Thursday, 20 Jun 2024

5 Ikan yang Bagus Untuk Ibu Hamil Agar Bayi Cerdas

6 minutes reading
Tuesday, 28 Nov 2023 06:45 0 220 Muti Karya

Nesiaverse.com – Ada beberapa jenis ikan yang bagus dan baik dikonsumsi untuk ibu hamil agar bayi cerdas. Tentunya semua orang tua menginginkan anak yang baik dan cerdas bukan? Nah hal tersebut dapat kamu penuhi dengan mengonsumsi jenis makanan bernutrisi seperti ikan. 

Banyak sekali jenis makanan yang baik dan bergizi, sehingga dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan otak di kecil di dalam kandungannya. Selain itu perkembangannya akan terbentuk secara optimal. 

Ikan sendiri merupakan salah satu jenis makanan yang kaya akan nutrisi dan tinggi. Sehingga dapat nutrisi otak secara baik, dan memiliki banyak nutrisi yang baik bagi janin selama masa kehamilan berlangsung. Namun, kamu harus mengetahui jenis ikan apa saja. 

Ikan yang Bagus Untuk Ibu Hamil Agar Bayi Cerdas

Ikan yang Bagus Untuk Ibu Hamil Agar Bayi Cerdas

Memiliki anak yang cerdas merupakan impian setiap orang tua. Nah, sebagai salah satu upaya untuk mendukung dan mengoptimalkan perkembangan otak si kecil, adalah sejak dari masa didalam kandungan. 

Kecerdasan anak, dapat diupayakan dengan memperhatikan asupan makanan, yang mana mendukung asupan omega-3. Omega-3 sendiri berasal dari jenis makanan laut, misalnya adalah jenis ikan. 

Namun, tentunya kamu harus memperhatikan jenis ikan yang dikonsumsi, yaitu ikan yang bagus untuk ibu hamil agar sang bayi cerdas. Selain itu juga ada beberapa jenis makanan laut, yang dapat menutrisi dan dengan baik. 

Kandungan asam lemak omega-3 terdapat dalam banyak ikan, diantaranya adalah kandungan asam docosahexaenoic atau DHA yang mana dapat membantu untuk meningkatkan perkembangan otak si kecil. 

Nah, langsung saja berikut beberapa jenis ikan yang bagus dikonsumsi untuk ibu hamil agar bayi cerdas. 

Ikan Salmon

5 Ikan yang Bagus Untuk Ibu Hamil Agar Bayi Cerdas

Ikan pertama yang bagus untuk ibu hamil agar bayi cerdas adalah ikan salmon. Ikan salmon merupakan salah satu jenis ikan yang baik dikonsumsi ketika masa hamil berlangsung. Hal ini dikarenakan kandungan asam lemak omega-3, DHA dan EPA di dalamnya. 

Yang mana kandungan dari ikan salmon tersebut dapat membantu mengoptimalkan pertumbuhan neurologis dan juga penglihatan pada janin. Sehingga jika kamu ingin memiliki anak yang cerdas dari masa kandungan, maka konsumsilah ikan salmon. 

Selain itu ikan salmon juga memiliki manfaat yang baik untuk kulit. Hal ini dikarenakan kandungan omega-3 yang dapat membantu meredakan kondisi peradangan yang berdampak negatif dan dapat merusak kolagen. 

Selain itu ikan salmon juga dikatakan sebagai salah satu makanan super yang baik untuk kesehatan kulit. Omega-3 yang ada di dalam ikan salmon dapat membantu menenangkan peradangan yang menyebabkan kerusakan kolagen. 

Sehingga mengkonsumsi ikan salmon memiliki manfaat, dimana kita akan tampak awet muda, hal ini merupakan salah satu ungkapan dari Dr, Rachel Nazarian dari Schweiger Dermatology group di New York. 

Maka, ikan salmon merupakan salah satu jenis ikan yang dapat dikonsumsi oleh ibu hamil sedari dini. Selain bermanfaat untuk mendukung perkembangan otak janin agar cerdas, manfaatnya juga akan didapatkan sang ibu yang memiliki kulit tampak awet muda. 

Ikan Kembung

5 Ikan yang Bagus Untuk Ibu Hamil Agar Bayi Cerdas

Selanjutnya, ikan yang bagus untuk ibu hamil agar bayi cerdas adalah ikan kembung atau dikenal dengan chub mackerel uga. Ikan satu ini termasuk ke dalam jenis ikan yang bagus dan baik dikonsumsi ibu ketika hamil.

Hal ini dikarenakan kandungan ikan yang berminyak dan sangat baik untuk perkembangan bayi. Namun, dalam mengkonsumsi ikan kembung ini kamu harus mematuhi porsi yang baik. Korean mengkonsumsinya secara berlebihan kandungan polutan dioksin dan polychlorinated biphenyls atau PCB ini tidak boleh berlebihan.

Kamu dapat mengisi usmi ikan kembung atau berminyak seperti ini, kiper, mackerel, parts sarden, ikan teri, herring yaitu 2 porsi dalam seminggu. 

