Monday, 17 Jun 2024

Kenapa Induk Kucing Tidak Mau Menyusui Anaknya Yang Baru Lahir?

6 minutes reading
Wednesday, 30 Aug 2023 16:43 0 170 Sela Rahma

Nesiaverse.com – Kenapa induk kucing tidak mau menyusui anaknya yang baru lahir? Apa penyebab dan alasannya? Kalau begitu langsung saja baca artikel ini sampai selesai, jika kamu ingin mengetahui alasan sang induk kucing tidak mau menyusui anaknya yang baru lahir.

Seperti yang kamu ketahui bahwa yang namanya bayi atau anak baru lahir entah itu bayi manusia maupun makhluk hidup lainnya seperti kucing, pasti memerlukan kehadiran sang induk atau sebagai sosok ibunya untuk mendapatkan perawatan dan asupan ASI sebanyak mungkin bagi pertumbuhannya.

Anak kucing yang masih sangat kecil apalagi baru lahir, memerlukan ASI dari sang induk agar bisa bertahan hidup serta sebagai asupan nutrisinya supaya bisa bertumbuh dan berkembang dengan baik sampai dewasa. Karena sepenting itulah peran induk bagi anaknya, tanpa induknya mereka tidak dapat bertahan hidup.

Lalu kalau begitu kenapa induk kucing tidak mau menyusui anaknya yang baru lahir? Nah, disini akan memberikan beberapa penjelasan tentang alasan atau penyebab sang induk tidak mau menyusui agar dapat pahami. Jadi simaklah penjelasannya di bawah ini dengan seksama!

Kenapa Induk Kucing Tidak Mau Menyusui Anaknya Yang Baru Lahir?

Kenapa Induk Kucing Tidak Mau Menyusui Anaknya Yang Baru Lahir?

Kucing merupakan hewan mamalia yang menyusui anak-anaknya dan juga bereproduksi dengan cara melahirkan langsung, tidak bertelur. Kucing adalah salah satu hewan yang memiliki insting atau naluri kuat untuk merawat anak-anaknya sampai mereka dewasa.

Sebagai sang induk kucing akan mengajarkan berbagai macam hal kepada anak-anaknya sejak dini. Hal itu supaya anaknya bisa belajar untuk bertahan hidup nantinya, mulai dari cara untuk berburu, berlari agar menjadi lebih lincah, cara untuk berinteraksi, dan masih banyak lagi.

Induk kucing sangat berperan penting untuk kelangsungan hidup anak-anaknya dan biasanya induk kucing akan menyusui anaknya sampai dengan usia 0-4 minggu, baru sang induk akan menyapih anaknya serta mengajari anak kucing untuk bisa memakan makanan lain selain ASI.

Tapi, bagaimana ketika sang induk tidak mau menyusui anak-anaknya karena suatu alasan tertentu? Apa yang akan terjadi pada anak kucing tersebut? Nah, berikut ada beberapa akibat atau dampak buruk anak kucing yang tidak disusui induknya, yaitu:

  • Anak kucing tidak akan mendapatkan asupan ASI, sehingga mereka tidak bisa tumbuh dengan baik.
  • Anak kucing bisa mati kelaparan dan kehausan
  • Anak kucing tidak mendapatkan perawatan lebih selain mendapatkan ASI, tapi kucing juga jadi tidak bisa bertahan hidup

Akan sangat bahaya bukan kalau sampai induknya tidak menyusui anaknya? Namun, mengapa induk kucing tidak menyusui anaknya? Sebenarnya ada alasan apa dibalik hal itu? Berikut ada beberapa penyebab atau alasan induk kucing tidak menyusui anaknya, diantaranya adalah:

Kelenjar Susu Induk Mengering

Salah satu penyebab induk tidak dapat menyusui anaknya adalah kelenjar susu induk yang mengering, sehingga tidak dapat menghasilkan banyak ASI untuk menyusui anaknya. Biasanya hal ini terjadi karena sang induk mengalami mastitis pada kelenjar setelah mereka melahirkan.

Mastitis adalah kondisi dimana kelenjar susu sang induk mengalami peradangan akibat infeksi bakteri yang masuk ke dalam kelenjar susu sang induk melalui putingnya yang mengalami luka terbuka dan pada akhirnya bakteri tersebut menginfeksi kelenjar susu sang induk.

Dengan begitu air susu sang induk akan menjadi berbahaya jika menyusui anaknya, makanya induk kucing hanya membiarkan anaknya begitu saja atau tidak menyusuinya. Maka dari itu kebanyakan anak kucing akan mendapatkan ASI dari induk kucing lain, kalau beruntung.

Sang Induk Mengalami Masalah Kesehatan

Selain kelenjar susu yang mengering, alasan lain induk tidak menyusui anaknya adalah karena induk sedang sakit. Kucing yang habis melahirkan memang akan rentan menjadi sakit, apalagi jika sang induk tidak mendapatkan asupan nutrisi dan gizi selama mereka sedang hamil.

