Monday, 15 Apr 2024

5 Khasiat Buah Aprikot Kering Untuk Kesehatan

4 minutes reading
Saturday, 27 May 2023 20:21 0 196 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Buah Aprikot yang sering dijumpai dalam bentuk buah kering atau biasa disebut dry fruit, untuk jenis buah Aprikot yang masih segar mungkin sudah banyak orang mengetahui manfaatnya namun masih sedikit orang yang mengetahui dengan manfaat atau khasiat dari buah Aprikot kering.

Aprikot (Prunus armeniaca, bahasa Latin untuk “plum Armenia”, syn Armeniaca vulgaris Lam) yang merupakan salah satu jenis spesies dari subgenus Prem, dengan memiliki bentuk yang hampir sama dengan buah Apel dengan warnanya oranye kekuningan dengan rasanya yang manis dan asam, dengan memiliki ukuran kecil.

Dimana buah Aprikot ini yang bisa dengan mudah ditemukan di Indonesia baik itu di pasar modern maupun tradisional, untuk buah Aprikot versi kering yang dicintai secara global dan bahkan menjadi bagian penting dari perdagangan global Iran Negara-negara seperti Rusia, Yunani, Turki, Italia, Prancis, Spanyol, dan juga Amerika Serikat yang dianggap sebagai produsen Aprikot yang terkemuka.

Walaupun buah Aprikot ini yang sering dikonsumsi dalam bentuk buah kering tetapi tidak akan mengurangi nilai gizi terkandung didalam buah Aprikot ini ini, dimana buah Aprikot ini yang mengandung vitamin A, vitamin C, kalsium, fosfor, zat besi dan juga kalium.

Dengan mengkonsumsi buah Aprikot kering sekitar satu cangkir yang akan memberikan vitamin A sekitar 158 gram untuk tubuh, dengan rutin mengkonsumsi buah Aprikot kering yang akan memberikan khasiat untuk kesehatan tubuh dan untuk kamu yang ingin tahu apa saja manfaatnya bisa dengan simak penjelasannya disini.

Khasiat Buah Aprikot Kering Untuk Kesehatan

Khasiat Buah Aprikot Kering

Buah kering atau dried fruit yang merupakan buah hampir semua kandungan air didalam buah tersebut dihilangkan dengan melalui metode pengeringan selama proses ini dimana buah yang akan menyusut dan meninggalkan buah kering kecil namun padat dengan energi dan salah satu buah yang dapat dikeringkan yaitu buah Aprikot.

Untuk buah Aprikot kering yang diperkaya dengan kandungan vitamin A, vitamin C, vitamin E, zat besi, kalsium dan juga kalium didalamnya, dengan beragam kandungan nutrisi yang terdapat pada buah Aprikot ini yang akan memberikan khasiat dan juga manfaat untuk kesehatan tubuh.

Adapun untuk beberapa manfaat dan khasiat yang bisa didapatkan dan rasakan dari mengkonsumsi buah Aprikot kering untuk kesehatan tubuh yaitu sebagai berikut:

Mengurangi Peradangan

Untuk makanan mentah atau tidak diproses yaitu seperti buah Aprikot kering yang mengandung banyak fitonutrien aktif didalamnya, sedangkan untuk buah Aprikot yang segar dan kering ini mengandung beberapa polifenol, asam caffeic, asam neo klorogenik, asam ferulic foniman, asam klorogenat (asam 5-caffeoylquinic) dan juga asam p-coumaric yang terdapat didalam buah yang satu ini.

Selain itu juga terdapat epicatechin, catechin, kaempferol, quercetin dan juga quercetin 3- rutinoside yang telah diidentifikasi dan semua phytochemical ini yang terbukti sebagai senyawa anti inflamasi, sehingga dengan begitu khasiat buah Aprikot kering yaitu membantu untuk mengurangi peradangan.

Mengatasi Sembelit

Dengan mengkonsumsi buah Aprikot kering yang menjadi salah satu pilihan yang terbaik untuk membantu dalam mengatasi masalah sistem pencernaan yaitu sembelit, dalam 8 buah Aprikot kering yang mengandung 4 gram serat di dalamnya, selain itu juga buah Aprikot kering ini yang memiliki kandungan fitokimia di dalamnya yang memiliki peran untuk membantu mengurangi peradangan usus disebabkan oleh sembelit.

Mengobati Anemia

Khasiat lainnya yang bisa didapatkan dari mengkonsumsi buah Aprikot kering yang menjadi cara terbaik untuk membantu dalam mengatasi serta mencegah terjadinya anemia, dimana manfaat ini yang berasal dari kandungan zat besi dan buah Aprikot kering ini yang menjadi sumber zat besi yang baik dan juga kandungan vitamin C didalam buah ini yang memiliki peran untuk membantu meningkatkan penyerapan zat besi.

Kesehatan Mata

Dalam porsi 100 gram buah Aprikot kering yang mengandung sekitar 3604 IU vitamin A dan juga 2163 mcg C-karoten, dimana dengan bahan gizi mikro ini yang akan mendukung visi yang baik dan kandungan vitamin A sebagai antioksidan yang kuat untuk menghilangkan radikal bebas dari makula dan juga retina dan ini menjadi salah satu khasiat buah Aprikot kering yang dapat kamu rasakan manfaatnya.

Membantu Meningkatkan Kontrol Glikemik dan juga Diabetes

Untuk buah Aprikot kering yang mengandung phytochemical yaitu seperti asam fenolik, karotenoid dan juga flavonoid bersama dengan kandungan serat di dalamnya, beragam kandungan ini yang bekerja untuk membantu dalam mengurangi risiko terjadinya diabetes, namun demikian kamu harus mengkonsumsi buah Aprikot kering ini dengan jumlah yang pas tidak berlebihan untuk menghindari menumpuknya kalori tidak diperlukan.

Mungkin hanya itu saja beberapa manfaat dan juga khasiat yang bisa didapatkan dengan mengkonsumsi buah Aprikot kering secara rutin dengan jumlah makan yang pas tidak berlebihan, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan juga bermanfaat.