Monday, 15 Apr 2024

4 Karakter Manusia dan Cara Menghadapinya

8 minutes reading
Wednesday, 7 Feb 2024 18:12 0 63 Sela Rahma

Nesiaverse.com – Menurut psikologi, terdapat empat jenis karekter atau kepribadian manusia yang membedakan satu sama lain. Itulah mengapa setiap orang memiliki pandangan, pemikiran, sifat, dan tingkah laku yang berbeda, bahkan terkadang saling bentrok satu sama lain. Penting bagi kamu yang ingin memahami lebih dalam tentang empat karakter manusia dan cara menghadapinya.

Setiap individu pastinya diciptakan dengan berbagai macam karakter, kepribadian, dan sifat yang berbeda untuk dapat saling melengkapi. Dengan adanya perbedaan, kita juga bisa melihat sudut pandang yang lebih luas yang bahkan tidak pernah kita pikirkan.

Disitulah semuanya jadi terlihat menarik dan dalam perbedaan itu manusia jadi dapat bersatu. Meskipun adanya perbedaan itu kita jadi suka berselisih dan egois satu sama lain, tetapi disitu juga kamu jadi dapat memahami setiap karakter seseorang.

Lalu kalau begitu apa saja sih empat karakter manusia dan cara menghadapinya? Nah, disini akan memberikan penjelasan mengenai keempat karakter tersebut dan bagaimana cara kita menghadapinya. Jadi langsung saja simak ulasannya di bawah ini!

Empat Karakter Manusia dan Cara Menghadapinya

4 Karakter Manusia dan Cara Menghadapinya

Membahas soal karakter, pastinya pikiran kita langsung tertuju pada kepribadian, sifat, sikap, personalitas, atau watak seseorang. Yap, betul! Dalam istilah psikologi, karakter merupakan watak perangai sifat dasar yang khas atau kualitas yang tetap dan kekal yang dapat dijadikan ciri untuk mengidentifikasi pribadi seseorang.

Simpelnya, karakter itu sekumpulan perilaku, pemikiran, kelebihan atau kekurangan seseorang dalam hal-hal tertentu, yang dimana semua itu akan membentuk suatu kepribadian dari diri kita sendiri.

Tentunya setiap orang memiliki karakter atau kepribadian yang berbeda-beda untuk menunjukan ciri khas dari diri seseorang. Begitupun dengan cara-cara menghadapi seseorang sesuai karakternya untuk menciptakan atau beradaptasi agar dapat saling bersosialisasi.

Meskipun memang terkadang sering terjadi bentrokan ketika kita merasa tidak cocok dengan seseorang yang karakternya bertolak belakang dengan diri kita sendiri.

Ada teori yang sangat populer membahas tentang empat karakter manusia dan cara menghadapinya. Salah satunya adalah teori Hippocrates-Galenus, yang dimana dalam teori itu menjelaskan kalau karakter atau kepribadian manusia itu terbagi dalam empat karakter berdasarkan empat cairan penting yang berada di dalam tubuh manusia.

Nah, berikut adalah penjelasan mengenai empat karakter manusia dan cara menghadapinya, yaitu:

Plegmatis

Dalam tipologi Hippocrates-Galenus, Phlegmatis merupakan jenis kepribadian individu yang selalu cinta damai dengan menjadi netral dalam segala kondisi atau konflik tanpa ingin memilih dan memihak suatu kubu. Pada kehidupan sosialnya, individu plegmatis akan lebih senang menjadi pendengar yang baik daripada sebagai pelaku dari suatu cerita.

Manusia berkepribadian plegmatis biasanya memiliki selera humor yang bagus walau lebih sering mengarah pada sarkastik (sifat humor yang menyinggung atau mengejek), menyukai sesuatu yang sistematis atau keteraturan, mudah bergaul, serta senang mencari jalan pintas.

Orang dengan tipe plegmatis tidak suka dipaksa, suka menunda sesuatu hal dan kurang bergairah untuk mencoba hal-hal baru karena kurangnya motivasi.

Kelebihan seorang yang Plegmatis adalah dapat menjaga hubungan kekeluargaan maupun persahabatan dengan baik. Jarang terlibat konflik dengan orang lain karena cenderung lebih suka menghindari konflik dan menciptakan keharmonisan.

Disukai banyak orang sebab dikenal dapat dipercaya, suka menolong dan setia serta mampu melihat segala sesuatu dari cakupan yang lebih luas dan positif. Akan tetapi, tipe kepribadian ini memiliki kekurangan, yakni cenderung menganggap enteng sebuah permasalahan dan melewatkan detail penting di dalamnya. Selain itu, kurangnya motivasi, inisiatif, cenderung pasif dan sulit membuat keputusan, sehingga terkadang suka menyalahkan diri sendiri secara berlebihan.