Sehingga saat melahirkan tentunya sang induk akan mengeluarkan seluruh tenaganya untuk dapat melahirkan anak-anaknya. Pada sampai akhirnya sang induk kehabisan tenaga setelah melahirkan dan menjadi sakit serta tidak lagi mampu untuk merawat dan menyusui anaknya.

Anak Kucing Mengalami Kecacatan Atau Kelainan Genetik

Anak kucing yang terlahir cacat atau ada kelainan genetik, biasanya sang induk tidak akan menyusui anaknya dan membiarkan anaknya begitu saja. Hal ini memang terdengar kejam, karena sang induk menelantarkan anaknya hanya dengan alasan terlahir cacat tidak sempurna.

Walaupun begitu sang induk memang sudah merasakan bahwa anaknya tidak akan bisa bertahan hidup lebih lama, makanya induk kucing akan membiarkannya begitu saja dan tidak menyusuinya. Bahkan ada beberapa induk kucing memakan anaknya karena terlahir cacat.

Hal itu sebagai bentuk perhatian seorang sang induk atau sebagai hewan mungkin memang itu cara yang terbaik untuk mengakhiri hidup anaknya yang cacat agar tidak lebih menderita lagi nantinya. Maka dari itu sang induk memutuskan untuk tidak merawatnya dan menyusuinya.

Sang Induk Kucing Tidak Mengenali Anaknya

Sering dengar istilah “jangan megang-megang anak kucing, mati dimakan induknya”? Ternyata hal itu benar terjadi adanya. Sang induk tidak akan dapat mengenali aroma atau bau dari tubuh anaknya yang telah banyak dipegang-pegang oleh manusia dengan tangannya.

Sehingga bau manusia akan menempel pada tubuh anak kucing yang baru saja dilahirkan dan ketika sang induk hendak ingin mengendusnya, mereka tidak menemukan bau anaknya di tubuh si anak kucing. Pada akhirnya sang induk tidak mengenali anaknya dan membiarkannya.

Malah ada juga sang induk sampai memakan anaknya karena mereka tidak mengenali bau tubuh anaknya akibat ulah manusia yang sering memegang anak kucing baru lahir. Maka dari itu usahakan untuk tidak menyentuh anak kucing yang baru lahir supaya tidak dimakan induk.

Anak Kucing Yang Terlahir Banyak

Normal atau paling sedikit kucing akan mengandung anak sebanyak 2-5 ekor anak kucing atau bahkan lebih dari itu. Nah, buat kucing yang melahirkan banyak anak lebih dari itu, sedangkan puting susu sang induk tidak cukup untuk menyusui anaknya satu-satu supaya bisa kebagian.

Sang induk biasanya akan membiarkan salah satu anaknya untuk tidak disusui atau tidak akan mendapatkan ASI. Bahkan adapun sang induk sampai tega memakan salah satu anaknya karena melahirkan banyak anak, supaya anak lainnya kebagian susu dari sang induk.

Sang Induk Yang Masih Muda

Kucing yang masih terlalu muda untuk menjadi sang induk, mereka cenderung masih tidak mempunyai naluri keibuan dan tidak tahu cara untuk merawat anak-anaknya. Sehingga ketika mereka melahirkan anaknya, kebanyakan kucing akan membiarkan dan tidak menyusuinya.

Mereka terlalu cepat untuk mempunyai anak, sedangkan kucing yang masih sangat muda ini hanya melakukan hal yang mereka mau saja dan menelantarkan anaknya untuk tidak disusui. Kebanyakan kucing yang masih muda ini hanya mementingkan insting egoisnya saja.

Anak Kucing Sudah Cukup Usia

Alasan induk kucing tidak menyusui anaknya adalah karena anaknya sudah cukup usia atau sudah waktunya untuk menyapih mereka. Jadi induk tidak akan menyusui mereka lagi dan membiarkan anak lainnya yang masih perlu Asi untuk menyusuinya lebih lama oleh induknya.

Biasanya masa penyapihan anak kucing, mulai dari usia 4 minggu dan mereka tidak lagi menyusu serta sang induk akan mengenalkan anak kucing pada makanan lainnya selain ASI. Hal ini dilakukan oleh sang induk secara bertahap kepada anaknya, sampai mereka terbiasa.

Itulah beberapa alasan mengenai kenapa induk kucing tidak mau menyusui anaknya yang baru lahir, mungkin perlu untuk kamu ketahui agar dapat mengatasi hal itu terjadi kepada kucing peliharaan kamu di rumah yang baru saja melahirkan dan memiliki banyak anak kucing.

Jika hal itu terjadi pada kucing kamu, segera atasi dengan baik atau merawat anaknya walaupun tanpa ASI sang induk dengan memberikan susu formula khusus untuk anak kucing baru lahir tanpa induk agar mendapatkan asupan nutrisi. Good Luck semoga membantu.