Monday, 17 Jun 2024

Efek Samping Susu Kedelai Yang Harus Kamu Ketahui

5 minutes reading
Friday, 24 Feb 2023 01:12 0 330 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Efek samping susu kedelai perlu kamu ketahui dan waspadai karena memang masih banyak orang yang belum mengetahui, apalagi susu kedelai ini yang memiliki manfaat yang melimpah sehingga banyak orang yang mengkonsumsi susu yang satu ini.

Susu kedelai merupakan salah satu jenis minuman yang terbuat dari kacang kedelai, untuk proses pembuatannya yang sederhana dengan menggunakan bahan utama kacang kedelai yang direndam, digiling dan disaring hingga menghasilkan cairan putih.

Walaupun susu kedelai untuk proses pembuatan yang sederhana namun susu kedelai ini yang terkenal sebagai salah satu susu memiliki manfaat yang melimpah untuk kesehatan hal ini dikarenakan susu kedelai ini mengandung nutrisi didalamnya, bahkan susu kedelai ini menjadi salah satu alternatif untuk mereka yang tidak menyukai susu sapi.

Untuk manfaat dari susu kedelai yang berasa dari kandungan vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6, dan juga provitamin A, selain itu juga sumber mineral seperti magnesium, selenium, fosfor dan kalsium, sumber protein, sumber lemak dan juga sumber karbohidrat.

Dengan beragam kandungan yang begitu sangat banyak sehingga bermanfaat untuk kesehatan tubuh seperti membantu untuk mencegah peradangan, menurunkan kolesterol, membangun otot, dan bahkan menyehatkan jantung, namun jika kamu mengkonsumsi susu kedelai ini secara berlebihan tentu saja akan memicu timbulnya masalah kesehatan.

Untuk kamu yang ingin tahu apa saja efek samping susu kedelai kamu bisa dengan menyimak ulasannya dibawah ini.

Efek Samping Susu Kedelai

Efek Samping Susu Kedelai

Beragam manfaat kesehatan yang diberikan dari mengkonsumsi susu kedelai secara rutin dengan porsi yang sewajarnya, namun ternyata jika kamu mengkonsumsinya secara berlebihan yang terdapat efek sampingnya bagi kesehatan tubuh.

Adapun untuk beberapa efek samping susu kedelai yang bisa kamu ketahui dan waspadai yaitu sebagai berikut.

Menyebabkan Alergi

Dimana susu kedelai yang dapat memberikan efek sampingnya jika mengkonsumsinya secara berlebihan yaitu timbulnya alergi pada sebagian orang, alergi kedelai ini yang biasanya terjadi pada saat kekebalan tubuh yang salah mengartikan protein yang tidak berbahaya yang terdapat pada susu kedelai sebagai bahaya dan dapat menciptakan antibodi.

Untuk tanda-tanda dan gejala mengalami alergi susu kedelai ringan yaitu seperti gatal-gatal atau gatal di bagian dalam dan disekitar mulut, ruam dan juga lainnya, jika mengalami alergi setelah mengkonsumsi susu kedelai sebaiknya untuk menghentikan dan membatasi minum susu kedelai.

Dapat Menyebabkan Gas yang Berlebih

Susu kedelai yang mengandung oligosakarida dan serat dengan senyawa prebiotik ini yang akan membantu untuk memberi makan bakteri baik dan sehat didalam usus, namun ternyata dengan mengkonsumsi susu kedelai yang secara berlebihan yang akan menyebabkan perut menjadi kembung atau perut menghasilkan gas yang berlebih.

Dimana susu kedelai atau makanan yang menggunakan bahan kacang kedelai lainnya yang mengandung galactooligosaccharides dan senyawa ini yang merupakan jenis karbohidrat yang cukup sulit untuk dicerna pada sebagian orang, dengan begitu bisa menyebabkan gas, kembung dan rasa yang tidak nyaman.

Dapat Mempengaruhi Sistem Pencernaan

Dimana sebuah penelitian yang menunjukan bahwa dalam susu kedelai ini yang terdapat senyawa yang tertentu bisa secara negatif dapat mempengaruhi pada kesehatan sistem pencernaan, dimana senyawa tersebut seperti aglutinin yang dapat mempengaruhi sistem pencernaan dengan cara mempengaruhi fungsi struktur serta penghalang usus namun untuk penelitian ini yang masih berbasis hewan dan perlu dikembangkan lebih lanjut.

Selain itu juga yang mengandung antinutrisi lainnya seperti inhibitor trypsin, fitat, faktor penghambat a-amilase dan masih banyak lagi lainnya, dimana efek ini yang sebenarnya dapat dihindari dengan pengolahan kacang kedelai dengan tepat.

Dapat Mempengaruhi Fungsi Tiroid

Dimana susu kedelai yang mengandung goitrogen didalamnya yang ternyata bisa berdampak negatif untuk tiroid dengan cara menghalangi proses penyerapan yodium, dimana senyawa goitrogens ini jika kamu mengkonsumsinya secara berlebihan yang bisa menghalangi sintesis hormon tiroid dan bisa menyebabkan kanker tiroid dan hipotiroidisme.

Selain itu juga susu kedelai yang terdapat kandungan isoflavon yang termasuk dengan genistein yang bisa  menghalangi proses produksi hormon tiroid, tetapi untuk hal ini yang masih berbasis hewn dan perlu untuk penelitian yang lebih lanjut.

Dapat Menghalangi Penyerapan Protein

Untuk efek samping susu kedelai yaitu bisa menghalangi penyerapan protein walaupun susu kedelai ini yang telah dikemas dengan protein tanpa lemak, dengan trypsin dan juga protease inhibitor, namun hal ini yang merupakan enzim yang dapat menghambat dalam proses pencernaan protein.

Jika kamu mengkonsumsi susu kedelai ini dengan jumlah yang berlebihan yang akan menyebabkan timbulnya beberapa tekanan lambung yang bersamaan dengan kekurangan penyerapan asam amino, sehingga dengan begitu pastikan minum susu kedelai dengan jumlah yang pas.

Dapat Mempengaruhi Hormon

Dimana susu kedelai yang mengandung fitoestrogen yang dapat mempengaruhi hormon pria jika mengkonsumsinya dengan jumlah yang berlebihan, dimana kebanyakan kasus dengan mengkonsumsi makanan kedelai yang akan cenderung mempunyai konsentrasi sperma lebih rendah namun masih normal.

Susu kedelai juga yang mengandung kadar protein yang tinggi dapat meningkatkan panjang siklus haid atau menstruasi dan juga menurun kadar hormon FSH, selain itu juga terdapat kandungan isoflavon yang bisa berdampak negatif untuk tubuh wanita.

Dapat Menyebabkan Kekurangan Mineral

Dimana susu kedelai yang terkenal dengan konsentrasi asam fitat yang sangat tinggi jika dibandingkan dengan jenis kacang lainnya, dimana asam fitat ini yang dapat mengganggu penyerapan zat besi, kalsium, dan juga seng sehingga jika mengkonsumsi susu kedelai secara berlebihan yang bisa efek sampingnya yaitu meningkatkan risiko defisiensi mineral.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai beberapa efek samping susu kedelai yang perlu kamu ketahui dan waspadai dan untuk mencegah terjadinya efek samping tersebut maka kamu bisa mengkonsumsi susu kedelai dengan porsi yang wajar, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.