Monday, 17 Jun 2024

10 Ide Kerajinan Tangan dari Barang Bekas

6 minutes reading
Wednesday, 15 Feb 2023 19:26 0 560 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Pastinya kita memiliki barang yang sudah tidak digunakan lagi dirumah, barang bekas tersebut jangan langsung kamu buang begitu saja karena barang tersebut bisa kamu kreasikan dan jadikan ide kerajinan tangan dari barang bekas.

Kerajinan tangan atau hasta karya sendiri merupakan salah satu kegiatan yang akan memfokuskan pada keterampilan tangan individu serta kegunaan dalam mengolah bahan baku yang kerap kamu jumpai di lingkungan dan bahkan bisa menjadi benda yang bisa digunakan kembali dan bernilai estetis bahkan bisa dijual.

Kerajinan tangan dengan kata lainnya yaitu merupakan salah satu kegiatan keterampilan tangan untuk menciptakan dan mengolah suatu barang atau benda menjadi sesuatu yang lebih bernilai, dimana kamu bisa menggunakan bahan bekas dari sampah anorganik yang dijadikan kerajinan tangan seperti kardus, botol. kain perca, plastik dan juga barang bekas lainnya.

Nah untuk kamu yang mungkin ingin tahu dengan ide kerajinan tangan dari barang bekas, maka kamu bisa dengan menyimak ulasan di bawah ini dengan seksama.

Ide Kerajinan Tangan dari Barang Bekas

Ide Kerajinan Tangan dari Barang Bekas

Untuk kamu yang merasa bingung atau bosan untuk melakukan berbagai kegiatan, maka kamu bisa dengan mencoba untuk membuat ide kerajinan tangan dari barang bekas yang akan menjadi solusi alternatif menemani kamu dalam waktu luang, selain dengan memanfaatkan waktu luang kamu juga akan menjadi lebih produktif dan tentunya memiliki barang yang baru dari barang bekas.

Untuk itu berikut beberapa ide kerajinan tangan dari barang bekas bisa kamu coba dan lakukan dengan mudah dirumah dan tentunya contoh-contoh kerajinan barang bekas dibawah ini yang akan menjadi inspirasi kamu membuat barang yang serupa.

Mendaur Ulang Botol Bekas

10 Ide Kerajinan Tangan dari Barang Bekas

Untuk kamu yang memiliki botol bekas cukup banyak dan sudah tidak layak digunakan kembali maka bisa kamu jadikan ide kerajinan, sudah banyak sekali ide kerajinan dari barang bekas seperti botol yang bisa kamu manfaatkan baik itu untuk botol plastik atau botol kaca.

Dengan botol bekas kamu bisa dengan membuat vas bunga dengan menambahkan berbagai lukisan untuk menghias botol bekas tersebut menjadi lebih unik dan menarik, selain dibuat vas buka kamu juga bisa membuat dompet koin dari botol plastik bekas atau sebagai tempat pencil.

Membuat Boneka dari Sarung Tangan

Sarung tangan rajut yang kamu miliki sudah tidak layak digunakan lagi maka bisa kamu kreasikan menjadi boneka mini dan ini menjadi salah satu ide kerajinan tangan dari barang bekas yang bisa kamu coba, dalam pembuatannya juga cukup sederhana kamu hanya perlu membutuhkan bahan tambahan lainnya seperti kapuk untuk isian bonekanya.

Untuk bentuk bonekanya kamu bisa sesuaikan dengan keinginan atau kreasi kamu dimana kamu bisa dengan membuat boneka seperti teddy bear atau karakter lainnya yang kamu sukai, kamu juga bisa membuat boneka yang lucu dari kaos kaki bekas jika memang kamu tidak memiliki sarung tangan bekas.

Membuat Vas dari Lampu Bohlam

10 Ide Kerajinan Tangan dari Barang Bekas

Untuk kamu yang menggunakan lampu bohlam untuk kamar namun sudah tidak terpakai lagi, daripada asal buang saja lampu bohlam yang sudah tidak terpakai dan sudah tidak menyala lagi dan kamu bisa memanfaatkannya untuk menjadi pajangan di kamar atau rumah kamu yang menarik.

Lampu bohlam tersebut bisa kamu jadikan sebagai ide kerajinan yaitu dengan mengubahnya menjadi sebuah vas bunga yang unik dan juga menarik, selain vas bunga yang unik tentu saja akan membuat ruangan menjadi lebih berkreasi dan tentunya lebih menarik.

Membuat Tempat Sendok dari Kaleng Bekas

10 Ide Kerajinan Tangan dari Barang Bekas

Untuk kamu yang memiliki kaleng bekas jangan langsung dibuang karena kamu bisa membuat kerajinan dari barang bekas yang satu ini, untuk cara membuat kerajinan dari kaleng bekas ini yang paling mudah untuk kamu lakukan dirumah.

