Monday, 17 Jun 2024

Hukum Memandikan Kucing

5 minutes reading
Monday, 18 Sep 2023 05:25 0 74 Sela Rahma

Nesiaverse.com – Apa hukum memandikan kucing? Apakah memandikan kucing itu ada hukum-hukum tertentunya? Kalau begitu langsung saja baca artikel ini sampai selesai, jika kamu ingin mengetahui terkait hukum dalam memandikan kucing itu seperti apa saja.

Kucing merupakan hewan yang menyukai kebersihan, baik itu kebersihan tubuhnya ataupun lingkungan di sekitarnya. Biasanya kucing juga bisa mandi dengan sendirinya, mereka akan menjilat-jilati tubuh atau bulunya untuk melakukan perawatan agar tubuhnya bersih dari debu.

Tapi, mau bagaimanapun juga kalau kucing peliharaan pastinya sudah menjadi tanggung jawab kamu sebagai majikan untuk merawat kucing dengan baik. Menjaga kesehatannya agar bulu kucing tidak rontok, kusut, rusak serta menjaga kebersihan tubuhnya secara menyeluruh.

Lalu kalau begitu apa hukum memandikan kucing? Nah, disini akan memberikan beberapa penjelasan tentang hukum memandikan kucing, apakah wajib? Sunnah? Haram? atau bahkan mungkin ada hukumnya tertentu. Jadi simaklah penjelasannya di bawah ini dengan seksama!

Hukum Memandikan Kucing

Hukum Memandikan Kucing

Buat kamu para cat lovers tentunya pernah kan mendengar istilah atau perkataan dari orang tua zaman dulu yang mitosnya tidak boleh memandikan kucing, karena nantinya akan turun hujan atau bisa bikin kamu sakit. Namun, nyatanya itu hanya mitos belaka yang dibuat orang dahulu.

Faktanya kucing juga sering kali memandikan dirinya sendiri, tubuh mereka juga bisa kotor terkena debu atau radikal bebas lainnya dan perlu melakukan pembersihan supaya kucing tidak sakit karena tidak menjaga kebersihan tubuhnya dengan baik yang bisa mengundang penyakit.

Bahkan dalam beberapa ketentuan atau anjuran dari berbagai pakar hewan mengenai boleh atau tidaknya memandikan kucing itu tentunya boleh dan dianjurkan untuk memandikannya setiap 4-6 minggu sekali. Tapi, menurut hukum tidak ada suatu larangan memandikan kucing.

Waktu yang tepat atau disarankan untuk memandikan si kucing adalah pada saat matahari masih terang, yaitu ketika pagi hari pukul 8-10 pagi yang dimana sinar matahari pada waktu itu masih sangat terang dan hangat serta bagus juga untuk menjemur si kucing setelahnya.

Hindari memandikan kucing di siang hari dan sore hari menuju petang, karena suhu pada jam tersebut akan mulai dingin dan di siang hari suhunya akan terasa menyengat sangat tidak baik untuk memandikan si kucing pada jam-jam tersebut. Selain itu cahaya matahari akan meredup.

Tidak lupa juga dengan menggunakan air hangat ketika memandikan si kucing, supaya lebih nyaman dan tidak membuatnya kedinginan. Sebaiknya kamu juga tidak terlalu lama-lama memandikan si kucing supaya tidak kedinginan dan langsung segera untuk mengeringkannya.

Sebenarnya memandikan kucing itu tergantung seberapa kotornya kucing kamu dan sesuai ras kucing kamu. Karena setiap jenis kucing atau ras-ras tertentu, pastinya memiliki ketentuan atau aturan dalam memandikan si kucing itu baiknya berapa kali dalam seminggu atau bahkan berminggu-minggu baru boleh dimandikan. Tidak sembarangan juga buat mandiin mereka.

Waktu yang dibutuhkan untuk grooming kucing sekitar 1-4 jam lamanya, mulai dari mandi, mengeringkan bulunya, memberikan perawatan bulu dan semacamnya untuk membersihkan. Adapun grooming untuk kucing harus sesuai dengan kondisi atau kebutuhannya seperti halnya berikut di bawah ini:

  • Seberapa seringnya kucing berada di luar ruangan atau berada di dalam ruangan, sehingga menentukan seberapa kotornya kucing dan segera untuk dimandikan.
  • Tergantung ras kucing tersebut yang dimana setiap ras memiliki perbedaan ciri khasnya masing-masing, seperti ras kucing yang mempunyai bulu yang lebih panjang dan lebat atau ras kucing yang mempunyai bulu yang lebih pendek. Sehingga keduanya mendapatkan perawatan yang berbeda tentunya dalam memandikan si kucing.
  • Sesuai seberapa sering kucing melakukan perawatan sendiri atau grooming dengan sendirinya, karena kucing ini biasanya rutin memandikan tubuhnya sendiri dengan menjilat-jilati tubuhnya. Nah, buat kucing yang obesitas atau memiliki berat badan berlebih pastinya akan cukup sulit untuk melakukan grooming sendiri.
  • Kucing yang lebih aktif dan hiperaktif pastinya akan lebih sering beraktivitas diluar ruangan maupun di dalam ruangan, berbeda dengan kucing yang pendiam atau tidak begitu aktif. Sehingga keduanya akan mendapatkan perawatan yang berbeda, kucing yang lebih aktif akan sering terkena debu atau kotor dibandingkan kucing pasif.

Menurut National Cat Groomers of American, menjelaskan bahwa idealnya kucing mandi itu cukup 4-6 minggu sekali. Memandikan kucing 1 kali dalam seminggu pun sebenarnya tidak direkomendasikan, hanya saja ada kondisi tertentu yang dimana si kucing memerlukan pembersihan yang lebih maksimal yang mereka sendiri tidak bisa mengatasinya sendiri.

Seperti apa maksudnya? Misalnya ketika kucing kamu mengalami masalah kutuan dan jamuran yang dimana perlu segera untuk diatasi atau dibasmi agar tidak semakin parah kondisinya. Biasanya untuk kucing yang mengalami kedua hal itu, bisa kamu mandikan 2x dalam seminggu untuk hasil yang lebih maksimal dengan menggunakan shampo khusus.

Jadi dalam hukum manapun atau bahkan sesuai hukum agama tertentu dalam memandikan kucing itu tidak ada larangan dan boleh memandikan kucing guna untuk menjaga kebersihan serta menghindari kucing dari berbagai penyakit kulit seperti jamur, scabies dan lain-lain.

Itulah beberapa penjelasan singkat tentang hukum memandikan kucing yang mungkin perlu untuk kamu ketahui, supaya tidak salah kaprah lagi nih soal adanya suatu hukum dalam memandikan kucing. Padahal memandikan kucing itu boleh-boleh saja, malahan dianjurkan.

Usahakan untuk tidak memandikan si kucing setiap hari, karena bisa menyebabkan kulit kucing menjadi kering, iritasi dan mengalami kerontokkan pada bulunya. Hindari pemakaian produk shampo yang bukan diformulasikan untuk kucing. Good Luck semoga membantu.