Monday, 15 Apr 2024

7 Jus Buah Untuk Radang Tenggorokan Pada Anak dan Dewasa

6 minutes reading
Sunday, 10 Dec 2023 21:05 0 119 Muti Karya

Nesiaverse.com – Ada beberapa jenis jus buah yang cocok dikonsumsi untuk mengatasi radang tenggorokan pada anak dan orang dewasa. 

Ketika tenggorokan kamu meradang, maka penting untuk memperhatikan asupan yang dikonsumsi, nah salah satunya adalah buah untuk radang tenggorokan. Hal ini agar sakit yang kamu alami tidak semakin parah dan berangsur segera pilih. 

Biasanya ketika kamu sedang mengalami radang tenggorokan pastinya kamu akan merasa tidak nyaman dan tidak berselera makan. 

Smantar jika tubuh tetap membutuhkan nutrisi guna membantu proses penyembuhan. Maka, kamu harus mengetahui beberapa jenis buah yang dapat membantu untuk meredakannya. 

Buah ini dapat kita olah menjadi jus untuk mengatasi radang tenggorokan, bagik pada anak dan orang dewasa sekalipun. 

Jus Buah Untuk Radang Tenggorokan Pada Anak dan Dewasa 

Jus Buah Untuk Radang Tenggorokan Pada Anak dan Dewasa

Radang tenggorokan atau faringitis merupakan salah satu kondisi yang ditandai dengan nyeri, gatal dan rasa gatal ketika seseorang menelan. 

Nah, gangguan ini terjadi karena virus, influenza, Epstein-Barr dan Rhinovirus. Kondisi radang tenggorokan sendiri dapat terjadi karena adanya infeksi dari bakteri Streptococcus grup A. 

Yang mana penyakit tersebut terjadi karena bakteri yang biasanya berlangsung lebih dari seminggu dan membutuhkan pengobatan dari antibiotik juga. 

Nah, gejala yang dialami oleh pengidap biasanya akan muncul 2 hingga 5 hari setelah terinfeksi. Selain itu kondisi ini juga dapat kamu atasi dengan mengkonsumsi beberapa jenis buah-buahan yang lembut dan mampu meredakan radang tersebut. 

Pada dasarnya buah yang lembut ini sangat mudah ditelan dan aman dikonsumsi oleh seseorang yang mengalami radang tenggorokan. 

Sheila itu buah dengan tekstur lembut juga dapat membantu untuk mengatasi jumlah iritasi pada tenggorokan yang terjadi. 

Nah, langsung saja berikut beberapa jenis buah untuk mengatasi radang tenggorokan baik pada anak dan orang dewasa. 

Delima 

Jus Buah Untuk Radang Tenggorokan Pada Anak dan Dewasa

Jus buah pertama untuk mengatasi radang tenggorokan pada anak dan orang dewasa adalah buah delima. 

Dikutip dari National Center for Complementary and Integrative Health, yang aman nutrisi dalam jus delima dapat menangkal infeksi serta mampu mengurangi peradangan. 

Buah dengan nama ilmiahnya Punica granatum ini memang dilaporkan mampu membantu memecahkan permasalahan rada dengan cara diberikan dalam bentuk jus, bahkan sebanyak 3 kali dalam seminggu selama setahun. 

Nantinya mereka yang mengkonsumsi buah delima secara rutin ini dapat mengalami sedikit memiliki tanda peradangan, jika dibandingkan dengan mereka yang tidak diberikan jus delima. 

Buah satu ini juga dinilai sangat baik dalam membantu meredakan beberapa tanda penyakit jantung. Sehingga buah delima dapat kamu konsumsi bahan diolah menjadi jus delima untuk radang tenggorokan baik pada anak-anak maupun orang dewasa. 

Pisang

Jus Buah Untuk Radang Tenggorokan Pada Anak dan Dewasa

Selanjutnya, kamu dapat mengisi usmi jus pisang yang mana bagus atau ini memang dinilai dapat membantu mengatasi permasalahan radang tenggorokan pada anak-anak dan orang dewasa. 

Pisang adalah salah satu buah yang dapat diolah dan dijadikan jus nantinya. Buah satu ini dapat dinikmati untuk dijadikan jus atau dimakan dalam kondisi masih dingin. 

Nilai gizi didalam pisang ini sangat baik untuk mendukung kesehatan secara menyeluruh. Sehingga buah ini memang cocok dan direkomendasikan untuk kamu yang mengalami permasalahan radang tenggorokan. 

