Thursday, 20 Jun 2024

6 Jamu Cucak Ijo Macet Bunyi

4 minutes reading
Wednesday, 18 Oct 2023 13:22 0 322 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Mungkin sebagian orang yang merasa bingung dengan burung cucak ijo yang tiba-tiba menjadi malas berbunyi atau macet bunyi, namun jangan khawatir masalah tersebut yang bisa kamu atasi dengan memberikan jamu burung cucak ijo macet bunyi.

Siapa yang tidak tahu dengan burung cucak ijo dimana jenis burung kicau yang satu ini hampir semua orang tahu terutama mereka yang pecinta burung kicau, karena memang burung cucak ijo yang sering diikutsertakan dalam lomba atau kontes baik itu lokal maupun nasional.

Burung cucak ijo sendiri merupakan salah satu burung kicau dengan memiliki warna bulu yang dominan hijau yang terlihat sangat indah, tidak hanya itu saja burung ini juga yang memiliki suara kicau yang merdu dan juga nyaring dan memiliki varian suara yang sangat beragam.

Sehingga tidak heran jika burung cucak ijo ini yang memiliki banyak penggemarnya ditambah lagi harga burung cucak ijo di pasaran yang stabil, untuk memelihara burung cucak ijo juga yang terbilang cukup mudah sama seperti memelihara burung kicau lainnya.

Tetapi terkadang burung cucak ijo yang mengalami masalah seperti burung macet bunyi karena memang burung cucak ini yang akan ada masanya dimana burung tersebut yang macet bunyi, padahal sebelumnya burung tersebut selalu berbunyi.

Penyebab Burung Cucak Ijo Macet Bunyi

Jamu Cucak Ijo Macet Bunyi

Jika burung cucak ijo peliharaan kamu yang mengalami hal tersebut yaitu macet bunyi maka sangat penting juga untuk mengetahui dengan faktor penyebabnya, karena burung yang sedang macet bunyi dan juga giras yang disebabkan oleh beberapa faktor penyebabnya dan adapun untuk beberapa faktor penyebabnya yaitu sebagai berikut:

Kondisi Kesehatan

Kondisi kesehatan tentu saja yang berpengaruh dengan burung cucak ijo menjadi macet bunyi, kondisi burung yang drop atau sakit karena perubahan cuaca alam yang membuat burung tersebut tidak fit sehingga akan mudah terserang penyakit atau virus lainnya membuat burung tersebut menjadi macet bunyi.

Mengalami Stres

Penyebab burung cucak ijo macet bunyi yang bisa dikarenakan akibat burung tersebut mengalami stres, stress sendiri yang bisa akibat seperti sangkarnya yang terjatuh membuat burung merasa kaget dan mengalami luka dibagian dalam maupun luarnya.

Selain itu juga bisa juga gara-gara burung cucak ijo yang diserang oleh hewan predator seperti anjing, kucing, ular dan lainnya yang bisa membuat kondisi psikis burung cucak ijo yang menjadi traumatik.

Salah Perawatan Harian

Permasalahan perawatan harian yang menjadi hal yang paling utama sehingga jika burung cucak ijo ini yang salah dalam proses perawatan hariannya yang bisa membuat burung tersebut menjadi macet bunyi, intinya dalam merawat burung harus konsisten dan berikan yang terbaik untuk burung tersebut.

Mengalami Over Birahi

Burung cucak ijo yang mengalami over birahi yang menjadikannya menjadi macet bunyi, terlihat menunjukan perilaku terlalu agresif, galak walaupun bunyi suara monoton dan tidak mau bongkar isian, over birahi bisa disebabkan dari ef berlebih, di cas dengan burung betina sehingga over birahi.

Drop Mental

Burung cucak ijo yang sering di bawa ke arena lomba dengan jam terbang yang terlalu padat sehingga membuat burung tersebut menjadi cape atau ngedrop mentalnya kalah tanding di arena gantangan, sehingga membuat mental burung menjadi turun dan mengalami macet bunyi.

Memasuki Masa Mabung

Memasuki masa mabung biasanya burung cucak ijo yang akan menjadi malas bunyi atau macet bunyi, sehingga jika burung cucak ini memasuki masa mabung kalian jangan terlalu khawatir karena ini sudah ketentuan alam dan memang harus dilewati dengan perawatan lebih intens agar setelah mabung burung dapat tampil lebih optimal.

Jamu Cucak Ijo Macet Bunyi

Setelah kamu mengetahui dengan faktor penyebab burung cucak ijo yang macet bunyi maka jangan khawatir karena ada cara yang bisa kamu lakukan untuk membantu mengatasi burung cucak ijo macet bunyi yaitu dengan memberikan jamu.

Sekarang ini memang sudah banyak sekali pilihan jamu atau ramuan untuk burung cucak ijo yang sedang macet bunyi, dimulai dari jamu yang sudah dikemas maupun yang dibuat dengan menggunakan bahan alami.

Dengan bantuan jamu yang tentu saja akan membuat burung cucak ijo tersebut yang birahinya menjadi naik lagi, burung semakin sering bongkar isian dan juga suaminya yang kembali joss lagi, untuk ramuan jamu burung cucak ijo macet bunyi yang bisa diberikan pada burung cucak ijo agar langsung buka paruh.

Bahan-bahan yang dibutuhkan membuat ramuan jamu burung cucak ijo macet bunyi yaitu:

  • Jahe
  • Jangkrik
  • Madu

Untuk cara membuatnya:

  • Terlebih dahulu campurkan madu ke dalam air minum burung cucak ijo.
  • Selanjutnya aduk air sampai larut merata.
  • Sekarang ambil 1 ekor jangkrik dan potong kepalanya.
  • Potong jahe seukuran voer.
  • Lalu masukkan ke dalam badan jangkrik.
  • Berikan jangkrik ke burung cucak ijo.

Jamu ini yang sebaiknya diberikan pada saat burung cucak ijo yang sedang dijemur, sehingga birahinya yang bisa naik karena terkena matahari juga karena jamu tradisional.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai dengan jamu burung cucak ijo macet bunyi yang bisa kamu ketahui dan bisa kamu coba buat dengan mudah menggunakan bahan dapur, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat selamat untuk mencoba semoga berhasil membuat burung menjadi gacor lagi.