Monday, 15 Apr 2024

5 Syarat Kredit Rumah Tanpa Riba

7 minutes reading
Thursday, 4 Jan 2024 07:12 0 106 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Tidak semua orang mampu untuk membeli rumah langsung atau cash, untuk kamu yang ingin membeli rumah namun dengan cara kredit maka bisa mengetahui dengan syarat kredit rumah tanpa riba dengan menyimak ulasan di bawah ini.

Sekarang ini dengan membeli rumah idaman dengan menggunakan skema Kredit Pemilikan Rumah atau biasa disingkat dengan KPR ini yang menjadi salah satu pilihan atau alternatif banyak orang, apalagi sekarang ini harga rumah yang terus menerus melambung sampai keterbatasan dana.

Hal ini adanya sejumlah faktor yang membuat pembelian rumah dengan cara kredit yang memiliki banyak diminati atau  peminatnya, tetapi untuk beberapa orang yang khususnya umat muslim  untuk pembelian rumah dengan menggunakan skema kredit konvensional ke lembaga perbankan yang cenderung lebih dihindari.

Karena pasalnya dengan pemberian kredit konvensional dari bank yang menerapkan suku bunga sebagai acuan paling dasar keuntungan, untuk sebagian besar ulama yang berpandangan dengan penerapan suku bunga kredit ini merupakan haram karena termasuk ke dalam praktik riba.

Oleh karena itu kebanyakan umat Muslim yang cenderung untuk menghindari skema kredit konvensional dan termasuk juga dalam hal pembelian rumah, dengan tujuan agar terhindar kekhawatiran akan terjebak dalam situasi riba.

Sehingga dengan begitu apa yang dimilikinya mengandung nilai keberkahan di mata agama, nah untuk kamu yang memiliki rumah dengan cara kredit tanpa riba jangan khawatir karena ada syarat kredit rumah tanpa riba.

Nah untuk mengetahui hal tersebut maka bisa dengan simak ulasan di bawah ini dengan baik dan seksama.

Syarat Kredit Rumah Tanpa Riba

Syarat Kredit Rumah Tanpa Riba

Dimana program kredit yang menjadi salah satu alternatif yang paling banyak digunakan dalam membeli rumah masa sekarang,walaupun sebagian orang yang menyambut layanan yang satu ini dengan antusias tetapi sebagian yang lainnya masih khawatir karena adanya riba dalam skema transaksi ini.

Lalu apakah ada cara yang bisa dilakukan untuk membeli rumah tanpa riba yang disaat kini harga properti terus melambung tinggi? Pertanyaan ini memang sudah banyak dipertanyakan untuk sebagian orang.

Untuk cara yang paling aman dalam membeli rumah tanpa riba yaitu dengan melalui cash keras, tetapi cara ini yang sedikit memberatkan karena kamu yang harus mempersiapkan uang tunai terlebih dahulu dalam jumlah besar sesuai dengan harga jual rumah tersebut.

Walaupun demikian kamu masih tetap membeli rumah tanpa riba dengan menggunakan skema kredit, terdapat banyak cara untuk kamu berniat untuk mencicil rumah tanpa riba yaitu sebagai sebagai berikut:

Dengan Mengajukan KPR Syariah

Dengan kehadiran bank syariah yang menjadi solusi untuk kalian yang ingin nyicil atau kredit rumah tanpa riba, dimana untuk sistem yang diterapkannya oleh bank syariah ini yang berperdoman pada hukum Islam.

Untuk prinsip yang telah diterapkan mengacu dalam Al Qur’an dan juga Hadits serta diatur juga fatwa ulama juga, hal ini dalam artian seluruh aktivitas keuangan yang telah menganut prinsip Islami dan juga diawasi oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Layanan KPR di bank syariah ini yang tidak berbeda dengan bank konvensional lainnya, pilihan lembaga perbankan yang cukup beragam juga dimulai dari Bank Syariah Indonesia atau disingkat dengan BSI, BTN Syariah, bahkan hingga OCBC Syariah.

Untuk kamu yang ingin mengajukan KPR di bank syariah maka terdapat tiga jenis akad KPR syariah yang perlu dan harus diketahui yaitu sebagai berikut:

  • Akad Murabahah merupakan akad jual beli pembayarannya yang telah ditentukan oleh margin, kesepakatan margin dalam akad murabahah ini yang ditetapkan sejak awal dan juga berlaku sampai pembayaran kredit rumah syariah lunas.
  • Akad Musyarakah Mutanaqishah merupakan prinsip akad yang menggunakan skema kepemilikan bertahap, hal ini artinya pihak bank dan juga nasabah yang akan membeli rumah bersama-sama yaitu dengan porsi kepemilikan yang sesuai kesepakatan. Setelahnya nasabah yang akan membeli bagian rumah dengan cara mencicil kepada pihak banknya sehingga kepemilikan atas aset yang sepenuhnya akan berpindah tangan kepada nasabahnya.
  • Terakhir Ijarah Muntahiya Bittamlik, dalam pengaplikasian akad ijarah muntahiya bittamlik ini yang mirip dengan akad musyarakah mutanaqishah yang membedakannya yaitu pihak bank yang akan membayar secara lunas rumah diinginkan oleh nasabah. Nantinya rumah ini yang akan disewakan pada nasabah dan setelah masa sewa berakhir bank yang akan memberikan pilihan untuk membeli rumah itu atau tidak kepada nasabah, jika nasabah tidak membelinya maka status kepemilikan rumah yang tetap dipegang oleh bank.

