Wednesday, 17 Jul 2024

5 Makanan Cucak Ijo Agar Jinak dan Gacor

6 minutes reading
Monday, 23 Oct 2023 07:59 0 197 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Kamu ingin memelihara burung cucak ijo tentu saja harus mengetahui dengan jenis makanan yang cocok dan bagus diberikan ke burung peliharaan kamu agar sehat dan juga gacor maksimal, nah untuk itu yuk simak penjelasan mengenai dengan beberapa makanan burung cucak ijo di bawah ini.

Burung cucak ijo atau memiliki nama lain yaitu burung cica daun ini merupakan salah satu jenis burung kicau yang memiliki suara kicau yang sangat merdu dan nyaring, sehingga burung cucak ijo ini memiliki banyak penggemarnya dan banyak di favoritkan.

Dari laman IUCN Red List spesies burung cucak ijo yang tergolong atau termasuk ke dalam famili Chloropseidae jumlahnya yang mulai berkurang di alam liar dan bahkan berisiko kepunahan, sebagai burung peliharaan burung cucak ijo ini yang banyak dipilih karena memiliki warna dan juga corak bulu yang cantik.

Sesuai dengan namanya burung cucak ijo yang memiliki bulu dominan berwarna hijau dipadukan dengan corak hitam dan juga kuning, burung cucak ijo juga yang terkenal sebagai burung kicau dengan memiliki suara yang gacor maksimal.

Sayangnya untuk sejumlah jenis burung cucak ijo yang mulai langka dan membuat harganya menjadi relatif mahal, tentu saja untuk bisa mendapatkan burung cucak ijo yang berkualitas maka membutuhkan pilihan makanan burung yang terbaik dan juga berkualitas tentunya.

Memberikan makanan yang menjadi salah satu cara merawat burung cucak ijo yang sangat penting dan tidak boleh dilewatkan, untuk itu kamu harus tahu makanan yang bagus diberikan ke burung cucak ijo dan untuk mengetahuinya bisa simak ulasan dibawah ini.

Makanan Cucak Ijo Agar Jinak dan Gacor

Makanan Cucak Ijo

Burung cucak ijo yang secara umum mempunyai sekitar 11 spesies tersebar di kawasan Asia Tenggara dan juga India, jenis burung cucak ijo biasanya mendiami wilayah hutan dan biasanya banyak beraktivitas di ranting pepohonan.

Kebanyakan burung cucak ijo merupakan pemakan serangga atau insektivora, tetapi tidak hanya itu mereka juga yang memakan buah-buahan dan juga nektar di alam liar, tetapi sebagai burung kicau yang dipelihara di rumah.

Tentu saja cara merawat burung cucak ijo termasuk juga asupan makanannya yang sudah mengalami perubahan menyesuaikan nutrisi yang dibutuhkan, adapun untuk beberapa jenis makanan burung cucak ijo yaitu sebagai berikut:

Voer

Untuk sebagian besar burung kicau termasuk burung cucak ijo peliharaan yang diberikan makanan voer sebagai pakan harian utamanya, voer sendiri bisa memenuhi kebutuhan nutrisi harian tubuh burung agar tetap bugar dan juga sehat.

Untuk burung cucak ijo yang baru jinak mungkin agak sulit membiasakan mereka makan dengan voer, burung cucak ijo yang perlu beradaptasi dengan jenis makanan tersebut, salah satu cara bisa kamu lakukan yaitu dengan mencampurkan voer dengan buah-buahan kesukaannya.

Jika dibandingkan dengan variasi burung cucak ijo lain voer tergolong tahan lama dan dapat disimpan karena voer merupakan bahan pakan yang kering, terdapat beberapa merek voer yang bagus untuk burung cucak ijo sebagai berikut:

  • Omega Vit
  • Ebod Jaya Ronggolawe
  • Song Booster
  • Superfit Gold
  • Top Song, dan
  • Gold Coin Seaweed

Serangga

Serangga menjadi salah satu makanan tambahan atau extra fooding untuk burung cucak ijo, dengan mengkonsumsi serangga yang akan membantu untuk memenuhi nutrisi pada tubuh burung yang tidak ada di makanan lainnya.

Pastikan burung cucak ijo yang dikonsumsi dengan tepat tidak berlebihan karena bisa menimbulkan masalah kesehatan yang diakibatkan kandungan lemak yang tinggi, beberapa pilihan serangga umum dijadikan sebagai extra fooding yaitu seperti ulat hongkong, jangkrik, ulat bambu, dan juga kroto.

