Saturday, 22 Jun 2024

Kandungan Vitamin Buah Mangga

4 minutes reading
Saturday, 11 Mar 2023 20:39 0 273 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Buah Mangga yang sudah tidak asing lagi dengan memiliki rasa yang manis dan menyegarkan, bahkan selain itu juga terdapat berbagai kandungan vitamin dalam buah Mangga yang satu ini baik untuk kesehatan tubuh.

Buah Mangga yang bisa kamu temukan dengan mudah di pasaran dengan memiliki harga yang terjangkau dan buah ini juga yang tersedia dalam berbagai macam jenis, rasa, harum dan juga kandungan pada setiap masing-masing jenis buah Mangga ini.

Biasanya buah Mangga ini selain bisa dikonsumsi setelah matang namun banyak juga mengkonsumsinya pada saat masih mentah atau muda yang dibuat rujak karena rasanya yang asam dan dimakan tengah hari pada saat musim panas, namun untuk buah Mangga yang sudah Matang memiliki rasa yang manis bisa dikonsumsi secara langsung atau diolah menjadi jus dan lainnya.

Dimana tidak hanya memiliki rasa yang enak namun buah Mangga juga yang memiliki manfaat dalam mendukung kesehatan pada tubuh, sehingga tidak heran jika buah Mangga yang satu ini menjadi salah satu jenis buah favorit kebanyakan orang.

Kandungan Vitamin Buah Mangga

Kandungan Vitamin Buah Mangga

Kandungan vitamin dalam buah Mangga ini seperti vitamin A, vitamin C, vitamin K, beta karoten, kolin dan folat, namun selain itu juga mengandung potasium dan magnesium yang berfungsi untuk membantu menurunkan tekanan darah dan juga  membantu mengurangi atau mengatasi peradangan jantung.

Faktanya untuk buah Mangga ini yang bisa memberikan manfaat untuk kesehatan yang berasal dari kandungan vitamin, mineral dan juga antioksidan yang terkandung didalamnya yang sangat penting untuk asupan harian tubuh.

Seperti vitamin C yang memiliki peran penting dalam membantu untuk membentuk pembuluh darah dan juga kolagen yang sehat dan juga membantu dalam mempercepat proses penyembuhan, sedangkan untuk vitamin K yang akan membantu dalam proses pembentukan darah yang secara efektif serta mencegah terjadinya anemia.

Bahkan selain itu juga kandungan vitamin K ini yang memiliki peran penting dalam membantu untuk memperkuat tulang. Tak hanya itu saja, masih ada beberapa manfaat dari kandungan vitamin buah Mangga yang bisa kamu rasakan yaitu sebagai berikut:

Kesehatan Jantung

Dengan mengkonsumsi buah Mangga secara rutin yang bisa membantu untuk menjaga kesehatan jantung, manfaat ini yang berasal dari kandungan potasium dan magnesium yang terkandung pada buah Mangga yang memiliki peran untuk membantu dalam menjaga aliran darah tetap normal dan sehat.

Kandungan nutrisi ini juga yang sekaligus berfungsi untuk membantu pembuluh darah agar tetap rileks dan juga menstabilkan tekanan darah, dimana kandungan mangiferin yang dijadikan sebagai antioksidan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Dimana mangiferin juga yang ternyata bisa membantu dalam melindungi sel-sel jantung dari masalah peradangan, kematian sel dan juga stres oksidatif, bahkan selain itu juga mangiferin yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol. asam lemak di dalam darah dan juga trigliserida.

Meningkatkan Imun Tubuh

Dimana buah Mangga yang mengandung nutrisi didalamnya yang memiliki peran penting dalam meningkatkan kekebalan imun tubuh, manfaat ini yang berasal dari kandungan vitamin A didalam buah Mangga yang berfungsi untuk membantu menurunkan risiko infeksi pada tubuh.

Selain itu juga terdapat kandungan vitamin C dalam buah Mangga ini yang akan membantu tubuh untuk bisa menghasilkan sel darah putih yang lebih banyak, hal ini bertujuan untuk melawan penyakit, meningkatkan pertahanan kulit dan juga membantu sel tubuh dapat bekerja lebih efektif.

Mencegah Diabetes

Dengan mengkonsumsi buah atau sayuran yang tinggi akan kandungan vitamin C dan juga karotenoid didalamnya yang memiliki peran untuk membantu mencegah terjadinya penyakit diabetes, salah satunya dengan mengkonsumsi buah Mangga yang kaya akan kandungan vitamin C dan karotenoid didalamnya yang akan memberikan manfaat untuk mencegah terjadinya risiko diabetes.

Namun hal ini juga yang mungkin masih membutuhkan penelitian yang lebih jauh mengenai hal ini, karena memang pasalnya buah Mangga ini yang mengandung gula alami yang tinggi sehingga jika mengkonsumsi buah Mangga secara berlebihan yang bisa juga berpotensi mengalami lonjakan kadar gula darah.

Kesehatan Pencernaan

Buah Mangga yang bisa memberikan manfaat dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan yang berasal dari kandungan amilase dan juga serat makanan yang terdapat dalam buah Mangga yang bisa mencegah masalah sembelit, dimana senyawa amilase ini yang bisa membantu dalam melarutkan makanan lain didalam perut dan juga memecahkan pati yang sulit sehingga terhindar dari masalah sembelit.

Mencegah Kanker

Kandungan polifenol dalam buah Mangga yang memiliki sifat anti kanker ini yang dimana polifenol yang memiliki peran sebagai pelindung dari stres oksidatif dan juga hal yang berkaitan dengan banyak jenis kanker, kandungan polifenol ini yang akan mengurangi stres oksidatif, menghentikan atau menghancurkan proses pertumbuhan berbagai sel kanker yang termasuk juga kanker usus besar dan juga leukemia.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai kandungan vitamin buah Mangga yang memiliki banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat dan kamu bisa merasakan manfaat dengan mengkonsumsi buah Mangga secara rutin.