Dengan Mengajukan Cicilan Langsung Pada Developer Syariah

Untuk syarat kredit rumah tanpa riba yang selanjutnya yaitu dengan mengajukan cicilan rumah langsung kepada developer yang berbasis syariah, sekarang ini sudah banyak pengembang berbasis syariah menerima sistem cicilan tanpa dengan melalui bank.

Walaupun demikian tenor kredit diberikan yang umumnya singkat dan rata-rata durasi cicilannya yang berkisar selama satu sampai lima tahun, tidak sedikit orang juga yang memilih untuk menggunakan cara yang satu ini.

Untuk yang berniat melakukan cicilan rumah tanpa riba dengan menggunakan cara yang satu ini maka ada baiknya untuk cermat dalam memilih pengembang, dimana verifikasi legalitas dan juga pamor developer merupakan hal krusial harus dilakukan dan jangan sampai menelan kerugian karena salah memilih pengembang.

Dengan Meminjam Uang Kepada Kolega

Syarat kredit rumah tanpa riba selanjutnya yaitu dengan meminjam uang  kepada orang tua, saudara atau bisa juga teman dekat, dengan meminjam uang ke kolega apalagi kepada keluarga yang cenderung lebih aman terhindar dari riba juga.

Tetapi pastikan kreditur tidak menerapkan sistem bunga di dalam skema cicilannya, kamu yang tentunya harus profesional untuk berupaya melunasi pinjaman yang secepat mungkin, karena bagaimanapun hutang wajib dibayar dan lebih baiknya lagi membuat surat perjanjian atau keterangan resmi tentang utang dan pinjaman itu dan cara ini akan membuat kamu dapat merealisasikan rencana kredit rumah tanpa riba.

Dengan Kredit Rumah Langsung Kepada Pemilik

Didalam proses mencari rumah idaman yang tidak ada salahnya juga untuk melirik rumah bekas, jika kamu menerapkan cara yang satu ini yang kemungkinan besar kamu akan berhadapan secara langsung dengan pemilik rumahnya.

Alih-alih developer di dalam proses negosiasi jual beli dan rata-rata penjual di pasar sekunder yang ingin agar rumahnya beli secara cash atau tunai, untuk kamu yang sedang menghadapi situasi ini namun uang dimiliki yang belum cukup maka bisa dengan mencoba mengajukan kredit rumah tanpa riba ke bank syariah.

Namun jika enggan dengan melibatkan pihak bank maka bisa dengan melakukan kredit rumah yang secara langsung kepada penjual atau pemilik, jika pemilik menyetujui skema pembayaran yang secara bertahap maka jangan lupa untuk membuat surat perjanjian kredit rumah.

Selain itu juga bubuhkan penegasan bahwa kredit rumah ini yang tidak menerapkan sistem bunga, hal ini agar lebih berkekuatan hukum dan surat perjanjian kredit rumah tanpa riba ini yang sebaiknya di buat dihadapan notaris langsung.

Dengan Membangun Rumah Secara Bertahap

Dimana dalam mencicil yang tidak hanya berbicara soal uang dan juga utang saja namun kamu juga bisa dengan mencicil pembangunan rumah impian kamu dengan cara membangun rumah secara bertahap dengan dana pas-pasan.

Seperti misalnya dana yang kamu punya atau tersedia yang belum mencukupi untuk membeli rumah maka solusinya kamu dapat mengalokasikan uang tersebut untuk membeli tanah kavling, cara ini tentunya tidak ada ruginya karena tanah adalah instrumen investasi jangka panjang sangat menguntungkan.

Dengan seiringnya waktu tanah yang telah dibeli sebelumnya akan meningkat harga jualnya, apalagi jika lahan berada di lokasi yang strategis dan kamu bisa mendapatkan keuntungan dari penjualan tanah ini dan bisa dialokasikan untuk membeli rumah impian.

Jika kamu berniat untuk membangun rumah di atas tanah ini maka tentu saja membutuhkan kesabaran, disiplin menabung sekaligus merancang konsep rumah sesuai impian menjadi hal sebaiknya untuk dilakukan.

Jika dana yang telah di tabung sudah terkumpul maka secara bertahap mulai proses pembangunan rumah, itulah cara kredit rumah tanpa riba dan tentu sangat aman untuk di praktekkan.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai dengan cara dan syarat kredit rumah tanpa riba yang bisa kamu ketahui, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.