Alpukat

Jus Buah Untuk Radang Tenggorokan Pada Anak dan Dewasa

Alpukat merupakan salah satu jenis jus buah yang seringkali ditemui dan banyak peminatnya. Buah satu ini dapat membantu untuk mengatasi permasalahan rada tenggorokan. 

Jus alpukat memiliki tekstur yang lembut dan nikmat untuk dikonsumsi. Jus buah alpukat ini merupakan salah satu sumber lemak tak jenuh tunggal yang tentunya sehat dan dapat memiliki antioksidan yang cukup tinggi. 

Dengan begitu, buah satu ini dapat emme natudan meredam respon peradangan tubuh. Sifat anti inflamasi dari buah alpukat ini bisa mengimbangi pilihan makanan yang kurang sehat. 

Kamu bisa mengolahnya menjadi jus, mengkonsumsinya secara langsung atau menambahkan susu kental manis atau gula guna menambah rasanya. Maka, kamu dianjurkan untuk mengonsumsi jus alpukat untuk meredakan radang tenggorokan pada anak maupun orang dewasa. 

Buah Naga

 Buah naga merupakan salah satu jenis buah yang dapat kamu konsumsi dan olah menjadi jus buah untuk mengatasi radang tenggorokan pada anak dan orang dewasa. 

Radikal bebas atau molekul tidak stabil yang menyebabkan kerusakan pada sel ini, dapat menyebabkan peradangan dan penyakit pada tubuh. 

Nah, salah satu cara untuk mengatasi permasalahan itu adalah dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan misalnya jus buah naga. 

Antioksidan di dalam buah naga ini nantinya akan bekerja dengan cara menetralkan radikal bebas, sehingga akan mencegah terjadinya kerusakan sel dan peradangan. 

Nah, melansir studi jurnal Plant Foods for Human Nutrition, dimana buah dengan nama latin Stenocereus pruinosus ini memiliki kandungan beberapa jenis antioksidan yang cukup kuat. 

Nah, diantaranya, seperti vitamin C, betalains, karotenoid hingga beta karoten dan likopen. Mau dibuat jus atau dimakan secara langsung, buah naga dapat membantu untuk meredakan radang tenggorokan pada anak atau orang dewasa. 

Pepaya

Jus buah selanjutnya yang dapat dikonsumsi untuk mengatasi radang tenggorokan pada anak dan orang dewasa adalah jus buah pepaya. 

Hal ini dikarenakan jus pepaya ini berasal dari buah pepaya dengan tekstur buah yang lembut sehingga tentunya akan mudah ditelan. 

Selain itu buah pepaya juga memiliki antioksidan yang cukup tinggi, sehingga dapat mengurangi penanda peradangan pada tubuh. 

Buah pepaya juga dapat dengan mudah di dapatkan di pasar atau swalayan dengan harga yang terbilang cukup terjangkau. Sehingga kamu dapat mengkonsumsinya secara langsung. 

Lemon

Jus buah yang dapat kamu konsumsi untuk meredakan radang tenggorokan lainnya adalah jus lemon. Hal ini dikarenakan jus lemon kaya akan kandungan vitamin C dan antioksidan yang cukup tinggi di dalamnya. 

Selain itu lemon juga dapat membantu mengurangi proses inflamasi, guna meredakan radang tenggorokan, lemon juga dapat dicampur dengan air hangat dan diminum secara bersamaan.

Selain itu lemon bisa kamu oleh dengan ditambahkan dengan madu ataupun kecap. Dengan mengkonsumsi jus buah lemon maka akan membantu proses penyembuhan radang tenggorokan menjadi lebih cepat lagi. 

Nanas

Jus nanas merupakan salah satu jus yang dapat mengatasi permasalahan radang tenggorokan. Karena jus nanas ini memiliki kandungan enzim bromelain, yang juga merupakan senyawa anti inflamasi yang cukup kuat. 

Sehingga mengkonsumsi jus satu ini dapat membantu untuk meredakan nyeri akibat radang tenggorokan. Selain itu buah yang satu ini juga kaya akan kandungan anti inflamasi yang cukup kuat. 

Sehingga mengkonsumsi jus buah nanas akan membantu untuk meredakan nyeri yang diakibatkan radang tenggorokan. Buah nanas jua kaya akan vitamin C dan dapat menangkal radikal bebas. 

Demikian pembahasan mengenai jus buah untuk mengatasi radang tenggorokan pd anak-anak dan orang dewasa. Dengan mengkonsumsi beberapa jus buah di atas, maka akan membantu kamu untuk mengatasi permasalahan radang tenggorokan dengan baik.