Kaleng bekas minuman atau makanan ini yang bisa kamu sulap menjadi sebuah tempat sendok atau tempat pensil yang cantik, untuk cara membuatnya cukup dengan menghiasnya sesuai dengan keinginan sehingga tampilannya menjadi lebih menarik namun jika masih bingung cara membuatnya kamu bisa dengan mencari inspirasinya di internet.

Membuat Lampu dari Sendok

Untuk kamu yang memiliki banyak sendok plastik bekas dan sudah tidak layak digunakan lagi maka bisa kamu gunakan untuk membuat lampu dari sendok, sendok plastik bekas ini jangan kamu buang dan kamu bisa mengumpulkannya agar lebih banyak untuk dimanfaatkan dalam ide kerajinan pembuatan lampu yang artsy.

Daripada sendok plastik bekas ini mubazir dan kamu buang mending kamu gunakan dalam membuat kerajinan dari barang bekas yang memiliki nilai seni, untuk cara pembuatannya kamu bisa dengan melihatnya tutorialnya di YouTube yang bisa dilakukan dengan mudah dirumah.

Membuat Keset dari Kaos Bekas

Daripada kaos didalam lemari sudah tidak digunakan lagi kamu bisa membuat ide kerajinan tangan dari kaos-kaos bekas yang sudah tidak digunakan lagi, salah satunya dengan dijadikan bahan untuk membuat sebuah keset, namun jika kaos-kaos tersebut masih layak digunakan maka sebaiknya disumbangkan untuk orang yang membutuhkan.

Untuk membuat keset dari kaos bekas ini cukup mudah dan praktis yang bisa kamu lakukan dirumah untuk menemani kamu di waktu luang, namun jika masih bingung dengan caranya kamu bisa dengan melihat tutorialnya dari internet.

Membuat Bunga dari Sedotan atau Kertas

Membuat sebuah bunga dari sedotan atau kertas yang menjadi salah satu ide kerajinan tangan dari barang bekas yang bisa kamu coba dan lakukan dengan mudah dirumah, untuk pembuatan bunga sendiri yang cukup sederhana  dan juga bahan yang dibutuhkan mudah ditemukan.

Dimana kamu bisa dengan memanfaatkan kertas bekas untuk membuat paper quilling yaitu ide kerajinan atau seni menurun potongan kertas kecil untuk menjadikan sebuah bentuk yang lebih detailnya, ide kerajinan ini tentu saja bisa kamu gunakan untuk pajangan kamar atau ruang tamu.

Membuat Papan Memo dari Styrofoam

Jika kamu menggunakan styrofoam dan terdapat sisa dan tidak digunakan maka bisa kamu daur ulang styrofoam ini untuk membuat papan memo atau message board untuk memajang berbagai foto, memo atau kenang-kenangan yang lainnya dan kamu bisa membuatnya lebih menarik dan keren lagi sesuai dengan keinginan.

Dimana kamu bisa dengan menggunakan bahan kain bekas dengan memiliki motif yang unik dan menarik untuk digunakan melapisi styrofoam tersebut, untuk caranya yang sangat praktis dan mudah untuk memanfaatkan styrofoam bekas tersebut.

Kerajinan dari Roll Tisu Toilet

Rol tisu toilet bisa kamu jadikan sebagai bahan kerajinan dari barang bekas yang bisa kamu gunakan, dengan bahan roll tisu toilet kamu bisa membuat banyak ide kerajinan atau kreasi yang lucu salah satunya dengan menjadikan wall art untuk mempercantik dinding ruangan.

Namun selain itu juga kamu bisa membuat ide kerajinan lainnya dari bahan roll tisu toilet ini seperti tempat pensil, bungkus kado yang berukuran kecil, tempat penyimpanan barang seperti jam tangan atau gelas dan bahkan bisa kamu gunakan untuk membuat phone stand.

Mendaur Ulang dari Tutup Botol Bekas

Dalam pembuatan ide kerajinan dari barang bekas yang biasanya hanya menggunakan botolnya saja namun kamu juga bisa memanfaatkan tutup botolnya untuk membuat kerajinan, tutup botol bisa kamu jadikan sebagai kreasi seni seperti dijadikan untuk membuat jam dinding, hiasan cermin dan juga bisa dijadikan tong sampah.

Mungkin hanya itu saja beberapa ide kerajinan tangan dari barang bekas yang bisa kamu coba dan lakukan dirumah dengan mudah dan ini juga untuk menemani kamu dalam waktu luang, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat selamat untuk mencoba.