Pekerjaan yang cocok untuk kepribadian Plegmatis adalah Guru, Psikiater, Perawat, HRD, dan Pengacara.

Buat kamu yang memiliki seorang teman, kekasih, ataupun keluarga dengan karakter seperti ini, ada beberapa hal yang dapat kamu pertimbangkan untuk bisa berhadapan dengan orang yang plegmatis. Nah, berikut adalah cara menghadapinya, yaitu:

  • Berikan apresiasi atas kontribusi serta kebaikan yang mereka tunjukan. Hal ini dapat meningkatkan motivasi dan rasa dihargai bagi mereka.
  • Dorong mereka dalam mengembangkan inisiatif dengan tanggung jawab yang sesuai dan dukungan saat mereka mencoba hal-hal baru.
  • Berkomunikasi dengan jelas dan sabar, serta berikan mereka kesempatan untuk berbagi pendapat dan ide mereka.
  • Bantu mereka mengatasi kekurangannya, seperti kesulitan dalam mengambil keputusan dengan memberikan panduan serta dukungan yang diperlukan.

Melankolis

Menurut penelitian yang dilakukan oleh W.Helm Jr, Melankolis merupakan karakter yang ditandai dengan sifat gelisah, emosional, kreatif, penuh kehati-hatian, perfeksionis, moody dan sensitif.  Seseorang dengan karakter Melankolis adalah jenis manusia yang memiliki sifat analitis, suka memperhatikan orang lain, mendetail, hemat, tidak begitu menyukai perhatian, serius, artistik, sensitif dan senantiasa rela berkorban.

Hanya saja, tipe pribadi ini lebih sering berfokus pada sebuah cara atau proses ketimbang tujuan yang mereka inginkan. Mereka kurang mampu dalam menyuarakan opininya, pesimistik atau sering memandang permasalahan dari sisi buruknya, serta kurang mampu bersosialisasi dengan baik. Banyak orang melankolis berbakat menjadi seorang pengusaha yang hebat dan sukses.

Secara garis besar, orang dengan tipe karakter melankolis memiliki kelebihan dalam kreativitas yakni memiliki imajinasi yang kuat dan mampu berpikir secara mendalam. Orangnya loyal dan dapat senantiasa menjaga hubungan asmara, pertemanan, serta keluarga secara mendalam. Mereka cenderung senang sesuatu yang teratur, rapi, detail dan tersusun sesuai pola. Namun demikian, orang dengan kepribadian ini seringkali mudah mengalami overthinking, sulit dalam mengambil keputusan, serta cenderung memandang permasalahan dari sudut pandang negatif saja.

Pekerjaan yang cocok untuk kepribadian Melankolis adalah Seniman atau Desainer, Psikolog atau Konselor, Penulis atau Editor, Pekerja Sosial, dan Musisi.

Buat kamu yang memiliki seorang teman, kekasih, atau keluarga dengan karakter seperti ini, ada beberapa hal yang dapat kamu pertimbankan untuk bisa berhadapan dengan orang yang melankolis. Nah, berikut adalah cara menghadapinya, yaitu:

  • Dengarkan dengan sabar ketika mereka tengah berbicara dan mengungkapkan perasaan mereka.
  • Bantu mereka mengatasi kekhawatiran serta kecemasan yang dirasakannya dengan memberikan dorongan yang supportif.
  • Beri mereka ruang untuk mengekspresikan kreativitas mereka dan memberikan kesempatan dalam mengembangkan ide-ide baru.
  • Bantu mereka mengatasi kebiasaan perfeksionisnya yang terkadang berlebihan dengan menegur secara lembut dan tutur bahasa yang tidak menyakiti.

Koleris

Menurut Sujianto (2004), Koleris merupakan tipe karakter yang biasanya dimiliki oleh orang-orang yang berjiwa pemimpin, sebab mereka suka membuat aturan untuk diikuti semua orang. Selain itu, orang yang koleris cenderung mandiri dan praktis, serta berorientasi terhadap tujuan. Orang-orang koleris memiliki tujuan yang baik untuk kedepannya serta selalu produktif dan dinamis.

Koleris termasuk pribadi yang menyenangkan kebebasan dan selama hidupnya akan senantiasa bekerja keras. Akan tetapi, orang dengan tipe kepribadian ini cenderung suka memerintah, susah mengalah, menyukai konflik, temperamen, tidak bisa disuruh sabar dan termasuk tipe yang keras kepala.

