Monday, 17 Jun 2024

Efek Samping Minum Air Rendaman Kurma

5 minutes reading
Wednesday, 10 May 2023 16:31 0 598 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Minum air rendaman kurma ini selain memberikan manfaat yang melimpah untuk kesehatan tubuh, tetapi ternyata jika mengkonsumsi air rendaman kurma ini secara berlebihan yang bisa menyebabkan munculnya efek samping untuk kesehatan.

Buah Kurma merupakan salah satu jenis buah berasal dari tanaman di daerah beriklim gurun dan kering, dimana buah Kurma ini yang dapat dikonsumsi secara langsung tetapi umumnya buah Kurma terlebih dahulu yang akan melalui proses pengeringan.

Pada saat bulan Ramadhan buah Kurma ini memang tersedia banyak sekali di pasaran dan bahkan buah Kurma ini yang menjadi salah satu pilihan untuk berbuka puasa dengan yang manis-manis yang dilakukan oleh umat muslim, karena memang buah Kurma ini yang memiliki rasa yang manis sehingga banyak orang yang menyukainya.

Dengan bentuk ukuran buah Kurma ini yang kecil sehingga siapa saja bisa mengkonsumsinya dengan jumlah yang banyak, tetapi walaupun demikian buah Kurma ini yang tidak boleh untuk dikonsumsi dengan jumlah yang terlalu banyak bukannya mendapatkan manfaatnya melainkan muncul efek samping.

Selain rasanya yang manis buah Kurma juga yang dilengkapi dengan kandungan serat dan kalori yang tinggi di dalamnya yang baik untuk tubuh, namun untuk kedua kandungan ini yang dapat menjadi bumerang untuk tubuh jika dikonsumsinya dengan jumlah yang banyak atau berlebihan.

Buah Kurma yang bisa dikonsumsi dengan diolah menjadi minuman dan makanan sesuai dengan keinginan, lalu apa saja efek samping minum air rendaman kurma yang perlu kamu ketahui dan waspadai bisa dengan simak penjelasan disini.

Efek Samping Minum Air Rendaman Kurma

Efek Samping Minum Air Rendaman Kurma

Merendahkan kurma di dalam air yang bisa memecah molekul nutrisi di dalamnya sehingga akan lebih mudah diserap oleh tubuh, minuman ini yang memiliki manfaat dan khasiatnya untuk kesehatan tubuh, sehingga banyak orang yang mencoba untuk meminum minuman ini untuk bisa mendapatkan manfaatnya.

Air rendaman Kurma atau air nabeez ini mirip dengan infused water yang pada umumnya, dengan menggunakan buah buah kurma yang bisa dibuat dengan menambahkan madu, jahe, daun mint atau rempah maupun buah yang lainnya dan direndam dalam air selama semalaman, hal ini yang bertujuan untuk memberikan rasa dan juga aroma pada air tersebut.

Minuman air rendaman kurma ini yang kaya akan kandungan antioksidan sehingga sangat baik untuk kesehatan tubuh, bahkan minuman ini juga yang bisa menjadi pengganti untuk kamu yang sedang mengurangi gula, tetapi jika meminum air rendaman kurma ini dengan jumlah yang banyak justru bisa menimbulkan efek samping.

Adapun untuk beberapa efek samping yang akan muncul dikarenakan meminum air rendaman kurma yang secara berlebihan setiap hari yaitu sebagai berikut:

Mengalami Gangguan Pencernaan

Air rendaman kurma yang mengandung serat di dalamnya yang memiliki peran penting untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan dan manfaat ini bisa didapatkan dengan mengkonsumsinya sesuai porsi yang pas, tetapi jika mengkonsumsi berlebihan yang akan membuat kandungan serat alami didalamnya yang justru bisa menyebabkan mengalami gangguan sistem pencernaan.

Sehingga untuk efek samping minum air rendaman kurma dengan meminumnya dalam jumlah yang banyak dan kandungan serat yang tinggi bisa menyebabkan gangguan pencernaan seperti kram perut, kembung hingga sembelit, selain itu kandungan serat yang bisa memproduksi gas dalam tubuh sehingga membuat perut menjadi terasa tidak nyaman.

Dapat Meningkatkan Diabetes

Dapat meningkatkan diabetes menjadi salah satu efek samping minum air rendaman kurma yang secara berlebihan dengan memiliki kandungan gula alami yang tinggi dianggap makanan dengan indeks glikemik (GI) yang tinggi, tentu saja hal ini yang menjadi salah satu hal yang sangat berbahaya untuk mereka yang memiliki riwayat diabetes sebelumnya.

Hasil penelitian di University Health News yang menyatakan bahwa buah Kurma yang mengandung nilai indeks glikemik (GI) yang sedang dan tidak akan menyebabkan kadar gula darah meningkat, tetapi jika dikonsumsi secara berlebih yang cukup berpengaruh terhadap kandungan glukosa terutama untuk mereka penderita diabetes.

Menyebabkan Diare

Untuk efek samping minum air rendaman kurma selain dapat menyebabkan sembelit atau susah buang air besar namun bisa menyebabkan diare juga, hal ini berasal dari kandungan gula yang terlalu tinggi didalam tubuh yang dapat memicu timbulnya diare.

Dimana untuk kondisi diare ini yang bisa terjadi dikarenakan sebagian rasa manis dari buah Kurma yang berasal dari kandungan fruktosa merupakan gula alami yang terkandung pada buah-buahan dan juga sayuran, dimana gula masuk dalam tubuh dan melewati sistem pencernaan yang tidak bisa diserap dengan baik menyebabkan diare.

Dapat Menyebabkan Hiperkalemia

Efek samping minum air rendaman kurma yaitu bisa menyebabkan hiperkalemia dan ini merupakan salah satu kondisi kadar kalium yang terlalu tinggi didalam darah, dimana Kurma yang merupakan sumber kaya kalium di dalamnya sehingga jika mengkonsumsinya secara berlebihan yang dapat menyebabkan hiperkalemia.

Untuk kadar kalium darah yang baik dan ideal yaitu diantara 3,6 hingga 5,2 milimol per liter sehingga jika kadar kalium darah yang lebih tinggi dari 7 milimol per liternya bisa berisiko penyakit dan ini harus segera memerlukan penanganan medis.

Dapat Menaikkan Berat Badan

Kandungan serat dan kalori yang tinggi didalam buah Kurma ini yang dapat mempengaruhi kenaikan berat badan dan ini bisa terjadi jika mengkonsumsinya dengan jumlah yang banyak tidak terkontrol, dan efek samping minum air rendaman kurma ini yang bisa memicu kegemukan.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai beberapa efek samping minum air rendaman kurma yang perlu kamu ketahui dan waspadai, untuk menghindari efek sampingnya maka bisa dengan meminum air rendaman kurma dengan porsi yang cukup semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.