, untuk bentuk buah Kiwi ini yaitu oval dengan daging buah yang khas berwarna hijau yang dilengkapi dengan biji berwarna hitam yang bisa dikonsumsi semua dimulai dari kulit hingga bijinya.

Selain itu juga terdapat kandungan nutrisi didalamnya yang bermanfaat untuk membantu memenuhi asupan harian, kandungan tersebut seperti serat, rendah kalori, vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin K, kalsium, folat, kalium, magnesium, karbohidrat dan masih banyak lagi yang lainnya.

Dengan beragam kandungan nutrisi yang terdapat pada buah Kiwi ini yang bermanfaat dan baik untuk kesehatan tubuh, namun jika kita mengkonsumsi buah terlalu banyak atau berlebihan yang akan bisa memicu timbulnya efek samping untuk tubuh.

Adapun untuk beberapa efek samping buah Kiwi yang perlu kamu ketahui dan waspadai yaitu sebagai berikut:

Diare

Untuk efek samping buah Kiwi yang bisa dirasakan jika mengkonsumsi buah ini tidak tepat atau berlebihan yang bisa menyebabkan diare, diare sendiri merupakan gangguan pada saluran pencernaan dan menyebabkan terjadinya sering buang air besar dengan tinja encer.

Hal ini yang dikarenakan buah Kiwi yang mengandung serat yang tinggi didalamnya, kandungan serat ini yang memang bermanfaat untuk kesehatan saluran pencernaan yang akan membantu untuk melancarkan sistem pencernaan, namun jika mengkonsumsi buah Kiwi secara berlebihan yang akan menyebabkan diare.

Radang Mulut

Ternyata untuk mereka yang memiliki mulut atau lidah yang sensitif jika mengkonsumsi buah Kiwi yang bisa menyebabkan radang mulut atau biasa disebut dengan sindrom alergi oral (Pollen food allergy syndrome), hal ini terjadi yang disebabkan oleh alergi reaksi pada tubuh yang diakibatkan alergi pada protein yang tertentu.

Kondisi radang mulut ini yang dapat menjadi lebih parah bahkan sampai pembengkakan dan juga menyebabkan sakit tenggorokan yang disertai dengan demam, biasanya untuk penderita alergi Birch Pollen dan latex rubber yang sebagian besar akan bereaksi pada saat mengkonsumsi buah Kiwi sehingga sebaiknya untuk tidak mengkonsumsi buah Kiwi atau jika ingin maka sebaiknya konsumsi buah Kiwi yang sudah diolah.

Pankreatitis Akut

Mengkonsumsi buah Kiwi yang secara berlebihan yang bisa menyebabkan penyakit pankreatitis akut atau peradangan pada pankreas dan ini salah satu efek samping buah Kiwi, hal ini dikarenakan buah Kiwi mengandung vitamin C, vitamin E, serotonin, potasium yang akan akan mengubah trigliserida.

Trigliserida sendiri yang merupakan lemak yang ditemukan di dalam darah yang menjadi bertambah tinggi kadarnya, sehingga dengan mengkonsumsi buah Kiwi secara berlebihan yang bisa membahayakan organ pankreas berfungsi untuk mempercepat metabolisme tubuh.

Alergi

Efek samping buah Kiwi lainnya yaitu bisa menyebabkan terjadinya alergi hal ini dikarenakan buah Kiwi yang mengandung enzim yang bisa menyebabkan alergi, dimana kandungan vitamin E ini yang merupakan penyebabnya yang ditambah lagi dengan pollinosis dan birch pada buah Kiwi ini.

Dengan mengkonsumsi buah Kiwi organik yang bisa membantu untuk mengatasi masalah atau gangguan alergi, untuk gejala alergi sendiri seperti gatal pada mulut, timbul bintik atau bentol pada bagian tubuh, muntah, mual panas di dada atau sakit perut, jika mengalami gejala seperti itu sebaiknya untuk berhenti mengkonsumsi buah Kiwi.

Dermatitis

Dengan mengkonsumsi buah Kiwi dengan jumlah yang banyak atau berlebihan yang bisa memicu timbulnya efek samping yaitu menyebabkan iritasi pada kulit termasuk juga masalah dermatitis, dermatitis ini yang merupakan peradangan pada kulit yang bisa menyebabkan kulit kemerahan, gatal, kulit ruam yang dapat ditemukan pada setiap bagian kulit mana saja.

Bersamaan dengan Obat

Jangan pernah mengkonsumsi buah Kiwi bersamaan dengan obat hal ini yang dapat bereaksi negatif pada tubuh, dimana menurut sebuah penelitian jika buah Kiwi ini yang mengandung sifat antibiotik didalamnya jika dikonsumsi dengan obat antibiotik lainnya yang bisa menyebabkan efek samping untuk tubuh.

Bahkan hal ini efek samping atau bahayanya yang dapat menyebabkan pendarahan, adapun untuk jenis obat yang tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan buah Kiwi yaitu ada obat anti radang, obat sakit kepala atau obat pencegah penggumpalan darah.

Mungkin hanya itu saja beberapa efek samping buah Kiwi yang perlu kamu ketahui dan waspadai, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.