Kandungan di dalamnya sangat baik dan bagus untuk mendukung perkembangan otak dan bayi sejak dari janin. Hal ini dijelaskan langsung oleh seorang ahli nutrisi kehamilan, yaitu Dr, Rene Conway.

Yang dikutip dari Made for Mums ” Kamu tidak dapat mengonsumsi asam lemak ini dari makanan lainnya, sehingga disarankan untuk makan ikan berminyak sekali atau dua kali dalam seminggu. 

Ikan Lele

5 Ikan yang Bagus Untuk Ibu Hamil Agar Bayi Cerdas

Ikan lele merupakan jenis ikan yang juga bagus di konsumsi oleh ibu hamil agar bayi cerdas. Ikan yang mudah ditemukan ini memiliki kandungan lemak baik dan protein yang cukup tinggi di dalamnya. 

Selain itu kandungan 2 zat gizi inilah yang akan membantu untuk menyokong pertumbuhan dan perkembangan janin secara maksimal. Ikan lele juga termasuk jenis ikan yang dibutuhkan oleh otak. Manfaatnya bahkan dapat membantu untuk mencegah risiko terjadinya cacat janin. 

Ikan lele memiliki kandungan vitamin B12 di dalamnya, yang mana dapat ditemukan did alma produk hewani. Kandungan B12 ini memiliki fungsi yang baik dalam mencegah resiko cacat janin. 

Nutrisi itulah yang penting untuk kesehatan ibu, karena dapat membantu tubuh untuk membuat DNA dan juga mampu membantu menjaga saraf dan sel darah berfungsi dengan baik bagi keduanya. 

Selain itu, daging dari ikan elle ini juga kaya akan kandungan fosfor dan kalium yang dibutuhkan oleh otak. Fosfor sendiri merupakan jenis mineral yang dibutuhkan untuk membentuk tulang janin. 

Sementara manfaat dari kalium inilah yang kena membantu jantung dan pembuluh darah agar tetap lebih sehat. Ikan lele juga dapat membantu mengoptimalkan otak janin, karena kandungan omega-3 didalam ikannya. 

Meskipun tidak termasuk ke dalam jenis ikan berlemak seperti salomo, ikan lele tetap menjadi salah satu sumber asam lemak omega dan alternatif yang baik bagi ibu dan janin. Asam lemak omega-3 , seperti EPA dan DHA ini memang baik untuk kesehatan otak, jantung, sistem imun hingga ketajaman si kecil dalam masa kandungan. 

Ikan Bawal

Ikan bawal juga termasuk ke dalam deretan ikan yang bagus dikonsumsi untuk ibu hamil agar bayi cerdas. Ikan bawal ini juga memiliki kandungan yang padat nutrisi di dalamnya dan berguna bagi ibu maupun si kecil di dalam kandungannya. 

Dikutip dari India Agronet, yang mana ikan bawal sendiri kaya akan kandungan asam lemak esensial atau asam lemak omega-3 dan mineral di dalamnya. Ikan bawal ini memiliki kandungan lemak yang tinggi. 

Selain itu memiliki kandungan kalsium, vitamin A dan vitamin D, disertai vitamin B dan vitamin B12 di dalamnya. Ikan bawal memang menjadi salah satu jenis ikan yang baik untuk mendukung perkembangan otak bayi sejak dalam masa kandungan. 

Adanya peningkatan asupan vitamin B12 ini dapat membuatnya penting dalam mendukung sistem saraf. Nutrisi ini juga memiliki kandungan atau jumlah yodium yang baik dan juga penting untuk kelenjar tiroid. 

Selain itu, tidak hanya memberikan manfaat untuk kehamilan saja, ikan bawal juga baik dan bagus untuk ibu hamil dalam mengoptimalkan penglihatan dan kesehatan rambut serta kulit sang ibu maupun janin. 

Ikan Nila

Terakhir, ikan yang dapat dikonsumsi dan bagus untuk mendukung masa kehamilan adalah ikan nila. Ikan nila memiliki kandungan yang sangat rendah akan kolesterol. Ikan satu ini menjadi ikan yang sangat bagus dan direkomendasikan bagi ibu hamil. 

Ikan nila memiliki kandungan protein yang tinggi disertai niacin, selenium, vitamin B12 hingga potassium di dalamnya. Maka, kamu dapat mengkonsumsi ikan satu ini untuk mendukung perkembangan otak bayi 

Kandungan fosfor memiliki manfaat untuk membantu pembentukan tulang dan gigi janin, selain itu tulang ibu juga tidak akan menjadi mudah keropos, karena janin sendiri akan mengambil fosfor dari tubuh sang ibu. 

Niacin merupakan salah satu zat yang memiliki manfaat untuk mengubah karbohidrat menjadi gula dan kemudian dibakar menjadi energi. Ibu hamil yang muda kelelahan akan terganti energinya dengan mengkonsumsi ikan nila ini.

Nah, demikian pembahasan mengenai beberapa jenis ikan yang bagus untuk ibu hamil agar bayi berkembang dengan baik dan cerdas sejak dalam kandungan. Kamu dapat mengonsumsi jenis ikan di atas sebagai salah satu menu atau lauk pauk dalam masa kehamilan.