Thursday, 18 Jul 2024

Kandungan Vitamin Buah Semangka

4 minutes reading
Saturday, 18 Feb 2023 06:07 0 152 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Selama musim panas tentu saja identik dengan buah yang segar salah satunya buah Semangka dengan memiliki rasa yang manis, efek hidrasi dan membantu memenuhi rasa dahaga, buah Semangka selain mengandung banyak air namun buah ini juga yang kaya akan kandungan vitamin didalamnya.

Buah Semangka atau memiliki nama lain Citrullus lanatus yang memiliki ukuran yang sedang dan bahkan hingga yang besar dengan memiliki warna hijau dengan corak garis dengan warna hijau lebih tua, buah Semangka yang memiliki daging buah berwarna merah dan terdapat biji kecil-kecil yang cukup banyak di dalamnya.

Buah Semangka yang memiliki rasa yang manis dan menyegarkan sehingga tidak heran jika buah ini kerap dikonsumsi untuk melepas dahaga pada saat musim panas, tanaman buah ini juga yang termasuk ke dalam kelompok labu-labuan seperti labu, blewah, mentimun dan juga zucchini.

Buah Semangka selain menyegarkan namun buah ini juga yang menjadi salah satu makanan yang sehat hal ini karena rendah kalori dan bebas lemak, Semangka sangat baik untuk membantu menunjang kesehatan apalagi mengkonsumsinya dalam jumlah yang sesuai dengan anjuran tidak berlebihan.

Selain mengkonsumsi bagian daging buah Semangka kamu juga bisa mengkonsumsi bagian lainnya dari buah ini termasuk juga memakan biji atau bahkan kulitnya, lalu apa saja kandungan vitamin buah semangka yang bisa kamu ketahui dengan menyimak ulasan di bawah ini.

Kandungan Vitamin Buah Semangka

Kandungan Vitamin Buah Semangka

Tanaman buah Semangka ini yang merupakan salah satu tanaman semusim yang tumbuh dan hidupnya merambat dengan panjang yang mencapai 3 hingga 5 meter, memiliki daun berseling, bertangkai menjari, helaian daunnya lebar dan berbulu dengan ujungnya yang runcing, buah ini memiliki anekaragaman jenis yaitu seperti Semangka merah, semangka kuning, semangka biji dan juga semangka tanpa biji.

Buah Semangka tidak hanya rendah kalori dan bebas lemak saja namun buah ini juga yang mengandung vitamin didalamnya yang sangat beragam dan memiliki peran penting untuk kesehatan, untuk Semangka merah yang sudah matang sepenuhnya mengandung tingkat kandungan nutrisi lebih tinggi dibandingkan dengan Semangka yang belum terlalu matang.

Dalam satu porsi buah Semangka yang merupakan sumber vitamin A dan vitamin C yang sangat baik untuk memberikan presentasi yang sangat signifikan dari kebutuhan harian tubuh, untuk kandungan vitamin A yang sangat baik dalam menunjang kesehatan mata.

Sementara untuk vitamin C yang membantu dalam mempercepat penyembuhan luka, meningkatkan imunitas tubuh dan juga memiliki sifat anti penuaan, selain itu terdapat sekitar 4 persen vitamin B1 dan juga B6, sekitar 5 persen biotin dan 7 persen dari kebutuhan harian tubuh dengan tembaga serta asam pantotenat,.

Dalam buah Semangka yang terdapat kandungan nutrisi lainnya seperti kandungan karbohidrat terdapat di dalam buah Semangka yang sebagian besar berbentuk gula dengan serat sedikit, 1/2 dari gula yaitu fruktosa, 1/4 glukosa dan kurang dari itu yaitu sukrosa.

Satu porsi cangkir buah Semangka yang telah dipotong dadu atau setara 152 gram yang mengandung karbohidrat total sekitar 11,5 gram, karbohidrat bersih sekitar 10,9 gram, gula sekitar 9,4 gram dan juga serat sekitar 0,6 gram, sedangkan dalam satu irisan buah Semangka yang berukuran sedang atau setara 286 gram yang mengandung sekitar karbohidrat total sekitar 21,6 gram, karbohidrat bersih sekitar 21 gram, gula sekitar 17,7 dan serat 1,1 gram.

Buah Semangka ini yang mempunyai indeks glikemik sekitar 76,2 dan buah in yang dapat memberikan kenaikan gula darah lebih cepat jika dibandingkan dengan makanan memiliki angka indeks glikemik lebih rendah, untuk kandungan protein di dalamnya yang sedikit, rendah kalori dan juga hampir tanpa lemak didalamnya.

Pada setiap buah tentunya sangat baik untuk kesehatan tubuh hal ini juga dikarenakan adanya kandungan nutrisi didalamnya yang terbilang cukup lengkap, namun dalam mengkonsumsinya pastikan untuk memperhatikan asupannya jangan sampai berlebihan yang dapat meningkatkan risiko terjadinya masalah pada kesehatan yang serius.

Terlebih lagi buah itu yang lebih identik dengan kandungan gula yang tinggi walaupun sifatnya yang lebih alami, sehingga untuk mendapatkan dan merasakan manfaatnya dari buah sebaiknya mengkonsumsi buah dengan asupan yang wajar jangan sampai berlebihan.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai kandungan vitamin buah semangka yang bisa kamu ketahui dan kamu bisa mengkonsumsi buah Semangka ini sebagai salah satu menu diet harian, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.