Monday, 17 Jun 2024

Makanan Agar Haid Cepat Keluar

5 minutes reading
Monday, 6 Feb 2023 20:15 0 187 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Mungkin untuk sebagian orang yang mengalami siklus haid kurang lancar dan bahkan terkadang bisa terlalu cepat dan bisa juga terlalu lama, namun untuk kamu yang memiliki jadwal haid yang tidak teratur dan kamu ingin mempercepatnya maka kamu bisa dengan mengetahui beberapa makanan agar haid cepat keluar.

Dimana pada setiap wanita yang tentunya mempunyai siklus haid yang berbeda-beda rata-rata memiliki siklus haid yaitu 28 hari namun terdapat juga yang sekitar 26 hingga 32 hari, jika kamu masih memiliki siklus haid dalam rentang waktu tersebut maka siklus haid kamu masih normal.

Tetapi ada juga yang mengalami siklus haidnya yang lebih cepat atau lebih lambat dan ini yang terdapat berbagai faktor penyebabnya yang membuat kondisi tersebut, penyebabnya yang bisa dikarenakan penambahan atau penurunan berat badan yang cukup ekstrim, olahraga yang berlebihan, stres atau kondisi media seperti PCOS atau sindrom polikistik ovarium.

Dalam kondisi seperti ini tentu saja akan membuat kamu tidak nyaman atau bahkan bisa kepikiran, namun jangan khawatir kamu masih bisa mengatasinya dengan menggunakan berbagai cara yang alami dan salah satunya dengan memakan makanan agar haid cepat keluar.

Lalu apa saja makanan agar haid cepat keluar? Untuk kamu yang penasaran dengan berbagai macam makanannya yang bisa kamu konsumsi maka kamu bisa dengan menyimak ulasan di bawah ini dengan baik.

Makanan Agar Haid Cepat Keluar

Makanan Agar Haid Cepat Keluar

Dimana dengan siklus haid yang tidak beraturan atau lambat tentu saja akan membuat sebagian orang merasa khawatir dan cemas, bahkan ada yang menganggap jika mengalami telat haid yang berarti mengalami masalah kesehatan wanita.

Sebenarnya jika mengalami telat haid yang bukan berarti kamu mengalami masalah kesehatan wanita, namun telat haid yang terdapat berbagai penyebab dan juga alasannya yang dimulai dari faktor gaya hidup, stres dan bahkan hingga kondisi medis yang lainnya.

Untuk mengatasinya tidak terdapat cara yang akan menjamin kamu dapat langsung haid dalam satu atau dua hari mendatang, tetapi dengan memakan makanan agar haid cepat keluar ini menjadi salah satu alternatif yang bisa kamu coba dan terapkan.

Namun kamu juga bisa mencoba dengan memperbaiki pola makan, melakukan olahraga, mengkonsumsi makanan yang tertentu hingga melakukan relaksasi, adapun untuk beberapa jenis makanan agar haid cepat keluar yaitu sebagai berikut.

Jahe

Jahe menjadi salah satu makanan agar haid cepat keluar yang bisa kamu gunakan dimana Jahe ini yang mengandung senyawa didalamnya yang memiliki peran untuk melindungi tubuh dari peradangan, kandungan ini juga yang bisa memicu kontraksi otot sehingga dengan begitu membantu untuk mempercepat rahim melepaskan lapisan dan selain itu jahe bermanfaat untuk mengurangi nyeri haid yang dikarenakan efek hangat.

Vitamin C

Vitamin C yang merupakan sumber antioksidan yang memiliki peran penting dalam melindungi tubuh dari berbagai kerusakan sel, dalam kandungan vitamin C ini yang terdapat asam askorbat di dalamnya yang bisa meningkatkan kadar estrogen dan juga kontraksi rahim.

Sehingga dengan begitu kamu bisa dengan memakan makanan yang mengandung vitamin C di dalamnya seperti buah Berry atau Jeruk yang akan membantu  haid cepat keluar, namun untuk hal ini yang ternyata diperlukan untuk penelitian lebih lanjut.

Kunyit

Kunyit yang merupakan salah satu rempah-rempah yang digunakan untuk bumbu dapur selain bermanfaat untuk menambahkan cita rasa pada makanan, namun ternyata kunyit juga yang menjadi salah satu makanan agar haid cepat keluar hal ini dikarenakan kunyit yang bisa mempengaruhi pada tingkat progesteron dan estrogen sehingga dengan begitu bisa merangsang haid.

Kayu Manis

Untuk makanan agar haid cepat keluar lainnya yaitu kayu manis yang ternyata memiliki efek sensitivitas insulin untuk kamu yang memiliki gangguan haid dan termasuk juga yang diakibatkan oleh PCOS, dimana dengan mengkonsumsi kayu manis yang akan mengalami peningkatan siklus haid yang lancar dan teratur,

Kacang Kedelai

Kacang kedelai menjadi salah satu makanan agar haid cepat keluar yang bisa kamu coba makan dimana kacang kedelai ini yang memiliki kandungan kaya akan vitamin, mineral, protein dan juga fitoestrogen yang berupa isoflavon, dengan kandungan isoflavon ini yang bisa mempengaruhi kadar hormon estrogen sehingga membantu agar haid cepat keluar.

Cuka Apel

Dimana penyebab utama haid yang tidak teratur bisa disebabkan oleh sindrom ovarium polikistik dan masalah gangguan sensitivitas insulin atau resistensi insulin ini yang menjadi salah satu penyebab , dengan memakan cuka Apel yang bisa membantu meningkatkan resistensi insulin dan hal ini yang diperkuat dengan penelitian bahwa manfaat cuka apel ini pada indeks metabolik, fungsi ovulasi  dan hormonal  pada 7 penderita PCOS.

Dengan minuman cuka apel yang bisa membantu untuk mengembalikan fungsi ovulasi agar haid cepat keluar dengan peningkatan sensitivitas insulin untuk penderita PCOS, selain itu juga untuk mengurangi biaya medis dan juga waktu pengobatan untuk anovulasi, resistensi insulin dan infertilitas untuk pasien PCOS.

Nanas

Makanan agar haid cepat keluar yaitu buah Nanas dimana buah ini  mengandung bromelin yaitu senyawa enzim yang diyakini bisa mempengaruhi hormon dalam tubuh yang termasuk juga dengan estrogen, dengan memakan buah Nanas ini yang akan membantu agar darah haid dapat cepat keluar.

Dimana Journal of The Pakistan Medical Association yang telah menunjukan bahwa kandungan bromelin yang terdapat didalam buah Nanas ini yang ternyata memiliki peran penting dalam membantu melancarkan haid yang tidak teratur yang diakibatkan peradangan.

Namun selain dengan mencoba memakan berbagai makanan agar haid cepat keluar yang terdapat diatas, kamu juga bisa dengan berkonsultasi ke dokter untuk mengetahui kondisi tubuh kamu karena belum tentu makanan yang terdaftar diatas efektif untuk semua orang.

Menjaga gaya hidup yang sehat tentu saja menjadi salah satu hal yang sangat penting dan ini juga yang akan membantu untuk mengurangi terjadinya resiko haid yang tidak teratur, selain itu kamu bisa dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi, istirahat yang cukup dan juga berolahraga secara rutin.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai beberapa makanan agar haid cepat keluar yang bisa kamu coba dan konsumsi di rumah secara rutin, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat selamat untuk mencoba.