Bahkan selain digunakan sebagai makanan tambahan atau extra fooding serangga juga yang biasanya digunakan pada saat burung cucak ijo yang akan lomba atau kontes, karena kandungan nutrisi pada serangga yang dapat meningkatkan stamina dan juga memancing burung gacor serta kicau terus menerus.

Buah-buahan Segar

Karena burung cucak ijo yang memiliki habitat di pepohonan sehingga membuat jenis burung kicau yang satu ini menyukai buah-buahan segar yang ada di sekitarnya, terlebih buah-buahan yang memiliki asupan vitamin dibutuhkan untuk perkembangan burung.

Biasanya burung cucak ijo yang akan langsung menelan utuh buah-buahan yang kecil seukuran dengan besar paruhnya seperti buah ceri atau ceri, selain itu juga burung cucak ijo menyukai buah dengan memiliki tekstur lunak seperti jeruk, pepaya, lemon, pir, apel, pisang dan sebagaimnya.

Cara makan burung cucak ijo yang akan menggesekkan paruhnya ke daging buah dan membiarkan sari buah masuk ke dalamnya, untuk menyajikan makanannya pastikan mencucinya terlebih dahulu untuk menghilangkan bahan kimia yang masih melekat pada kulit buah bahkan jika perlu kupas dan buang bijinya.

Nektar

Selain  dengan menyediakan air minum dalam keadaan bersih pada setiap waktunya namun burung cucak ijo juga yang memerlukan cairan nektar sama halnya pada saat mereka berada di alam liar, hal ini yang didukung bentuk paruh burung cucak ijo panjang, bengkok dan lancip berfungsi menghisap nektar bunga sama seperti burung kolibri lakukan.

Jika kesulitan dalam mencari nektar maka bisa dengan menggantinya menggunakan cairan alternatif berupa larutan air gula dengan perbandingan 1:4.

Sayuran

Terakhir untuk jenis makanan yang bisa diberikan pada burung cucak ijo yaitu ada sayuran hijau seperti selada dan sawi bisa ditambahkan ke dalam pakan harian burung cucak ijo, pastikan sayuran tersebut dalam kondisi segar karena sayuran tersebut yang memiliki kadar kandungan air tinggi dapat menjaga tubuh burung terhidrasi dengan baik.

Kamu juga yang dapat memberikan jenis sayuran yang lainnya seperti mentimun, tomat umum diberikan, dengan harga yang relatif terjangkau dan juga mudah didapatkan, pastikan untuk mencucinya terlebih dahulu dan potong sayuran sesuai kebutuhan burung cucak ijo.

Untuk sayuran yang tidak dicuci biasanya masih terkontaminasi dengan pestisida kerap dipakai oleh petani, sehingga untuk menghindarinya sebaiknya untuk mencucinya terlebih dahulu hingga bersih dengan sabun khusus mencuci sayuran dan buah-buahan atau bisa juga dengan air mengalir.

Cara Memberikan Makan pada Burung Cucak Ijo

Makanan Cucak Ijo

Dalam memberikan makanan pada burung cucak ijo yang tidak dapat sembarangan dilakukan, karena jika melakukannya dengan asal-asalan walaupun makanan yang dikasih sangat bergizi dan berkualitas maka dapat terjadi hal yang fatal.

Pada saat kelebihan dalam memberikan makanan yang dapat membuat burung cucak ijo kemungkinan macet bunyi, pada saat kekurangan makanan juga yang bisa membuatnya menjadi sakit bahkan sampai mengalami kematian.

Oleh karena itu pastikan kamu memberikan makanan pada burung cucak ijo dengan tepat dimulai dari segi takarannya yang bisa memberikannya secukupnya saja jangan terlalu banyak dan jangan terlalu sedikit juga, kamu bisa memberikan makanan dua kali sehari yaitu di pagi dan juga sore hari.

Pada saat pagi hari untuk cara pemberiannya sambil di jemur burung cucak ijo di bawah sinar matahari, kemudian sambil memandikan burung tersebut lalu baru diberi makan, lakukan pemberian makanan burung cucak ijo yang secara berulang.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai dengan beberapa makanan cucak ijo yang bisa kamu ketahui dan juga beberapa cara pemberian makanan yang tepat bisa kamu terapkan dengan konsisten, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat dan berikan makan burung yang tepat untuk mendapatkan hasil yang maksimal.