Kelebihan dari karakter koleris adalah mudah bergaul dan percaya diri, memiliki ambisi, motivasi dan jiwa kepemimpinan yang kuat. Cenderung pemberani dan suka tantangan. Tetapi, orang dengan kepribadian ini gampang marah dan tersinggung, biasanya sombong dan terlalu kompetitif dalam banyak hal, serta jiwa ambisi yang berlebihan.

Pekerjaan yang cocok untuk kepribadian Koleris adalah Manajer, Pengusaha, Polisi, Hakim, dan Spesialis IT.

Buat kamu yang memiliki seorang teman, kekasih, atau keluarga dengan karakter seperti ini, ada beberapa hal yang dapat kamu pertimbangkan untuk bisa berhadapan dengan orang yang koleris. Nah, berikut adalah cara menghadapinya, yaitu:

  • Hindari pembicaraan yang bertele-tele, karena orang koleris gampang tersulut emosi dan cenderung memiliki sifat keras.
  • Sampaikan sesuatu saat suasana hatinya bagus.
  • Tinggalkan atau abaikan saja apabila mereka sedang tersulut emosi.
  • Jangan mudah tersinggung atas perkataan mereka. Lakukan komunikasi dua arah serta akui bakat memimpin mereka.

Sanguinis

Menurut Hippocrates dan Galen, kepribadian atau karakter Sanguinis dipandang sebagai sifat yang dipengaruhi oleh dominasi darah. Mereka mengaitkan kepribadian ini dengan sifat-sifat sosial seperti ekstrovert, dan penuh semangat. Seseorang dengan karakter sanguin, cenderung memiliki tipe kepribadian yang khas dan memiliki sifat sedikit kekanak-kanakan.

Biasanya seorang sanguinis tidak menemukan masalah dalam kehidupan sosialnya karena mereka mudah berbaur dan akrab, walaupun terhadap orang yang baru dikenal. Orang dengan tipe ini sangat suka berbicara, dan gampang untuk mengikuti sebuah kelompok.

Meski begitu, orang sanguinis agak sulit berkonsentrasi pada suatu hal, mereka juga egois, pelupa dan suka terlambat. Seringkali juga ditemukan membuat permasalah kecil menjadi besar. Meski seorang sanguinis bukanlah seorang pemimpin dalam sebuah kelompok, akan tetapi mereka tampil lebih mencolok ketimbang anggota lainnya.

Dalam kesimpulannya, orang dengan tipe karakter sanguinis membawa warna dan semangat yang unik pada kehidupan sehari-hari. Kemampuan mereka untuk cepat beradaptasi, bersikap fleksibel dan mudah menerima perubahan membuat mereka menjadi pribadi yang mudah bergaul dalam berbagai situasi.

Walau terkadang orang sanguinis cenderung sulit mengatur waktu, senang mengulur waktu, melupakan janji, serta sesumbar akan tindakan impulsifnya.

Pekerjaan yang cocok untuk kepribadian Sanguinis adalah Artis, Motivator, Pengacara, Presenter, atau Event Organizer.

Buat kamu yang memiliki seorang teman, kekasih, atau keluarga dengan karakter seperti ini, ada beberapa hal yang dapat kamu pertimbangkan untuk bisa berhadapan dengan orang yang sanguinis. Nah, berikut adalah cara menghadapinya, yaitu:

  • Bersikap ramah dan terbukalah terhadap mereka karena orang sanguinis senang berbicara dan ekspresif. Dengan bersikap ramah dapat membantu kamu berinteraksi dengan mereka.
  • Bersikap fleksibel dan spontan terhadap perubahan dapat membantu kamu berkomunikasi dan berinteraksi dengan mereka.
  • Hindari konflik berkepanjangan dan usahakan untuk menciptakan suasana yang positif bersama mereka.
  • Beri dukungan emosional untuk memperkuat hubungan kamu dengan mereka.

Itulah beberapa penjelasan mengenai empat karakter manusia dan cara menghadapinya. Mungkin perlu untuk kamu ketahui atau pelajari lebih dalam tentang karakter-karakter manusia untuk dapat mengenal diri sendiri lebih baik lagi.

Walaupun begitu, tetap saja pemikiran dan perasaan manusia itu sangat rumit untuk dipahami. Namun, setidaknya kamu jadi bisa mengetahui dasar-dasarnya, agar dapat bersosialisasi dengan baik atau dalam mencari jati diri. Good Luck semoga membantu.