Thursday, 18 Jul 2024

Khasiat Tomat Untuk Prostat

4 minutes reading
Thursday, 6 Apr 2023 00:02 0 303 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Mungkin masih banyak yang ragu atau bertanya-tanya apakah benar dengan makan buah Tomat yang bisa mencegah terjadinya kanker prostat? Nah untuk kamu yang ingin mengetahui lebih dalam bisa dengan simak ulasan ini mengenai khasiat Tomat untuk prostat.

Penyakit atau gangguan prostat sendiri yang merupakan salah satu jenis penyakit yang biasanya hanya dialami oleh kaum adam atau pria saja, kondisi ini yang dapat terjadi dikarenakan kelenjar prostat hanya terdapat di sistem reproduksi pria yang mengalami pembesaran dan ini yang akan menyebabkan saluran kemih yang diselubungi prostat.

Dimana penyakitnya terjadi pada saat sel kelenjar prostat yang menjadi ganas dan juga terus menerus membesar tanpa terkendali, menurut CDC atau Centers for Disease Control and Prevention yang menyatakan bahwa dari 100 ribu pria yang terdapat sekitar 99 kasus baru kanker prostat dan juga sekitar 19 kematian yang diakibatkan keganasan tersebut, biasanya gangguan ini yang dialami oleh pria yang sudah berusia 50 tahun keatas.

Untuk gangguan ini yang dapat terjadi dikarenakan penyempitan saluran kemih yang terdesak prostat yang membesar bahkan tertutup sama sekali, prostat merupakan suatu organ kelenjar yang membungkus saluran kemih atau uretra pria dan secara biologis kelenjar prostat untuk mengeluarkan cairan menyuburkan serta melindungi fungsi sperma.

Namun terdapat kabar baik bahwa ternyata buah Tomat ini yang dipercaya memiliki khasiat untuk prostat, sehingga untuk para pria yang sebaiknya untuk menggemari buah Tomat yang satu ini dan bahkan perlu mengkonsumsinya sebagai menu makan yang wajib.

Karena pasalnya buah Tomat ini  yang mempunyai banyak manfaat dan khasiat untuk kesehatan tubuh termasuk juga dapat mencegah penyakit kanker prostat, tidak ada salahnya juga untuk mencoba memeriksa diri untuk mengetahui dan mendeteksi adanya tanda-tanda prostat dan tentunya perlu melakukan pencegahan.

Salah satu cara yang bisa kamu coba yaitu dengan rutin mengkonsumsi buah Tomat, nah untuk mengetahui lebih dalamnya lagi dengan khasiat dan manfaat buah Tomat untuk prostat dengan simak penjelasannya disini.

Khasiat Tomat Untuk Prostat

Kandungan zat lycopene dalam buah Tomat sebagai antioksidan yang kuat, dengan kandungan antioksidan ini yang bisa mencegah terbentuknya radikal bebas yang dapat menggiring terbentuknya sel kanker, menurut penelitian yang menyatakan dengan pria yang banyak memakan buah Tomat lebih rendah atau kecil terkena risiko kanker prostat.

Bahkan selain itu juga untuk para pasien yang mengalami penyakit kanker prostat yang rutin memakan buah Tomat yang akan membantu memperlambat pertumbuhan sel kanker dan juga membantu melindungi sel prostat yang masih normal, untuk mencegah kanker prostat yang belum pasti untuk berapa jumlah buah Tomat yang perlu dikonsumsinya.

Tetapi tidak ada salahnya juga untuk mencoba memulai mengkonsumsi buah Tomat ini secara rutin setiap harinya hal ini dikarenakan buah Tomat yang pada dasarnya memiliki manfaat lainnya untuk kesehatan tubuh, jika cara mengkonsumsi buah Tomat utuh yang dimana kandungan lycopene yang terikat kuat pada dinding sel sehingga sulit untuk dicerna oleh tubuh.

Sehingga untuk bisa mendapatkan manfaat yang lebih maksimal dari buah Tomat ini yang sebaiknya untuk diolahnya terlebih dahulu, hal ini bertujuan agar kandungan lycopene terlepas dan mudah untuk diserap oleh tubuh dan cara mengkonsumsinya bisa dengan dibuat jus, dicampur sop atau dibuat pasta.

Namun selain dengan mengkonsumsi buah Tomat terdapat cara lainnya untuk bisa membantu menghindarkan diri dari penyakit kanker prostat yaitu seperti berikut:

Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Cara lain mencegah atau menghindarkan diri dari prostat yaitu dengan menjaga berat badan kamu agar tetap ideal, karena dengan kelebihan berat badan dan obesitas yang menjadi salah satu risiko kanker termasuk juga kanker prostat, sehingga dengan begitu pastikan untuk selalu menjaga berat badan yang tetap ideal dengan mengatur pola makan sehat dan juga rutin melakukan aktivitas fisik.

Rutin Berolahraga

Dengan rutin berolahraga yang bisa membantu menurunkan risiko terjadinya kanker prostat, sehingga sebaiknya untuk melakukan olahraga sebanyak 3 hingga 5 kali per minggunya selama 30 menit untuk bisa merasakan manfaatnya.

Konsumsi Makanan Tinggi Serat Rendah Lemak

Untuk pria yang banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh seperti daging, susu, makan siap saji dan keju yang akan lebih tinggi mengalami risiko kanker prostat, sehingga untuk mencegah terjadinya kanker prostat kamu bisa dengan membatasi asupan makanan yang mengandung lemak jenuh dan perbanyak memakan makanan tinggi serat seperti sayuran dan juga buah-buahan.

Berhenti Merokok

Untuk pria yang sering merokok yang dapat meningkatkan mengalami risiko kanker prostat hal ini karena rokok yang menjadi musuh untuk tubuh, dalam sebagian besar zat yang terdapat didalam rokok yang merupakan karsinogen yang bisa menyebabkan kanker, sehingga jika kamu merupakan pria perokok maka sebaiknya untuk mematikan asap rokok dan berhenti melakukan pola hidup yang tidak sehat.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai khasiat Tomat untuk prostat yang perlu kamu ketahui dan terdapat juga beberapa cara lainnya untuk mencegah dan menghindarkan diri dari prostat, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.