Monday, 15 Apr 2024

Jagung Termasuk Buah atau Sayur?

4 minutes reading
Saturday, 13 Jan 2024 09:29 0 55 Muti Karya

Nesiaverse.com – Apakah jagung termasuk jenis buah atau sayur? Pertanyaan satu ini kerap kali dilontarkan, karena memang tidak sedikit yang masih kebingungan mengenai jagung adalah buah atau sayuran, 

Jagung sarkali dikonsumsi karena memiliki rasa renyah yang manis, jagung sendiri menjadi salah satu makanan yang sering dikonsumsi. Jagung dapat diolah menjadi berbagai jenis masakan atau bisa dimakan secara langsung. 

Jagung memiliki rasa yang renyah dan manis, bakwan jagung juga banyak digunakan sebagai pelengkap dalam membuat sayur bening ataupun sup krim. Sehingga menjadi lebih ezt lagi ketika dinikmati nantinya. 

Bagi kamu yang gemar mengkonsumsi jagung, tentunya kamu penasaran bahwa jagung ini sebenarnya termasuk jenis buah atau sayuran bukan? Nah, untuk mengetahuinya kamu dapat menyimak pembahasan secara jelasnya dalam artikel kami berikut ini. 

Jagung Termasuk Buah atau Sayur?

Jagung Termasuk Buah atau Sayur?

Selain tomat, jagung merupakan salah satu yang sering diperdebatkan masuk ke dalam kategori keluarga sayuran atau buah-buahan. Karena masih banyak yang kebingungan dan berdebat jika jagung ini termasuk buah atau sayuran. 

Namun, perdebatan terkait tomat sendiri sudah selesai karena adanya penjelasaan jika tomat ini masuk ke dalam jenis buah. Namun, bagaimana dengan jagung? Jagung termasuk buah atau sayuran? Nah, untuk menemukan jawabannya, kamu harus mengetahui tentang biologi jagung dulu. 

Satu tanaman jagung ini dapat menambahkan beberapa calon tongkol jagung. Hal ini adalah tanaman betina, sementara tanaman jantan akan memiliki rumbai atau rambut jagung diatasnya. 

Di atas rumbai tersebut terdapat serbuk sari atau sperma di dunia tumbuhan yang perlu kamu ketahui. Nantinya, serbuk sari inilah yang akan membuahi gumpalan-gumpalan yang berbadan kecil di tongkol jagung tersebut. 

Sebelum menjadi jagung seperti yang kamu konsumsi, pada dasarnya tanggung sendiri adalah sebuah silinder keras yang tertutup ratusan ovula yang tidak dapat dibuahi. Dimana masing-masing ovula ini akan menumbuhkan satu helai rambut yang keluar ke bagian atas.

Helaian rambut tersebut nantinya akan menggantung keluar dan memiliki tugas untuk menangkap serbuk sari di rambutnya yang cukup lengket. Jika tertangkap, maka helaian rambut itu akan menumbuhkan tabung serbuk sari.

Sehingga hal itulah yang akan menumbuhkan tabung serbuk sari sehingga memeungkinkan gen jantan ini melakukan perjalanan menuju proses pembuahan di ovula. Ovula yang sudah dibuahi ini nantinya akan tumbuh menjadi satu bulir jagung yang dikenal dengan kernel. 

Pembuahan ini sendiri hanya terjadi dalam 400 hingga 600 kali untuk menghasilkan satu tongkol jagung yang utuh. 

Dikutip dari lama Pop Science, Marvin Pritts, mengatakan bahwa seorang peneliti dan profesor hortikultura di Cornell University ini mengungkapkan, jika kamu mengonsumsi sayur dan buah adalah dengan melihat bagian yang berasal dari ovarium atau jaringan reproduksi lainnya, maka termasuk buah.

Sementara yang lainnya disebut dengan sayuran, jagung merupakan biji yang berasal dari bunga atau indung telur tanaman jagung. Jadi secara teknis jagung merupakan buah. 

Selain itu menurut Gorin, ” Definisi dari sayuran adalah tanaman herba yang biasanya ditanam untuk mendapatkan bagian yang dapat dimakan yang biasanya dimakan sebagai bagian dari makanan” jelasnya. 

Dalam Pedoman Diet A.S 2015-2020 untuk orang Amerika mencantumkan jika jagungs egia sayauran dan biji-bijian. Jadi sebenarnya identitas ganda ini untuk jagung dan sebenarnya sah-sah saja. Karena jagung lebih tinggi karbohidrat dan dari daripada sayuran berdaun hijau. 

Maka, jagung termasuk buah atau sayuran? Jawabannya bisa keduanya, sesuai pada penjelasan dalam pedoman Diet A.S sebelumnya. Dan itu sah-sah saja

Jagung juga biasanya dianggap sebagai sayuran bertepung, contoh sayuran bertepung lainnya adalah kentang dan labu. Adapun beberapa definisi buah, dan jagung juga cocok untuk semuanya. Salah satunya adalah definisi buah ” hasil atau produk dari tanaman” 

” Dalam hal satu ini, agung dapat dianggap sebagai buah” ujar Gorin. Definisi buah-buahan yaitu hasil yang tumbuh dari biji atau bunga tanaman. Hal ini berbeda dengan sayuran yang tumbuh dari daun, batang atau lainnya. 

Nah, demikian penjelasan mengenai jagung termasuk jenis buah atau sayuran, yang mana jagung ini masih perdebatan. Namun, memang jagung bersifat gandang bisa menjadi sayuran atau buah-buahan, hal ini sah-sah saja.