Thursday, 18 Jul 2024

Habitat Burung Lovebird Dimana?

4 minutes reading
Friday, 22 Sep 2023 14:42 0 265 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Mungkin masih banyak orang yang belum tahu dengan habitat burung lovebird dimana? Untuk kamu yang masih belum tahu dengan habitat burung yang satu ini maka bisa dengan simak penjelasannya disini.

Burung sendiri merupakan salah satu jenis hewan yang bertulang belakang (vertebrata) dengan memiliki paruh, sayap, bulu dan juga dua kaki, walaupun kebanyakan burung yang bisa terbang terdapat beberapa beberapa spesies burung tidak dapat terbang.

Salah satu jenis burung yang sering dipelihara yaitu burung lovebird atau burung cinta, dimana burung lovebird sendiri merupakan salah satu dari sembilan burung jenis spesies genus Agapornis dan mereka adalah burung dengan memiliki ukuran badan kecil antara 13 hingga 17 cm dengan beratnya 40 sampai 60 gram dan bersifat sosial.

Delapan dari spesies burung lovebird ini yang berasal dari Afrika, sementara untuk spesies burung lovebird dengan kepala abu-abu yang berasal dari Madagaskar, untuk nama mereka sendiri berasal dari kelakukan umum yang diamati bahwa sepasang burung cinta akan duduk berdekatan dan juga saling menyayangi satu sama lainnya.

Sifat pasangan burung lovebird adalah monogami di alam bebas untuk umur hidupnya yang rata-rata sekitar 10 hingga 15 tahun, jika di Indonesia burung lovebird ini paling banyak ditemukan yaitu di Papua dan di Sumatera Utara.

Burung lovebird ini yang memiliki beragam jenis diantaranya ada black-winged lovebird, black-masked lovebird, black-cheeked lovebird, fischer’s lovebird, peach-faced lovebird, lilian’s lovebird,  grey-headed lovebird or madagascar lovebird red-faced lovebird, dan juga black-collared lovebird or swindern’s lovebird.

Nah setelah kamu mengetahui dengan berbagai macam jenis spesies burung lovebird, maka selanjutnya kamu bisa mengetahui dengan habitat burung lovebird itu dimana dan untuk itu yuk simak penjelasannya disini dengan seksama.

Habitat Burung Lovebird Dimana?

Habitat Burung Lovebird Dimana?

Pastinya pada setiap makhluk hidup yang memiliki tempat untuk ditempatinya, tempat yang memiliki banyak fungsi untuk keberlangsungan hidupnya, habitat sendiri adalah lingkungan fisik di sekeliling populasi suatu spesies mempengaruhi dan juga dimanfaatkan oleh spesies tersebut untuk tempat tinggal serta berkembang biak.

Dimana menurut Clements dan Shelford tahun 1939 yang menyatakan bahwa burung yang memiliki habitatnya secara tidak langsung bisa mempengaruhi karakteristiknya, terdapat banyak sekali habitat digunakan untuk tempat tinggal dan berkembang biak seekor burung yaitu:

Di Hutan

Biasanya burung yang hidup di hutan ini yaitu burung dengan memiliki suara bagus dan kencang, hal ini yang bertujuan untuk membantu menarik pasangannya agar bisa berkembang biak.

Di Pantai

Burung yang hidup di pantai yang biasanya dihuni oleh jenis burung yang mempunyai paruh panjang hidup dengan cara berkelompok, hal ini karena daerahnya yang biasanya berlumpur dan ini bertujuan untuk membantu mempermudah mereka dalam mencari makanan atau pakan.

Di Sungai

Burung yang hidup dan tinggal di habitat sungai dengan airnya yang tidak terlalu deras dan dalam untuk membantu memudahkan mereka dalam mencari makanan atau pakan.

Di Savana

Untuk burung yang hidup di habitat yang satu ini yaitu burung yang hidupnya berkelompok, hal ini yang bertujuan untuk membantu mempermudah mereka dalam mencari makanan atau pakan dan juga melindungi mereka dari pemangsa.

Di Gua

Burung yang habitatnya berasal dari gua yang biasanya dijadikan sebagai tempat tinggal saja karena kondisi tempatnya gelap dan tidak sering dijumpai, sedangkan dalam mencari makan atau pakan biasanya mereka akan keluar dari gua.

Burung lovebird beraktivitas di alam liar yang cenderung rombongan atau bergerombol termasuk mencari makan, mereka hanya terpisah sekitar 10 hingga 15 meter saja jika dalam keadaaan mencari makan, tetapi dalam keadaan tidur biasanya akan saling berdempetan dua-dua seperti layaknya pasangan.

Tempat habitat burung lovebird yang paling disukai di alam liar yaitu sebagai berikut:

Di Perbukitan

Perbukitan adalah salah satu habitat burung lovebird paling disukai, karena mereka yang suka memakan biji-bijian, tumbuhan hijau, biji bunga matahari dan juga sebagainya adalah makanan kesukaan mereka.

Di Lembah atau Pegunungan

Lembang atau pegunungan yang menyimpan tumbuh-tumbuhan bahkan bisa dengan mudah dalam mencari air, biasanya burung lovebird ini yang bisa dilihat pada pagi hari selalu minum dan juga mandi di tepian sungai.

Di Pohon Berlubang

Terakhir habitat burung lovebird yaitu di pohon berlubang baik itu di pohon, perkampungan atau mana saja dengan udaranya sejuk dan memiliki pohon besar berlubang maka menjadi sasaran utama burung lovebird tinggal di sana menjadi sarang favoritnya.

Bahkan tidak hanya pohon berlubang saja menjadi incaran burung lovebird terkadang jika pohon tersebut yang masih segar dan juga lingkungan asri maka akan menjadi incaran mereka dalam memasang sarang kedua pasangan tersebut.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai dengan beberapa habitat tempat tinggal burung lovebird yang bisa kamu ketahui, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.